Rp 605,00 - 812,00TBC Juta

Harga Yamaha YZF R1 2021 di Indonesia

Spesifikasi Yamaha YZF R1
ModelSport
Tenaga Maksimal197.2hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas-
Opsi startListrik
ABSY

Kelebihan&Kekurangan Yamaha YZF R1

Kelebihan

  • Dilengkapi dengan beberapa elektronik canggih

  • Mesin Yamaha R1 ini sangat bertenaga, halus, dan agresif.

  • Tampilan desain menjadikan salah satu sepeda motor terlihat terbaik.

  • Handlingnnya sangat baik

  •  Sistem pengereman dilengkapi ABS dan USB

  •  Sistem suspensi yang handal

  • Fasilitas motorGp semua ada di Yamaha R1

  • Menggunakan system injeksi ganda yang membuat bahan bakar menjadi hemat

  • Fitur penunjang lengkap

  •  Ramah lingkungan karena memiliki teknologi EXUP system

Kekurangan

  • Jangkauan layanan terbatas

  • Posisi berkendara sangat agresif, Anda tidak akan bisa mengendarai sepeda lebih dari 20 km dan punggung, bahu, dan pergelangan tangan Anda mulai terasa nyeri. Tapi jika sudah terbiasa maka tidak akan ada masalah sama sekali.

  • Harganya cukup mahal

Review Yamaha YZF R1

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin & BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Yamaha YZF R1 adalah satu-satunya sepeda motor kelas liter full faired yang ditawarkan oleh bikemaker Jepang tersebut. Motor sport ini terlihat tajam dan agresif. Bahasa desain sepeda ini terinspirasi oleh sepeda balap MotoGP perusahaan, YZR-M1. Sepeda motor ini memiliki lampu depan proyektor, lampu belakang LED, ABS, kontrol wheelie, kontrol geser, sistem pengereman terpadu, kontrol traksi, IMU, dan konsol instrumen digital sepenuhnya. Powering Yamaha YZF R1 adalah mesin empat silinder, 998 cc, berpendingin cairan yang menghasilkan 194,3 bhp dan torsi puncak 112,4 Nm. Tugas transmisi dilakukan dengan gearbox 6 kecepatan. YZF-R1 2020 menampilkan bodywork yang diperbarui untuk menciptakan profil yang lebih aerodinamis, dengan garis-garis gaya yang memberikan desain yang lebih ramping dan terintegrasi. Berbicara mengenai harga, motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 495.000.000.

  • Desain

    Penampilan dan Desainnya dengan central forced air intake itu, layar tinggi, dan posisi lampu depan rendah, penutup depan aerodinamis YZF-R1 memiliki siluet sepeda balap YZR-M1 yang tidak salah lagi. Lampu depan LED kompak di kedua sisi air intake menekankan tampilan siap balapan, sementara lampu LED ganda untuk memberikan tampilan yang benar-benar unik pada superbike ini. Motor yamaha R1 memiliki dimensi yang berukuran 2.055 mm x 690 mm x 1.150 mm dengan jarak antar sumbu roda sekitar 1.405 mm. Walaupun motor ini terlihat cukup besar, tetapi motor sportbike ini memiliki berat isi sekitar 199 kg saja. Selain itu, tangki BBM motor r1 ini juga cukup besar sehingga mampu menampung sekitar 17 liter bahan bakar.

    Yamaha R1 memiliki fitur canggih yang cukup lengkap, diantaranya: Semua pencahayaan sudah LED, Lampu depan LED ringan dan kompak, memungkinkan lebih banyak desain penutup mesin depan yang ramping dengan jarak pandang yang sangat baik. Untuk tahun 2020, lampunya lebih kompak dan juga memberikan penyebaran iluminasi yang lebih luas. Sinyal belok depan LED diintegrasikan ke dalam spion atau peningkatan aerodinamika, sedangkan lampu belakang LED bergaya dan sangat terlihat. Selain itu, R1 memiliki fitur pengukur transistor film tipis (TFT) penuh warna yang brilian, dengan tekanan rem depan dan pembacaan G-force depan / belakang, memberikan pengendara lebih banyak umpan balik dari mesin. Ini menampilkan mode jalan dan mode trek yang berfokus pada informasi kinerja, seperti pengaturan YRC (termasuk sistem EBM dan BC), tampilan takometer yang diperbesar pada kisaran rpm atas, pengatur waktu putaran, indikator posisi gigi dan kecepatan

  • Pengendaraan dan Handling

    Handling motor ini sangat baik, dan sempurna untuk trek. Yamaha R1 ini seperti MotoGP, Tepi yang sangat tajam dan desain Aerodinamis serta rangka aluminium Deltabox dilengkapi swingarm jenis rangka ke atas yang panjang dan rangka belakang magnesium, yang menggarisbawahi warisan balap sepeda R1. Sasis jarak sumbu roda 1405 mm yang pendek dan bobot basah rendah R1 yang hanya 199 kg memberikan YZF-R1 tingkat kelincahan dan respons yang tinggi untuk performa balapan dan trek yang luar biasa. Pada bagian belakang motor yamaha r1 ini sudah dilengkapi dengan adanya sistem suspensi berjenis Single Shock / Piggy back Reservoir dengan 4 cara penyetelan. Suspensi tersebut merupakan suspensi yang tangguh di kelasnya. Dengan adanya kedua sistem suspensi tersebut membuat motor yamaha r1 ini jauh lebih mudah digunakan dalam melakukan hal manuver dan tetap stabil dalam melewati tikungan dengan kecepatan yang tinggi.

  • Mesin & BBM

    Motor yamaha r1 memiliki perfoma mesin yang cukup tangguh dan handal di kelas motor sport. Semua itu terlihat dari kapasitas mesin motor 998 cc, 4 tak, DOHC, 16 Valves serta di lengkapi dengan sistem pendinginan berupa Liquid Cooled membuatnya mampu berakselerasi dengan cepat. Yamaha R1 memiliki mesin crossplane. Mesin ini terdengar sangat luar biasa. Batang penghubung titanium menggunakan metode pemisahan tulang presisi Yamaha untuk memastikan keandalan dengan bobot minimal. Dikombinasikan dengan katup masuk titanium dan piston tempa, suku cadang ringan ini membantu mencapai kemampuan redline dan putaran berlebih CP4 yang tinggi. 

    Blok silinder juga diimbangi dari poros engkol, sehingga mengurangi beban gesekan pada piston dan lubang. Mesin Yamaha R1 ini sangat bertenaga, halus, dan agresif. Mesin CP4 Mutakhir merupakan mesin empat silinder segaris 998cc R1 dilengkapi dengan teknologi poros engkol silang eksklusif Yamaha yang berasal dari mesin YZR-M1 MotoGP. Dengan menyamakan gaya inersia pada poros engkol, CP4 memberikan sensasi torsi linier yang langsung, memberikan pengendara koneksi pamungkas antara pegangan throttle dan roda belakang. motor yamaha yzf r1 ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih dari yamaha yakni Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T) dan Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I).

  • Pengereman dan Keamanan

    Motor superbike ini menggunakan sistem pengereman dengan teknologi yang canggih dengan mengandalkan rem bertipe cakram di kedua rodanya yang masing-masing ukurannya 120/70ZR17 M/C pada roda bagian depan dan 190/70ZR17 M/C pada roda bagian belakangnya dan juga terdapat rem cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston dengan diameter 320 mm untuk rem bagian depan, dan rem cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mm untuk rem bagian belakang. sistem pengereman Motor superbike ini memang sengaja dirancang secara khusus sebagai sistem pengereman dengan level tertinggi. Hal ini dikarenakan dengan adanya teknologi canggih dari Yamaha yaitu Anti-Lock Braking System (ABS) dan Unified Braking System (UBS). Kedua teknologi tersebut bekerja secara bersamaan untuk mencegah terjadinya roda terkunci saat melakukan pengereman secara mendadak.

    Motor ini hadir dengan tidak hanya memiliki banyak fitur tetapi juga dengan banyak elektronik canggih. Seperti: Knalpot titanium ringan dan knalpot midship, ABS dengan Sistem Rem Terpadu, Sistem perpindahan cepat yang ditingkatkan, roda magnesium, tangki bahan bakar aluminium, unit Pengukuran Inersia (IMU) 6 sumbu, panel instrumen LCD Thin Film Transistor (TFT), memiliki control lift, control geser, control peluncuran, memiliki 4 mode daya, dan Juga 11 Mode Kontrol Traksi dan mode shifter cepat.

  • Kesimpulan

    Motor Yamaha YZF R1 ini bisa dikatakan motor paling tercepat yang diproduksi oleh Yamaha dengan jantung pacu yang begitu besar yaitu hampir menyentuh angka 1000 cc, Hal ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi para konsumennya, khususnya para penggila kecepatan tinggi. Selain itu dengan banyaknya teknologi canggih yang di terapkan pada motor ini tidak heran jika harga motor yamaha yzf r1 ini di banderol dengan harga yang fantastis karena sebanding dengan kulitas dan kuantitas dari motor tersebut.

FAQ Yamaha YZF R1

Kompetitor

Model Populer

VS