Rp 449,50 - 499,50 Juta
Spesifikasi Subaru XV
  • Segmen Segmen C
  • Tipe bodi SUV
  • Jenis penggerak CVT
  • Kapasitas mesin 2.0 L
  • Tenaga 156 PS
  • Tempat Duduk 5
Subaru XV 2021 - 2022 ditawarkan dalam 2 varian - mulai Rp 449,50Juta hingga Rp 499,50Juta , varian entry levelnya yaitu SUBARU XV 2.0i-S 2022 Rp 449,50Juta dan varian tertingi Subaru XV yaitu SUBARU XV 2.0i-S EyeSight 2022 ditawarkan dengan harga Rp 499,50Juta.
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Subaru XV pertama kali hadir di Indonesia pada 2012. Crossover asal Jepang ini bahkan bisa dikatakan cukup laris saat itu. Sejauh ini, baru generasi pertama saja yang dipasarkan di Tanah Air.

    Mobil yang juga dikenal dengan nama Subaru Crosstrek di Amerika Utara ini sekarang sudah masuk generasi kedua yang diperkenalkan pada 2017. Lalu, pada 2020 mengalami facelift.

    Subaru XV dibanderol mulai dari 23.295 dolar Amerika atau sekitar Rp 331 jutaan. Mobil ini memiliki banyak pesaing, seperti Honda CR-V, Mazda CX-5, Hyundai Tucson, Kia Sportage, Toyota Corolla Cross, dan lainnya.

    Subaru XV ini dibekali mesin FB20D 2.0 liter. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi CVT Lineartronic.

  • Eksterior

    Desain Subaru XV

    Di bagian depan Subaru XV, secara bentuk tidak jauh berbeda dengan generasi pertamanya. Desain lampu utamanya juga masih sama, tapi sudah disematkan Daytime Running Lights (DRL) LED. Desain grille juga membuat tampilannya lebih sporty dengan dominasi warna hitam doff. Kisi-kisi lubangnya juga dibuat lebih besar, tidak lagi menggunakan model honey comb atau sarang lebah. Bumper depan kini juga didominasi warna hitam doff dengan lampu kabut berbentuk bulat di sisi kanan dan kirinya.

    Tampak samping seperti Impreza tapi versi hatchback dan dibuat lebih tinggi, khas mobil SUV. Masih seperti generasi pertama, di bagian wheel arches dan side skirt menggunakan moulding hitam dengan material yang sama seperti pada bumper depan. Untuk peleknya, Subaru XV dibekali dengan pelek berdiameter 17 inci dengan desain palang yang menarik.

    Di bagian atas disematkan roof rail untuk menguatkan kesan SUV yang gagah. Lalu, pada bagian belakang, terdapat spoiler kecil dengan stop lamp LED di tengahnya. Desain lampu belakang kini berubah jadi lebih memanjang hingga ke pintu bagasi. Bumper belakangnya namun masih memiliki desain yang serupa dengan generasi sebelumnya.

    SUV kompak ini dibangun dengan Subaru Global Platform, sama seperti Subaru Impreza. Wajar saja, karena Subaru XV juga merupakan hasil kawin silang antara sedan Subaru Impreza dengan SUV Subaru Forester.

  • Interior

    Interior Subaru XV

    Saat masuk ke dalam kabin Subaru XV, tampilannya lebih elegan dibanding generasi sebelumnya. Dasbornya dilapisi material kulit berwarna hitam dan diberi aksen jahitan berwarna merah, sehingga terlihat kontras. Terlihat kali ini sistem infotainment StarLink milik Subaru sudah tertata dengan baik. Di bagian tengah, terdapat head unit dengan layar sentuh berukuran 6,2 inci yang diapit oleh kisi-kisi AC yang memanjang secara vertikal.

    Setir Subaru XV tak jauh berbeda dengan model sebelumnya, masih menggunakan palang tiga dan tetap dilengkapi dengan beragam tombol multifungsi. Namun, di tiap palangnya diberikan aksen berwarna silver untuk menambah kesan elegan. Di belakang setirnya juga terdapat paddle shift.

    Untuk tempat duduknya, Subaru XV memberikan kenyamanan yang sangat baik dengan menyediakan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lapang. Kabinnya memang terasa luas dan dapat menampung hingga 5 orang penumpang.Kapasitas bagasinya bisa dibilang tidak begitu luas. Bagasinya lebar, tapi tidak cukup tinggi. Jika membawa barang dengan dimensi yang tinggi, maka harus melipat tempat duduk di baris kedua menjadi 60/40.

  • Fitur

    Fitur Subaru XV

    Subaru XV dibekali dengan banyak fitur canggih untuk menunjang keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan hiburan, saat sedang di perjalanan. Soal fitur keselamatan, Subaru tidak pernah bermain-main. Subaru XV sudah dilengkapi dengan ring-shaped reinforcement frame body untuk menghindari risiko mobil remuk saat terjadi tabrakan. Tempat duduk depan sudah dilengkapi dengan airbag, bukan hanya depannya saja, tapi juga pada bagian lututnya.


    Subaru XV juga sudah memiliki fitur Vehicle Dynamics Control (VDC) yang secara otomatis akan menjaga kendaraan supaya tetap berada di jalur yang diinginkan pengemudi. Selain itu, terdapat pula automatic emergency braking, adaptive cruise control, dan lainnya.

    Sistem infotainment StarLink pada Subaru XV ini sudah dilengkapi layar sentuh 6,2 inci untuk sistem audio dan juga antarmuka USB dan aux-in. Head unit ini juga sudah bisa terkoneksi dengan smartphone, baik melalui Apple CarPlay atau Android Auto, dan Bluetooth

  • Mesin dan Performa

    Performa Mesin Subaru XV

    Subaru XV dibekali dengan mesin DOHC, 16 katup, 4 silinder, dengan bahan bakar bensin. Kapasitas mesinnya 1.995 cc yang mampu hasilkan tenaga hingga 154 hp dan torsi 196 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui sistem transmisi otomatis CVT Lineartronic.

    Kemampuan akselerasinya dari diam hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 10,7 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim bisa tembus hingga 187 km/jam.


    Kenyamanan Berkendara Subaru XV

    Soal kenyamanan berkendara, Subaru XV menyediakan tempat duduk yang cukup nyaman dengan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lega. Selain itu, kursinya juga dapat diatur untuk mendapatkan posisi mengemudi yang ergonomis. Setirnya juga dapat diposisikan secara tilt and telescopic. Suspensi depan MacPherson dan Rear Double Wishbone mampu meredam guncangan di jalan dengan cukup baik dan lembut.

    Konsumsi Bahan Bakar Subaru XV

    Subaru XV memiliki kapasitas tangki bahan bakar mencapai 60 liter. Konsumsi bahan bakarnya cukup efisien. Untuk jalan di perkotaan, konsumsi bahan bakarnya mencapai 11,7 km/liter. Sedangkan di jalan tol, konsumsi bahan bakarnya yang didapat hingga 18,1 km/liter.

  • Kesimpulan

    Secara keseluruhan, Subaru XV mampu memberikan kenyamanan, performa mesin, dan kemampuan manuver yang sangat baik untuk mobil sekelasnya. Selain itu, desain interiornya juga terlihat mewah dan elegan. Tampilannya juga tangguh dan sporty. Sayangnya, APM Subaru di Indonesia saat ini masih belum jelas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });
Honda HR-V
Rp 355,90 - 499,90 Juta
Wuling Almaz
Rp 279,50 - 470,00 Juta
Hyundai Creta
Rp 288,00 - 404,00 Juta
Nissan X Trail
Rp 547,70 Juta
Toyota C-HR
Rp 546,29 - 559,14 Juta
VS