Rp 1,12TBC Milyar

Harga di Indonesia

Toyota Vellfire Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin3L
Tenaga180PS
Tempat Duduk7

Toyota Vellfire Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Harga Lebih Terjangkau Dibanding Toyota Alphard

  • Desain Sporty dan Elegan

  • Sarat Fitur Canggih

  • Interior Lapang

Kekurangan

  • Bodi Besar, Sulit Berkendara di Jalan Sempit

  • Belum Menawarkan Varian Hybrid

  • Hanya Menawarkan Satu Varian Mesin

Toyota Vellfire Gambar

Eksterior

Interior

Toyota Vellfire Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Toyota Vellfire merupakan edisi yang lebih sporty serta tak kalah mewah dibandingkan saudaranya, Toyota Alphard yang dibuat untuk mereka yang menginginkan MPV mewah bergaya elegan. Meski harganya dibuat lebih tinggi. Harga Toyota Vellfire 2020 saat ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp1.19 miliar dengan hanya satu varian yang dipasarkan di Indonesia, Toyota Vellfire 2.5 G AT.

    Toyota Vellfire yan dipasarkan di Indonesia merupakan model minivan dengan generasi kedua. Pasalnya, mobil minivan Segmen M ini merupakan pengembangan dari generasi kedua Toyota Alphard menggunakan Toyota New MC Platform. Diimpor langsung dari Jepang, Vellfire menggunakan mesin yang sama dengan Alphard, yaitu mesin 2AR-FE 2.5L 4-silinder segaris.

    Toyota Vellfire termasuk ke dalam mobil keluarga, mobil ini juga dilengkapi dengan penampilan mewah dengan desain boxy yang sangat khas.

    Generasi terbaru dari Toyota Vellfire tampil semakin mewah dengan fitur kenyamanan yang disebut-sebut semakin ditingkatkan. Toyota Vellfire ini memang memiliki basis yang sama dengan Toyota Alphard, tetapi Toyota Vellfire memiliki penampilan yang lebih dinamis. Eksterior barunya juga menampilkan kesan mewah dan futuristik yang semakin kental. 

    Tentu saja keunggulan Toyota Vellfire tidak hanya sampai di situ. Untuk tahu lebih banyak tentang kembaran Toyota Alphard ini, mari kita simak review Toyota Vellfire berikut ini.

    Harga

    Banderol harga yang dipasang oleh Toyota untuk setiap unit Toyota Vellfire memang cukup fantastis. Tidak tanggung-tanggung, saat ini di Indonesia sendiri mobil Toyota Vellfire dibanderol dengan kisaran harga Rp1,12 miliaran. Untuk variannya sendiri, hanya ada satu varian Toyota Vellfire yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Toyota Vellfire 2.5 G AT.

    Spesifikasi

    Mesin Toyota Vellfire
    Tipe Mesin 2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i
    Kapasitas  2.494 cc
    Power Output 180 PS @ 6.000 rpm
    Torsi 234 Nm @ 4.100 rpm
    Transmisi CVT 
    Kapasitas Tangki 75 Liter
    Bahan Bakar Bensin
    Dimensi
    Panjang 4.935 mm
    Lebar 1.850 mm
    Tinggi  1.895 mm
    Wheelbase 3.000 mm
    Kaki-Kaki Toyota Vellfire
    Ukuran Ban 235/50 R18
    Material Alloy Wheels

    Jika melihat spesifikasi dan penampilannya, rasanya sulit membayangkan ada yang bisa menyaingi mobil yang satu ini. Sebagai salah satu model MPV Luxury, Toyota Vellfire memang cukup sulit dicari pesaingnya. Baik dari segi performa maupun fiturnya, Toyota Vellfire memang memiliki banyak sekali keunggulan. Tidak heran jika menyaingi mobil yang satu ini menjadi sangat sulit.

    Bahkan, jika performanya dibandingkan dengan Nissan Serena Autech sekalipun, Toyota Vellfire masih lebih unggul. Begitu pula halnya jika Toyota Vellfire kita bandingkan dengan Mazda Biante. Toyota Vellfire memang tidak sebanding dengan MPV mewah lainnya. Apalagi harga Toyota Vellfire yang fantastis membuat mobil ini semakin eksklusif. 

  • Eksterior

    Tampak Depan Bawah Toyota Vellfire

    Seperti yang kita tahu, Toyota Vellfire memiliki eksterior mewah dan elegan. Mobil ini memiliki desain yang terlihat lebih dinamis dibandingkan Toyota Alphard. Bagian depannya tampak lebih tajam berkat kehadiran dua ventilasi besar beraksen chrome.

    Mirip dengan Toyota Alphard, Toyota Vellfire juga penampilan yang tampak gagah, tetapi memiliki sedikit perbedaan pada bagian headlamp, grille, fog lamp dan bumper. Meskipun berbodi besar, Toyota Vellfire tetap terlihat stylish. Kesan futuristik bisa kita lihat pada bodi mobilnya yang glossy dengan grille silver dan LED headlamp tersusun ganda berdesain vertikal di setiap sisinya. Logo Toyota tidak lupa disematkan dengan elegan dan finishing mewah.

    Untuk bagian sampingnya, Toyota Vellfire ini memiliki warna mencolok dengan finishing glossy yang sangat menarik. Pada bagian atapnya juga terdapat antena Shark Fin yang memberikan kesan modern. Antena ini sendiri terintegrasi dengan fitur radio AM/FM di bagian head unit. 

    Sekarang kita beralih ke bagian belakangnya. Bagian belakang mobil Toyota Vellfire tetap terlihat menarik berkat kehadiran desain lampu Stop Lamp halogen terbaru yang mendukung pengendaraan di malam hari. Rear garnish yang lebih panjang dari model sebelumnya juga disematkan pada bagian ini. Selain itu, bagian belakang mobil ini juga memiliki aksen chrome mengkilap. 

    Toyota Vellfire hadir dengan bodi bongsor yang memiliki dimensi panjang 4.930 mm, lebar 1.850 mm, dan tingginya 1.835 mm. Jarak sumbu roda alias wheelbase-nya sendiri mencapai 3,000 mm, sedangkan ground clearance-nya adalah 160 mm. Toyota Vellfire juga memiliki rem ventilated di bagian roda depan dan belakang, serta velg berukuran 18 inci dan ban berukuran 235/50/R18. 

    Lalu untuk pilihan warnanya sendiri, Toyota Vellfire menawarkan empat warna berbeda. Keempat pilihan warna tersebut antara lain warna White Pearl MM, Silver Metallic, Burning Black Crystal Shine, dan Black.

  • Interior

    Mengingat statusnya sebagai MPV premium yang dibanderol dengan harga di atas Rp1 miliaran, sudah pasti kita akan mengharapkan interior yang mewah dan nyaman dari Toyota Vellfire. Mobil ini hadir dengan kursi yang cukup lebar dan sangat empuk. Kursinya sendiri memiliki konfigurasi captain seat di baris kedua yang juga sangat nyaman digunakan. Semua kursinya tidak lupa dilapisi bahan kulit mewah berkualitas tinggi.

    Untuk kabinnya sendiri, Toyota Vellfire menggunakan nuansa warna hitam untuk menambah kesan sporty. Selain itu, terdapat pula aksen metal pada bagian dashboard dan kursi baris kedua. Aksen metal ini kemudian dipadukan dengan motif kayu gelap yang membuat Toyota Vellfire semakin terlihat mewah dan eksklusif.

    Meski dipenuhi dengan teknologi canggih, tetapi untuk bagian speedometer dan tachometernya, Toyota Vellfire masih menggunakan sistem analog dengan layar MID di tengah keduanya. Layar ini dapat memberikan informasi kendaraan secara akurat. 

    Bagian dashboard-nya terlihat cukup sederhana dengan desain lebar dan material berkualitas tinggi. MPV Toyota Vellfire ini juga telah menggunakan pengaturan AC digital dan juga pengaturan Climate Control. 

    Tidak hanya itu, pada mobil ini juga tersemat fitur kamera 360 dengan 4 kamera untuk membantu pengemudi bermanuver saat parkir atau melewati jalanan sempit. Sedangkan untuk hiburannya sendiri, Toyota Vellfire mengandalkan entertainment system dengan touchscreen yang kompatibel dengan format pemutar DVD, Toyota navigasi, yang didukung dengan premium sound untuk menyempurnakan Toyota Vellfire.

  • Fitur

    Fitur keselamatan yang tersemat pada Toyota Vellfire generasi terbaru menggunakan teknologi Toyota Safety Sense generasi kedua. Bagi yang belum tahu, teknologi ini terdiri dari beberapa teknologi safety seperti Pedestrian and Cyclist Detection, Lane Tracking Assist (LTA) dan Road Sign Assist (RSA). Teknologi keselamatan yang sangat mutakhir ini menggunakan sensor yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan pengguna sepeda, sehingga pengendara bisa mengerem maksimal.

    Teknologi LTA akan mengirimkan notifikasi saat mobil keluar marka lalu lintas. Sedangkan teknologi RSA akan mengirimkan notifikasi rambu lalu lintas. Selain itu, pengereman juga akan semakin optimal dengan adanya dukungan dari Anti lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

    Untuk fitur hiburannya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Toyota Vellfire ini menyematkan entertainment system dengan touch screen yang mendukung pemutar DVD, Toyota Navigation, dan Premium Sound. Tidak lupa disematkan pula AC digital untuk memberikan kesejukan yang maksimal di seluruh ruang kabin lengkap dengan fitur Auto Climate Control. Sementara itu, fitur kamera 360 derajat mampu membantu pengendara untuk parkir dan bermanuver di jalan sempit.

  • Mesin dan Performa

    Performa Berkendara

    Toyota Vellfire adalah MPV flagship Toyota yang masuk ke pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2008 lalu. Untuk urusan spesifikasi mesin, Toyota Vellfire menggunakan mesin 2AR-FE, 4-silinder inline, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas mesin 2.494 cc atau setara dengan sekitar 2,5 liter.

    Dengan mesinnya itu, Toyota Vellfire diklaim dapat menghasilkan tenaga yang mencapai 180 PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi yang mencapai 234 Nm atau setara dengan sekitar 23,9 Kgm pada putaran mesin 4.100 rpm. Tenaga yang dihasilkannya ini kemudian disalurkan ke roda depan dengan sistem transmisi otomatis CVT. 

    Penggunaan transmisi ini dinilai bisa memberikan perpindahan gigi yang lebih ringan, performa bagus, dan lebih hemat energi. Selain itu, performa yang dihasilkan Toyota Vellfire juga disempurnakan dengan penggunaan suspensi MacPherson Strut dengan Torsion Bar di bagian depan dan suspensi Double Wishbone dengan Torsion Bar di bagian belakang.

    Toyota mengklaim bahwa Toyota Vellfire generasi baru memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Pada siklus JC08 Jepang, Toyota Vellfire bisa menempuh jarak 10,4 sampai 10,6 km untuk satu liter bensinnya. Sedangkan di jalan tol di Indonesia, diperkirakan bahwa mobil ini akan dapat menempuh jarak sekitar 19,4 km untuk satu liter bensin. 


  • Kesimpulan

    Tidak bisa dipungkiri bahwa Toyota Vellfire memang memiliki keunggulan dari segi kemewahan, baik dari aspek tampilannya, maupun fitur yang tersemat di dalamnya. Selain itu, bodinya yang besar juga menjamin kabin yang luas sehingga kenyamanan berkendara sudah pasti terjamin. Mengingat bodinya yang cukup besar juga, mobil ini bisa dibilang cukup irit bahan bakar.

    Semua kelebihan yang dimiliki oleh Toyota Vellfire ini tentu saja berdampak pada harganya yang sangat fantastis. Banderol harga yang mahal ini mungkin tidak menjadi masalah bagi konsumen yang memang mencari kemewahan dan kenyamanan yang lebih. Tetapi bagi konsumen yang tidak mencari mobil yang terlalu mewah, mobil yang satu ini memang dirasa kurang cocok.

Toyota Vellfire FAQ

  • Apakah Toyota Vellfire tersedia di Pengingat sabuk pengaman?

    • Daniel K

      Daniel K

      Tidak, Toyota Vellfire tidak tersedia di Pengingat sabuk pengaman.

  • Apakah Toyota Vellfire tersedia di Lampu sein?

    • Carolyn...

      Carolyn...

      Tidak, Toyota Vellfire tidak tersedia di Lampu sein.

  • Apakah Toyota Vellfire memiliki Daytime Running Lights?

    • Widya3755

      Widya3755

      Tidak, Toyota Vellfire tidak memiliki Daytime Running Lights.

Model Populer

VS