Suksesor Yamaha R6 Dikabarkan Rilis Tahun Ini, Indonesia Kebagian?

Belum lama ini, Honda CBR600RR hadir untuk pasar Tanah Air. Bukan menjadi pemain tunggal. Pasalnya, di kelas 600 cc tersebut sudah ada Kawasaki ZX-6R. Termasuk pula Yamaha YZF-R6 generasi ketujuh (2013) yang hingga saat ini masih mengisi etalase jualan Yamaha Indonesia. 

Padahal, versi paling anyarnya sudah melenggang sejak 2018 silam. Alih-alih mendatangkan generasi terbaru, unit itu malah diskontinyu di pasar Amerika dan Eropa. Melihat pemandangan demikian, hampir tidak mungkin mereka mendatangkannya ke Indonesia. 

Yamaha R6 generasi terakhir disuntik mati sebelum masuk ke Indonesia.

Apalagi ada rumor menyebut bahwa Yamaha tengah mengembangkan sebuah super sport baru untuk segmen motor besarnya. Memang belum ada penampakan resmi, meski diperkirakan tak akan berbeda jauh dengan perawakan Yamaha R6 yang sudah disuntik mati per tahun ini. 

Hanya saja, mesin berstandar Euro 4 itu harus diganti dengan jantung mekanis anyar. Prediksi sebuah media asal Jepang (Young Machine) menyebutkan, pemasok daya milik Yamaha MT-07 lah yang akan digendongnya nanti. Maka wajar jika penamaannya bakal merujuk kepada Yamaha YZF-R7 atau Yamaha R7. 

Begini prediksi desain Yamaha R7 2021.

Menggunakan Mesin Yamaha MT-07 

Secara regulasi, mesin dua silinder segaris CP2 dari MT-07 sudah memenuhi standardisasi Euro 5. Namun, pihak pabrikan punya pekerjaan rumah karena output bawaan sang naked bike itu kurang layak untuk menyaingi para rival. 

Baca juga: Mendarat di Indonesia, Harga Honda CBR600RR Tembus Setengah Miliar!

Untuk penggambaran saja, CBR600 maupun ZX-6R sama-sama dibekali mesin empat silinder. Meski punya silinder lebih sedikit, tenaga maksimal keduanya bisa tembus di atas 100 PS. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah mereka Yamaha.

Mesin crossplane dua silinder diyakini menjadi basis mesin Yamaha R7 2021.

Kita tahu bahwa Yamaha MT-07 yang jua dipasarkan di Indonesia, saat ini hanya berkemampuan 74,8 PS di 8.000 rpm dan 68 Nm @6.500 rpm. Mau tak mau, harus menggunakan kembali konfigurasi empat silinder seperti R6 pendahulu.

Maksimalisasi Handling

Jika pun seperti itu, maka tinggal menyesuaikan kembali terapan lain semisal penyematan rancang bangun. Sasis deltabox dengan lengan ayun aluminium tampaknya bakal jadi modal utama dari sisi rancang bangun. 

Selebihnya terutama kaki-kaki, kemungkinan besar menggunakan item-item seperti fork upside down (USD) 43 mm tiga setelan, shock absorber tunggal berpelengkap piggyback dengan empat penyetelan serta cakram dan anti-lock braking system (ABS) sebagai peranti penghenti laju.

Yamaha R6 sejatinya punya tampang agresif dan menawan berkat perpaduan desain Yamaha M1 dan Yamaha R1M.

Rancang Bangun Mirip Yamaha R6

Meski sudah menggunakan mesin baru, dimensi Yamaha R7 nanti sepertinya tidak akan berubah banyak. Kembali merujuk kepada R6 lama, dimensi sang suksesor sepertinya pun tidak akan berbeda jauh. Sebagai penggambaran, Yamaha R6 yang sudah setop produksi kali itu punya dimensi 2.039 x 695 x 1.150 mm (P x L x T).   

Ketinggian jok maupun ground clearance dari R6 sendiri, disetel masing-masing 850 mm dan 129 mm. Sementara untuk bobot kosongnya mencapai 190 kg. Selain itu, kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 18 liter pun tampaknya masih akan dipertahankan pada Yamaha R7 nanti.     

Andaikata benar, tahun ini produk tersebut meluncur secara global. Berharap saja ia masuk ke Indonesia menggantikan R6 lawas yang sampai saat ini masih terpampang di katalog Yamaha Indonesia. Dengan begitu, mereka tetap bisa tetap melengkapi jajaran motor sport-nya mulai dari 150 cc (Yamaha R15) sampai 1.000 cc (Yamaha R1M). 

Baca juga: Yamaha MT-07 2021, Jagoan Moge Kelas Menengah

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

  • Yamaha R6
    Rp 270,00 Juta
    VS
    Kawasaki Z900RS
    Rp 304,00 Juta
    R6 vs Z900RS
  • Yamaha R6
    Rp 270,00 Juta
    VS
    Honda CB650R
    Rp 298,34 Juta
    R6 vs CB650R
  • Yamaha R6
    Rp 270,00 Juta
    VS
    Kawasaki W800
    Rp 252,00 Juta
    R6 vs W800
  • Yamaha R6
    Rp 270,00 Juta
    VS
    Yamaha MT-09
    Rp 250,00 Juta
    R6 vs MT-09
  • Yamaha R6
    Rp 270,00 Juta
    VS
    Benelli TNT 899
    Rp 278,75 Juta
    R6 vs TNT 899

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha R6
Lihat