Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

Dihadirkan pada akhir tahun 2020 silam, Yamaha Nmax 155 Connected 2021, disebut-sebut sebagai calon varian favorit konsumen Indonesia. Dengan harga yang kompetitif, kelengkapan yang didapatkan jauh meningkat ketimbang varian Standard.

Ya setelah menghadirkan Yamaha Nmax 155 2021 pada akhir tahun 2019 silam dengan varian Standard dan Connected/ABS, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melengkapinya denga Yamaha Nmax 155 Connected.

Yamaha Nmax 155 Connected 2021 dijual Rp 31 juta.

Varian tengah-tengah ini mengisi celah harga antara dua varian sebelumnya. Yamaha Nmax 155 Connected bahkan hadir dengan membawa opsi warna baru yang disebut prestige silver.

Secara desain, tak ada perbedaan yang menonjol dari varian tengah ini dibandingkan varian Yamaha Nmax 155 lainnya. Penampilan yang sporty agresif masih menjadi andalan pada Yamaha Nmax 155 generasi kedua ini.

Lampu depan menyipit dengan teknologi LED untuk lampu jauh dan dekat menjadi andalan. Posisi lampu sein yang berada pada tepian bodi, memberikan kesan Maxi Yamaha seperti yang digunakan Yamaha Tmax DX.

Tampilan depan - belakang Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Bagian tengah memiliki area dek terpisah karena adanya tangki bahan bakar di bagian ini, tapi pijakan kaki untuk pengendara sangat leluasa. Selain lebar, pengendara juga bisa berkendara santai dengan meluruskan kakinya.

Tempat duduk yang lebar dan empuk nyaman dipakai berboncengan, meski lekuk bodi belakang samping agak menyudut. Buritan lebar dihiasi lampu yang kini sudah berteknologi LED dengan LED bar yang membuatnya nampak mewah.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Yamaha Nmax 155 Connected 2021 memiliki opsi warna baru prestige silver, yang menjadi hero color baru Yamaha. Selain itu, tersedia pula opsi warna matte blue, matte red dan blaxk gold.

Pilihan warna Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021

Sebagai varian tengah-tengah, Yamaha Nmax 155 Connected 2021 disiapkan untuk mengisi celah antara varian terendah dan tertinggi. Dengan harga yang kompetitif, Yamaha Nmax 155 Connected ini disebut akan menjadi varian terlaris.

Dan berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa menjadikan Yamaha Nmax 155 Connected varian yang diminati.

1. Fitur Y-Connect

Motor bermesin 150 cc dengan fitur konektivitas tak banyak pilihannya, salah satunya Yamaha Nmax 155 Connected ini. Dengan fitur Y-Connect, antara motor dengan smartphone pengendara bisa saling terhubung dengan perangkat communication control unit (CCU).

Fitur Y-Connect Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Lewat fitur ini, pengendara bisa mendapatkan beragam informasi terkait status motor, seperti lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan oli dan aki, konsumsi BBM, notifikasi malfungsi, revs dashboard dan notifikasi pesan dan telepon masuk.

Sebelumnya fitur Y-Connect ini hanya tersedia untuk varian Yamaha Nmax 155 Connected/ABS saja. Varian tertinggi Yamaha Nmax 155 generasi kedua ini dilepas dengan harga Rp 33,75 juta on the road Jakarta.

2. Smart Key System

Kesenjangan fitur antara varian Standard dan Connected/ABS, salah satunya absennya fitur smart key system. Nah, varian Yamaha Nmax 155 Connected selain dibekali fitur konektivitas, juga sudah lebih aman dari pencuri kendaraan.

Fitur smart key system Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Dengan smart key system, pengendara cukup mengantungi remote saja dan memutar knob kunci untuk bisa mengaktifkan motor. Selain lebih aman, juga lebih praktis karena dilengkapi dengan bike finder juga.

3. Mesin VVA Bertenaga

Salah satu nilai jual dari Yamaha Nmax 155 sejak pertama kali muncul adalah performa mesin dengan katup VVA (variable valve actuation). Adanya VVA ini mampu menjaga performa mesin tetap stabil dari putaran bawah, tengah sampai atas.

Mesin Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

VVA menggunakan dua durasi noken as masuk dengan durasi yang berbeda untuk putaran mesin bawah-tengah dan tengah-atas. Aktifnya VVA dikisaran 7.000 rpm, ditandai dengan munculnya indikator VVA pada panel instrumen.

Tenaga yang mampu dihasilkan mesin Blue Core 155 cc, SOHC 4 katup ini mencapai 15,3 PS pada 8.000 rpm, dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Ya meski kini output mesinnya kalah besar dari Honda PCX 160 2021, namun kehadiran teknologi VVA jadi nilai plus.

4. Bagasi Luas

Yamaha Nmax 155 Connected 2021 banyak dipakai untuk beraktivitas harian dan touring. Membawa barang yang cukup banyak pun tak perlu repot berkat ruang bagasi yang cukup besar untuk menampung beragam barang bawaan.

Suspensi sub-tank Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Jangan lupakan juga sepasang konsol penyimpanan di depan, sebelah kanan dengan penutup dan dan sebelah kiri model terbuka, namun dilengkapi pula dengan power outlet untuk mengisi baterai smartphone.

5. Kaki-Kaki Kekar

Sejak generasi pertama, Yamaha Nmax 155 memiliki kaki-kaki yang terlihat padat dan kekar. Ini karena menggunakan lingkar pelek 13 inci, namun dibungkus ban 110/70-13 dan 130/70-13 yang nampak besar.

Ditambah dengan penggunaan suspensi belakang model tabung, yang selain meningkatkan kemampuan meredam guncangan, juga menambah kesan padat. Jangan lupakan juga kedua roda yang sudah dijejali rem cakram.

Posisi riding nyaman Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Dan berikut beberapa kekurangan dari Yamaha Nmax 155 Connected ini.

1. Tampilan Panel Instrumen Kurang Atraktif

Ya walau sudah dibekali teknologi Y-Connect dan bisa menapilkan notifikasi telepon dan pesan masuk, harus diakui panel instrumen Yamaha Nmax 155 Connected 2021 terlihat kurang atraktif.

Tampilan layar digital dengan LCD terlihat biasa dengan tampilan hitam-putih, mirip layar kalkulator. Andai dibuat negatif display, pasti akan lebih menarik untuk dilihat.

Panel instrumen Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

2. Suspensi Belakang Tanpa Setelan

Meski seluruh varian Yamaha Nmax 155 2021 sudah pakai suspensi belakang dengan sub-tank, nyatanya hanya varian teratas yang memiliki setelan preload dua titik. Dan tentunya varian Yamaha Nmax 155 Connected 2021 tak termasuk.

Untuk bisa mendapatkan fitur serupa, pemilik mau tak mau harus mengganti suspensi belakang dengan milik Yamaha Nmax 155 Connected/ABS, atau langsung upgrade dengan suspensi aftermarket yang memiliki setelan lebih banyak.

Hanya tersisa lampu sein yang masih pakai bohlam di Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

3. Lampu Sein Belum LED

Kalau kompetitornya Honda PCX 160 2021 sudah andalkan lampulampu yang seluruhnya LED, Yamaha Nmax masih menyisakan lampu sein depan-belakang yang masih pakai bohlam. Hal ini memang terlihat minor dan bukan masalah besar, namun kesan skutik premium-nya jadi sedikit kurang sempurna.

Kesimpulan

Yamaha Nmax 155 Connected 2021 bisa dikatakan merupakan jawaban untuk konsumen yang ingin memiliki Yamaha Nmax 155 dengan fitur konektivitas dan smart key system, tanpa harus membayar jauh lebih mahal untuk sekaligus mendapatkan fitur rem ABS (anti-lock braking system) dan juga TCS (traction contrl system).

Bagasi besar Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Jika dulu selisih antara varian Standard dengan Connected/ABS terpaut Rp 4 juta, kini konsumen hanya perlu menambahkan Rp 1,25 juta saja untuk bisa menebus varian Connected. Jauh lebih hemat bukan?

Harga Yamaha Nmax 155 Connected 2021 : Rp 31 Juta

YIMM melepas Yamaha Nmax 155 Connected 2021 dengan nominal Rp 31 juta on the road Jakarta. Harga ini hanya Rp 1,25 juta lebih mahal dari varian Standard dan lebih murah Rp 2,75 juta dari varian teratas, Connected/ABS.

Harga Rp 31 juta bisa dapatkan fitur konektivitas di Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Kesimpulan

Yamaha Nmax 155 Connected 2021 diprediksi akan menjadi varian terlaris diantara varian lain yang sudah ada. Fitur tambahan yang disematkan yakni Y-connect dan smart key system lebih dibutuhkan konsumen, ketimbang TCS dan juga rem ABS.

Apalagi varian ini juga memiliki pembeda dengan varian lainnya, lewat pilihan warna prestige silver yang semakin menonjolkan kesan mewah dari Yamaha Nmax 155 Connected 2021.

Spesifikasi Yamaha Nmax 155 2021
Dimensi
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm
Sumbu Roda 1.340 mm
Jarak Terendah 124 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat Isi 132 kg
Kapasitas Tangki 7,1 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core
Kapasitas 155 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimum 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-13
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
   
Harga Rp 31 Juta (otr Jakarta)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat