window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu dan Toyota Kembali Manipulasi Data Uji Tabrak, Kali Ini Rocky Serta Raize

Herdi · 22 Mei, 2023 16:07

Daihatsu Rocky Hybrid

Daihatsu Rocky Hybrid

Kasus manipulasi data uji tabrak Daihatsu-Toyota berlanjut.

Kali ini, mobil yang jadi korban adalah Daihatsu Rocky Hybrid dan Toyota Raize Hybrid yang ada di Jepang

Sama seperti kasus manipulasi uji tabrak sebelumnya, kesalahan yang dilakukan Daihatsu-Toyota ini diumumkan di masing-masing situs resmi mereka.

Itu berarti, ini adalah temuan kesalahan kedua setelah sebelumnya menimpa Perodua Axia di Malaysia dan Yaris Ativ di Thailand.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Waduh, Daihatsu Manipulasi Hasil Uji Tabrak Toyota Agya 2023 Hingga All New Vios!

Daihatsu Rocky Hybrid

Uji Tabrak Daihatsu Rocky Hybrid

Isi pengumumannya disebut, Daihatsu telah melakukan kesalahan dalam permohonan sertifikasi uji tabrak (UN-R135), pada 22.329 unit Daihatsu Rocky Hybrid dan 56.111 unit Toyota Raize Hybrid.

Kesalahan yang terjadi terkait uji tabrak samping pada mobil yang dijual di beberapa pasar di luar negeri.

Pengumuan ini menyusul langkah investigasi internal Daihatsu, imbas dari tanggapan atas pengumuman 28 April 2023 lalu.

Baca juga: Toyota Indonesia Masih Cek dan Ricek Terkait Dugaan Manipulasi Hasil Uji Tabrak Daihatsu

Daihatsu Rocky Hybrid

Daihatsu Rocky Hybrid

Dari investigasi tersebut, selain kembaran Daihatsu Ayla di Malaysia dan All New Toyota Vios di Thailand, juga ditemukan kejanggalan dalam melakukan prosedur sertifikasi uji tabrak samping pada kendaraan Daihatsu Rocky Hybrid dan Toyota Raize Hybrid.

"Kami telah menghentikan pengiriman dan penjualan. Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada konsumen kami dan pemangku kepentingan, serta yang lainnya," tulis Daihatsu dalam situs resminya. 

Kesalahan yang sama Daihatsu-Toyota

Data Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Hybrid

Jumlah unit Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Hybrid yang terdampak

Kesalahan manipulasi data uji tabrak yang dilakukan Daihatsu ini faktanya persis sama seperti kasus beberapa waktu, yaitu uji tabrak bagian samping. 

Hanya saja, kali ini tidak berkaitan dengan bagian bodi samping yang dipasang komponen tertentu, agar pecahan material tetap aman bagi pengemudi dan penumpang di dalam.

Baca juga: Daihatsu Ayla dan Toyota Vios 2023 di Malaysia Aman, Sudah Uji Tabrak Ulang

Daihatsu Rocky

Roacky hybrid pernah tampil di GIIAS 2022

Dari investigasi Daihatsu ditemukan, bahwa dampak dari hasil tes tabrak tiang sebelah kiri, ternyata datanya juga digunakan untuk bagian kanan. Padahal, seharusnya kedua sisi sama-sama diuji tabrak.

"Saat ini kami sedang dalam proses mengonfirmasi langkah selanjutnya, dan akan memberitahu Anda sesegera mungkin," tulis Daihatsu.

Bagi Daihatsu, kesalahan ini adalah penipuan di bidang yang berkaitan dengan keamanan kendaraan dan tidak dapat diterima secara sosial. 

Mereka juga mengakui manajemen gagal dalam keterlibatan di lapangan, sehingga mengabaikan kepatuhan terhadap undang-undang dan menumbuhkan budaya perusahaan yang sehat, dan kehilangan pandangan tentang pembuatan mobil yang tepat, serta menyebabkan terjadinya tindakan penipuan. 

Toyota Motor Corporation Turun Tangan

Toyota Raize

Toyota Raize juga kena imbas manipulasi data

Imbas dari kasus ini ternyata membuat semua grup di bawah bendera Toyota Motor Corporation turun tangan. Mereka melakukan pengecekan ulang di seluruh anak perusahaan. 

Selain itu, semua sistem yang ada di bawah Toyota group ditinjau secara menyeluruh terhadap sistem tata kelola.

"Kami akan bekerja sama dengan Daihatsu untuk menangani masalah ini dengan hati-hati sambil mendengarkan suara mereka yang berada di garis depan. Kami juga akan terus melaporkan detailnya segera setelah tersedia," tulis Toyota.

Atas kejadian ini, suplai Daihatsu Rocky Hybrid dan Toyota Raize Hybrid ditangguhkan, sembari menunggu investigasi dan keputusan terakhir pejabat terkait.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil