Yamaha FreeGo

Harga Motor Yamaha FreeGo 2023 Terbaru

Rp 19,55 - 23,46 Juta
Spesifikasi Yamaha FreeGo
Model Scooter
Tenaga Maksimal 9.38 hp
Panel Instrumen Digital
Kapasitas 125 cc
Opsi start Listrik / Kick & Electric
ABS Ya / Tidak
Yamaha FreeGo 2023 - 2024 ditawarkan dalam 3 varian - mulai Rp 19,55Juta hingga Rp 23,46Juta , varian entry levelnya yaitu 2021 Yamaha FreeGo Standard Rp 19,55Juta dan varian tertingi Yamaha FreeGo yaitu 2021 Yamaha FreeGo S ABS ditawarkan dengan harga Rp 23,46Juta.
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915666035-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915666035-0'); });
  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin & BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Yamaha menawarkan banyak pilihan untuk skuter matik (skutik) 125 cc. Tak hanya modelnya saja yang beragam, tapi masing-masing juga memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya yang cukup unik adalah Yamaha FreeGo 2021. 

    Yamaha FreeGo pertama kali meluncur ke pasaran pada Oktober 2018. Tepatnya, pada ajang pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang berlangsung di Jakarta.

    Yamaha menggunakan jargon Amazing Matic untuk skutik dengan bodi sedikit bongsor ini. Yamaha FreeGo disebut sebagai skutik yang diklaim cocok untuk semua kalangan, mulai dari pelajar, pengusaha, atau bahkan ibu rumah tangga. Skutik baru buatan pabrik asal Jepang ini diklaim mampu menggantikan Yamaha Lexi .

    Yamaha FreeGo diyakini cukup andal untuk menemani rutinitas harian. Sebab, skutik ini tak hanya menawarkan performa yang baik. Tapi, juga fungsi yang berlebih dan fitur yang cukup lengkap. 

    Yamaha FreeGo ikut bersaing di kelas 125 cc melawan Honda Vario 125. Dari segi fitur dan harga, keduanya cukup bersaing ketat. 

    Namun, dalam segi fitur Yamaha FreeGo tetap yang lebih unggul. Sejauh ini Yamaha Freego Keyless telah menawarkan dalam tiga varian yang berbeda, yaitu: Yamaha Freego S ABS, Yamaha Freego Standar, dan Freego S. 

    Fitur Canggih Yamaha FreeGo

    Soal fitur, Yamaha FreeGo 2021 bisa dikatakan cukup lengkap. Skutik 125 cc ini sudah dibekali dengan beragam fitur yang sangat membantu untuk berkendara harian, yang bisa dipilih pada tiga varian.

    Panel meternya sudah full digital dengan infornasi yang ditampilkan juga cukup lengkap. Sistem pencahayaan untuk lamou depan sudah LED, membantu penglihatan lebih baio saat berkendara di malam hari. 

    Salah satu keunggulan yang tak dimiliki skutik lain sekelasnya adalah kapasitas bagasi yang besar. Pada Yamaha FreeGo 2021 kapasitas bagasinya berukuran 25 liter.

    Bagasi ini bahkan lebih luas daripada Yamaha Nmax. Berkendara dengan membawa barang yang banyak jadi lebih praktis, karena dapat disimpan di bagasi yang berada di bawah tempat duduk. 

    Para pengendara dapat menyimpan barang-barang bawaan seperti helm full face, tas, jaket, sepatu hingga bola basket ke dalam bagasi Yamaha FreeGo 2021 yang luas ini. 

    Bagasinya bisa sangat luas tak lepas dari letak tangki bahan bakarnya, yang diposisikan di bawah atau di dek tengah. Sedangkan tutup tangki bahan bakar berada di posisi depan. Sehingga, pengendaranya tidak perlu lagi membuka jok. 

    Tangki tersebut dilindungi pelat baja dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm sama seperti Nmax. Sehingga, cukup aman untuk melewati gundukan di jalanan. 

    Pengendara juga tidak perlu khawatir kehabisan daya pada smartphone-nya. Sebab, pada Yamaha FreeGo 2021 ini sudah dilengkapi dengan electric power socket di posisi depan dekat kunci kontak. Namun, ada sedikit kekurangan, karena tidak diberikan rak untuk meletakkan atau menyimpan smartphone yang dicas. 

    Fitur smart key system atau teknologi keyless juga hadir pada skutik ini. Kuncinya sudah terintegrasi dengan immobilizer dan answer back system, namun hanya untuk dua varian teratas.

    Terdapat juga pilihan fitur stop & start system yang dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Dengan fitur ini, mesin akan otomatis mati jika didiamkan selama 5 detik. Untuk menyalakannya kembali, cukup dengan memuntir tuas gas.   

    Harga Yamaha FreeGo

    Yamaha FreeGo 2021 hadir dengan tiga tipe pilihan dan dijual dengan harga Rp 19,275 juta untuk tipe Standard, Rp 20,815 juta untuk FreeGo S, dan Rp 23,19 juta untuk FreeGo S ABS. Harga on the road Jakarta.

    Yamaha FreeGo 2021 punya beragam pilihan warna yang menarik. Metalkic Black, Metallic Red, Matte Blue, dan Matte Grey untuk FreeGo standar. Untuk FreeGo S tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Blue sedangkan FreeGo S ABS, hanya ada warna Matte Blue. 

  • Desain

    Desain Elegan Yamaha FreeGo

    Yamaha FreeGo 2021 memiliki desain yang jauh dari kata agresif. Desain bodinya dibuat lebih membulat, membuat skutik ini terkesan padat namun juga nampak elegan.

    Yamaha FreeGo memiliki panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tingginya 1.100 mm. Jarak sumbu rodanya 1.275 mm, jarak terendah ke tanah 135 mm, dan tinggi tempat duduknya hanya 778 kg. Bobotnya juga cukup ringan, tercatat hanya 100 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 4,2 liter. 

    Lampu depannya dibuat lebar, tapi tidak menyatu dengan lampu sein. Lampu sein justru ditempatkan di sayap kanan dan kiri. Seolah mengikuti desain lampu sein pada keluarga Maxi Yamaha.

    Bagian tempat duduk Yamaha FreeGo 2021 didesain lebar dan luas, nyaman untuk diduduki. Lalu, di bagian dek tengah, ruang kaki yang disediakan juga cukup luas dengan penggunaan dek rata.

    Di bagian suspensi, sokbreker depan Yamaha FreeGo 2021 masih menggunakan tipe teleskopik. Sedangkan untuk suspensi belakang, skutik ini menggunakan sokbreker tunggal. 

    Untuk rodanya, Yamaha FreeGo mengandalkan pelek dengan ukuran ring 12. Ban depannya berukuran 100/90-12 dan ban belakangnya berukuran 110/90-12. Dengan lingkar roda yang kecil, tampilan skutik ini jadi terlihat lebih padat di bagian kaki-kakinya. 

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan dan Handling Yamaha FreeGo

    Secara dimensi, Yamaha FreeGo 2021 mungkin terlihat sedikit gambot dengan desain bodinya yang membulat. Namun, hal tersebut bukan berarti memengaruhi posisi berkendaranya 

    Yamaha FreeGo justru menawarkan posisi berkendara yang cukup ergonomis. Berkendara sendiri atau bersama pasangan tetap nyaman, karena tempat duduknya cukup luas dengan tinggi hanya 778 mm. 

    Ruang kaki juga dibuat lega dan semakin menambah kenyamanan saat berkendara. Saat membawa barang di dek tengah pun, pergerakan kaki tidak terganggu. 

    Tinggi tempat duduk yang hanya terbilang rendah dan bobot 100 kg membuat Yamaha FreeGo 2021 cukup bersahabat untuk semua pengendara. Termasuk pengendara dengan tinggi badan di bawah 170 cm sekalipun. 

    Kaki-kakinya sendiri telah menggunakan pelek ring 12 inci dengan lebar 2.50x12 depan dibalut ban 100/90-12 dan lebar 2.75x12 belakang dengan ban 110/70-12 yang sudah tubeless sehingga membuat motor lebih stabil saat bermanuver di semua medan jalan. Selain itu, denagn setang Yamaha FreeGO agak lebar, membuat handling jadi terasa lebih ringan. Pengalaman berkendara Anda lebih nyaman lagi saat dibonceng, karena adanya fitur Big Comfortable Seat.

  • Mesin & BBM

    Mesin SMG Yamaha FreeGo

    Yamaha FreeGo 2021 dibekali dengan mesin SOHC, 4 tak, silinder tunggal, berpendingin udara, dan berkapasitas 124,96 cc. Diameter pistonnya 52,4 mm dengan langkah 57,9 mm.Rasio kompresi yang  dihasilkannya 9,5:1.

    Mesinnya mengandalkan transmisi otomatis dan sistem suplai bahan bakar sudah injeksi. Yamaha FreeGo 2021 memiliki tenaga maksimum mencapai 9,5 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum hingga 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

    Untuk mengimbangi performa mesin dan mengurangi laju roda, Yamaha FreeGo 2021 dibekali rem depan cakram dan rem belakang tromol. Terdapat pilihan fitur Anti-lock Braking System pada sistem pengeremannya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. 

    Sebagai informasi tambahan, mesin Yamaha FreeGo dilengkapi fitur SMG (Smart Motor Generator) yang pertama kali untuk mesin skutik 125 cc Yamaha. Setelahnya mesin yang sama digunakan juga untuk Yamaha Gear 125 2021.

    Yamaha FreeGo memiliki ukuran tangki sebesar 4,2 liter. Tangki tersebut berada di bawah dek, tapi dengan posisi leher yang berada dekat dengan kemudi bagian kiri. Dengan adanya fitur SSS ini, konsumsi rata rata bensin menjadi 44,8 liter dalam jarak tempuh 109,4 kilometer. Terlihat memang penggunaan SSS cukup berpengaruh pada konsumsi bahan bakar rata-rata. Hasil ini terbilang cukup mengejutkan, karena tergolong relatif irit bahan bakar.

  • Pengereman dan Keamanan

    Fitur Keamanan Yamaha FreeGo

    Yamaha FreeGo menggunakan fitur teknologi rem anti-lock braking sistem (ABS) yang membuat Yamaha FreeGo memiliki daya pengereman yang jauh lebih maksimal dan lebih aman terutama bagi pengendara sehingga mengurangi risiko ban slip saat pengereman dadakan. Selain itu, pihak Yamaha juga telah memberikan jaminan keamanan sepeda motor dengan adanya sistem smart key system yang tak lagi menggunakan kunci konvensional. Adanya Answer Back System yang memudahkan pemilik motor untuk menemukan lokasi parkirnya dengan mengeluarkan bunyi dan mengedipkan lampu sinyal dua kali saat menekan tombol smart key.

  • Kesimpulan

    Hadirnya Yamaha FreeGo banyak mendapat apresiasi tinggi bagi kalangan masyarakat karena Yamaha berhasil meluncurkan motor matic 125cc yang menawarkan fitur yang cukup lengkap serta irit dan nyaman dalam berkendara serta ditunjang dengan performa mesin yang bagus. Harga Yamaha FreeGo PUN tergolong terjangkau dan bisa bersaing melawan motor matic sekelasnya. Jadi motor ini layak untuk dimiliki oleh siapapun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915733902-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915733902-0'); });
  • Jl. Letjend. Suprapto No. 402 Cempaka Putih

  • Jl.Ciledug Raya No.84 RT.004/04 Cipulir , Kebayoran Lama - Jaksel

  • Jl.Raya Bekasi KM.18 No.49 Cakung

  • Jl.Raya Pondok Gede No.7A,Kel.Pinang Ranti

Lihat Lebih
  • Apakah Yamaha FreeGo dilengkapi Ban belakang?

    Ya, Yamaha FreeGo dilengkapi Ban belakang, varian yang dilengkapi adalah Yamaha FreeGo S, Yamaha FreeGo S ABS, Yamaha FreeGo Standard.

  • Apa Opsi start dari Yamaha FreeGo?

    Inilah Opsi start yang dilengkapi di Yamaha FreeGo. varian yang memiliki adalan:

    VarianYamaha FreeGo SYamaha FreeGo S ABSYamaha FreeGo Standard
    Opsi startListrikKick & ElectricKick & Electric
  • Apa Immobilizer dari Yamaha FreeGo?

    Inilah Immobilizer yang dilengkapi di Yamaha FreeGo. varian yang memiliki adalan:

    VarianYamaha FreeGo SYamaha FreeGo S ABSYamaha FreeGo Standard
    ImmobilizerNNN
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Model_Mrec1_pc', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649915808056-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915808056-0'); });
Honda Vario 125
Rp 21,00 - 21,91 Juta
Yamaha Lexi
Rp 21,71 - 27,31 Juta
Yamaha Grand
Rp 27,00 - 27,50 Juta
Suzuki Satria F150
Rp 26,76 Juta
Yamaha Aerox 155
Rp 24,80 - 28,56 Juta
VS