64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza

Daihatsu Motor Co., Ltd secara resmi mengumumkan untuk menghentikan sementara distribusi model baik di Jepang maupun di negara lain.

Hal ini karena adanya temuan investigasi Komite Independen Pihak Ketiga yang menemukan adanya penyimpangan prosedur saat proses pengujian.

Investigasi tersebut menemukan ada 174 kasus baru pada 64 model di 25 item pengujian berbeda, termasuk model Daihatsu yang dipasarkan oleh Toyota Motor Corporation (Toyota), Mazda Motor Corporation (Mazda), dan Subaru Corporation.

Mobil Daihatsu yang ganti nama jadi Toyota Town Ace

"Kami sangat meminta maaf kepada pelanggan kami dan pemangku kepentingan lainnya karena telah menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran serta mengkhianati kepercayaan mereka.

Menanggapi temuan ini kami memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman semua model yang dikembangkan Daihatsu yang saat ini sedang diproduksi, baik di Jepang maupun di luar negeri," tulis pernyataan resmi Daihatsu Rabu (20/12/2023).

Baca juga: Waduh, Daihatsu Manipulasi Hasil Uji Tabrak Toyota Agya 2023 Hingga All New Vios!

Temuan Kejanggalan Saat Proses Pengujian Mobil Daihatsu

Daihatsu Ayla yang juga punya nama lain Perodua Axia dan Toyota Wigo

Hasil temuan penyidik Komite Independen Pihak Ketiga itu melihat adanya beberapa kejanggalan saat proses pengujian mobil-mobil Daihatsu.

Setelah ditelusuri berdasarkan data forensik digital, kuesioner, wawancara dengan karyawan, dan cara lainnya, maka terdeteksi ada modifikasi trim pintu yang tidak tepat pada saat uji tabrakan samping.

Kemudian pihak penyidik juga menemui temuan tak wajar antara lain berupa orang yang bertugas saat melakukan pengujian, dengan sengaja merubah atau menyesuaikan bentuk kendaraan serta menggunakan laporan pengujian yang tdiak akurat dengan memalsukan data pengujian.

Baca juga: Daihatsu dan Toyota Kembali Manipulasi Data Uji Tabrak, Kali Ini Rocky Serta Raize

Berimbas ke Seluruh Mobil Daihatsu yang Ada di Indonesia

Xenia diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor (ADM)

Akibat temuan kecurangan saat proses pengujian tersebut, maka Daihatsu akan menghentikan sementara distribusi kendaraannya.

Tercatat ditemukan kejanggalan sebanyak 174 kasus pada 25 tes yang mencakup total 64 model dan 3 mesin, termasuk model merek Daihatsu dan model yang dipasok sebagai model OEM ke perusahaan lain.

Berikut ini beberapa model Daihatsu yang terdampak kasus kecurangan pengujian tabarakan tersebut yang dipasarkan di Indonesia:

Daftar mobil Daihatsu yang terdampak pemalsuan data uji tabrak
Model Manufacture Producing entity
Agya Toyota ADM
Avanza Toyota ADM/TMMIN
Gran Max Van/pickup Daihatsu ADM
Raize Toyota ADM
Rocky Daihatsu ADM
Rush Toyota ADM
Town Ace Toyota ADM
Veloz Toyota TMMIN
Xenia Daihatsu ADM
Yaris Cross Toyota TMMIN

 Baca juga: Daihatsu Rocky Buatan Indonesia Aman, Tidak Ada Manipulasi Data Uji Tabrak

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Ayla

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Toyota Vellfire merupakan satu diantara banyak model mobil premium yang banyak digemari kaum berduit, mulai dari selebritis hingga pengusaha dan pejabat. Maklum, mobil bergaya Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan elegan, gagah dan mewah ini dilengkapi berbagai fitur serta teknologi canggih, yang mampu memanjakan pengemudi, termasuk penumpangnya. Hanya saja, Anda yang ingin mencari MPV boxy Toyota Vellfire saat ini tak bisa mendapatkan unit baru. Baca juga: Toyota Alphard dan Vellfire 2023
Proton Exora bekas merupakan alternatif mobil tipe MPV dengan harga yang cukup terjangkau dibanding produk Jepangan. Nama Proton pun memang sempat naik daun di Indonesia pada awal tahun 2000-an di bawah naungan PT Proton Edar Indonesia (PEI). Salah satu produk Proton yang cukup menyita perhatian ialah Proton Exora, MPV medium yang diklaim memiliki kenyamanan tak kalah dengan Toyota Kijang Innova. Menilik sejarah Exora, sejatinya mobil yang lahir di Malaysia pada April 2009 tersebut adalah model
Tak sedikit pemilik mobil menanyakan dimana bengkel service dinamo starter terdekat serta berapa biaya yang dikeluarkan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai tempat service dinamo starter mobil serta biaya yang dihabiskan, sebaiknya ketahui lebih dulu kegunaan dari dinamo starter pada mobil. Sebagai salah satu benda paling krusial pada mobil, dinamo starter berfungsi untuk menghidupkan mesin. Untuk dapat menggerakan dinamo starter, maka dibutuhkan daya listrik dari aki yang merubah energi listri
Mobil hardtop sejatinya tidak hanya bicara soal atap yang keras pada sebuah mobil, melainkan bisa juga sebutan untuk sebuah mobil sangat legendaris, yaitu Toyota Land Cruiser. Adapun mobil hardtop yang jadi julukan bagi Toyota Land Cruiser, sempat dirasakan khususnya beberapa puluhan tahun lalu mulai tahun 1970-an. Lantas kenapa Toyota Land Cruiser bisa disebut Hardtop? Baca juga: Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal Asa
Toyota Prius bukanlah mobil yang erat kaitannya dengan ajang balap, namun mobil ini merupakan pionir kendaraan elektrifikasi dari Toyota. Meskipun lebih menonjolkan tentang efisiensi bahan bakar dan gas buang yang ramah lingkungan, faktanya sejak tahun 2012 Prius sudah dijadikan mobil balap Super GT di Jepang melalui tim Apr Racing. Dan kini Toyota Motor Corporation (TMC) sudah mengumumkan keikutsertaannya dalam ajang Idemitsu Super Endurance Southeast Asia Trophy 2023 yang berlangsung 22-23 Des

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Datsun GO
    Belum Tersedia
    Ayla vs GO
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ayla vs Brio
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ayla vs Agya
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ayla vs March
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    Ayla vs Ignis
Daihatsu Ayla
Lihat