Punya Beragam Fitur Canggih, Yamaha XSR 155 2021 Layak Disebut Motor Retro Modern Terbaik

Yamaha mengambil langkah yang tepat dengan menghadirkan XSR 155 pada Desember 2019. Motor tersebut mendapat respons yang sangat positif dari konsumen di Indonesia.

Momen peluncurannya cukup tepat, di saat perkembangan dunia motor custom terus meningkat. Sedangkan gaya retro yang ditampilkan oleh Yamaha XSR 155 2021 ini dinilai cocok untuk dijadikan motor custom, mulai dari scrambler, tracker, cafe racer, dan lainnya. 

Yamaha XSR 155 dikenalkan tahun 2019. Autofun/Harry

Untuk Yamaha XSR 155 2021, masih belum mengalami perubahan. Di awal tahun ini, Yamaha juga belum memberikan pilihan warna terbaru. Namun demikian, animo masyarakat akan motor sport bergaya retro ini tetap tinggi. Sebab, tidak butuh ubahan besar, tampilannya sudah lebih keren dari versi standarnya. 

Yamaha XSR 155 2021 tidak bermain sendirian di kelasnya. Motor ini juga memiliki rival, seperti Kawasaki W175 dan Benelli Motobi 152. Kedua motor tersebut bahkan meluncur lebih dulu dibandingkan Yamaha XSR 155. Ketiga motor ini memiliki tampilan yang sama-sama retro dan cocok untuk dijadikan basis untuk motor custom. 

Kawasaki W175 punya banyak varian dan dijual mulai Rp 29,9 juta hingga Rp 34,7 juta (on the road Jakarta). Sedangkan Benelli Motobi 152, dipasarkan dengan harga paling terjangkau di antara kompetitor sekelasnya, yakni Rp 19,8 juta.

Penampilan Yamaha XSR 155 2021

Tanpa fairing, Yamaha XSR 155 2021 memiliki tampilan naked bike. Kesan retro diperlihatkan dari penggunaan lampu berbentuk bulatnya. Jauh dari kesan agresif atau futuristis seperti pada motor sport full fairing.

Dimensinya proporsional untuk motor sport di kelas 150 cc. Yamaha XSR 155 2021 memiliki panjang 2.007 mm, lebar 804 mm, dan tinggi 1.080. Jarak terendah ke tanah 170 mm dan beratnya 134 kg. 

Tempat duduk atau joknya juga cukup bersahabat, tingginya 810 mm. Joknya didesain dengan model klasik bergaya tuck and roll. Joknya menyambung dari depan hingga ke belakang. Tempat duduknya juga cukup lebar, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara jarak jauh. 

Yamaha XSR 155 2021 mempercayakan suspensi depannya dengan sokbreker model upside down. Sementara suspensi belakang, dibuat sedikit modern dan sporty dengan menggunakan monoshock.

Salah satu keunggulan pada motor ini adalah sudah dibekali dengam swingarm dengan desain keren dari material aluminium. Desainnya seperti yang digunakan pada motor gede (moge). 

Di bagian roda, Yamaha XSR 155 2021 mengandalkan ban depan berukuran 110/70-17 dan ban belakang yang lebar dengan ukuran 140/70-17. Kedua ban ini sudah bertipe dual purpose dan tubeless. Sehingga, pengendaranya akan tetap nyaman melewati berbagai kondisi jalan.

Untuk pilihan warna, konsumen bisa memilih di antara dua pilihan, antara lain Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance.

Spesifikasi Yamaha XSR 155 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 2.007 mm x 804 mm x 1.080 mm
Jarak Terendah ke Tanah 170 mm
Tinggi Tempat Duduk 810 mm
Berat 134 kg
Suspensi Depan Telescopic Form ( Inverted )
Suspensi Belakang Link Monoshock
Ban Depan 110/70-17M/C (54S)
Ban Belakang 140/70-17M/C (66S) 

Posisi Berkendara Yamaha XSR 155 2021

Yamaha XSR 155 2021 menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman. Dengan setang yang lebar dan cukup tinggi, pengendara akan merasa tidak cepat letih saat berkendara terlalu lama atau berkendara jarak jauh.

Desain tangki bahan bakar tidak terlalu besar. Sehingga, kaki pengendara bisa dengan piawai menjepit tangki untuk pengendalian motor yang lebih baik saat bermanuver. Orang yang dibonceng di belakang juga tetap merasa nyaman, karena tempat duduknya cukup tebal.

Posisi kaki juga tidak terlalu tinggi. Tinggi tempat duduknya yang mencapai 810 mm memang cukup tinggi untuk pengendara dengan postur tinggi di bawah 170 cm. Namun, bobotnya yang hanya 134 kg dirasa tidak terlalu berat. 

Mesin Yamaha XSR 155 2021

Yamaha XSR 155 2021 memiliki performa yang cukup andal untuk motor sekelasnya. Yamaha membekalinya dengan mesin berpendingin cairan, 4-tak, silinder tunggal, SOHC, 4 katup, dan sudah menggunakan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). 

Mesinnya memiliki karakter square, dengan diameter piston 58 mm dan langkahnya 58,7 mm. Sementara volume silindernya, tercatat 155 cc. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,6:1.

Tenaga maksimum yang dimiliki Yamaha XSR 155 2021 mencapai 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi maksimum hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Motor bergaya retro ini menggunakan transmisi manual 6 percepatan. Transmisinya dibantu dengan Assist & Slipper Clutch. 

Untuk mengurangi laju roda dan mengimbangi tenaga yang dihasilkan, Yamaha XSR 155 2021 mengandalkan rem cakram untuk rem depan dan rem belakang. Namun, sistem pengeremannya belum dibekali teknologi Anti-lock Braking System (ABS).

Spesifikasi Mesin Yamaha XSR 155 2021
Tipe Mesin Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Jumlah Silinder Silinder Tunggal
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimum 14.2 kW / 10000 rpm
Torsi Maksimum 14.7 Nm / 8500 rpm
Volume Silinder 155 cc
Tipe Transmisi Manual, 6 percepatan
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake

Fitur Yamaha XSR 155 2021

Dibandingkan dengan rival sekelasnya, seperti Kawasaki W175 atau Benelli Motobi 152, Yamaha XSR 155 2021 punya beberapa keunggulan tersendiri. Panel meternya sudah full digital dengan model bulat memertahankan kesan klasik dan retro.

Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap dan mudah dibaca. Yamaha XSR 155 2021 juga sudah menggunakan teknologi injeksi. Untuk sistem pencahayaan, semuanya juga sudah mengandalkan LED.

Sedangkan dua rivalnya tersebut, masih mengandalkan karburator. Keunggulan lainnya adalah penggunaan swingarm bergaya moge dengan bahan aluminium yang dipadukan dengan ban gambot tipe dual purpose.

Harga Yamaha XSR 155 2021

Yamaha XSR 155 2021 dipasarkan dengan harga Rp 36.580.000 (on the road Jakarta). Hanya ada satu varian atau satu tipe saja untuk motor ini dengan dua pilihan warna, yakni Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance.

Kesimpulan

Yamaha XSR 155 2021 dibekali dengan fitur dan teknologi yang modern, meskipun tampilannya klasik dan retro. Namun, jika dibandingkan dengan rival-rivalnya, motor ini juga tetap lebih unggul dari segi performa, baik performa mesin atau pastinya konsumsi bahan bakar, karena sudah injeksi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha XSR 155
Lihat