Yamaha WR 155 R Bikin Repot? Pahami Cara Mengendarai si Trail Jangkung Ini

Idealnya sebuah motor trail, pastilah berpostur jangkung. Bukan hanya jok, kaki-kaki maupun ground clearance, sengaja dibuat jenjang agar mumpuni di medan off-road. Penyajian itupun bisa Anda lihat sendiri pada Honda CRF 150 L, Kawasaki KLX 150 L dan Yamaha WR 155 R 2021. 

Akan tetapi, rancang bangun kuda besi berlambang garpu tala sedikit berbeda. Ketinggian jok Yamaha WR 155 R saja mencapai 880 mm - lebih tinggi dari kedua rivalnya. Belum lagi bobot tubuh yang dipatok 134 kg. Lagi-lagi, paling berat diantara CRF 150 L (122 kg) atau KLX 150 L (118 kg). 

Yamaha WR 155 R menjadi pilihan baru motor trail di Tanah Air.

Buat Anda yang sudah terbiasa menggunakan motor trail, tentu bukan masalah. Sebaliknya, kondisi ini bisa jadi problem buat motoris baru pembeli Yamaha WR 155 R. Itu pula kenapa PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), tampak aktif mengedukasi konsumennya pasca sang produk meluncur. Tentu saja supaya mereka tidak kerepotan saat mengendarai si motor. 

Arief Muthia selaku instruktur Yamaha Riding Academy PT YIMM mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dipahami. Berikut ini tips mengendarai motor trail seperti Yamaha WR 155 R 2021.

1. Teknik Menaiki Motor Trail

"Hal ini penting, terutama buat orang yang tidak terlalu tinggi. Yamaha WR 155 R inikan lebih tinggi dari motor lain. Jadi, perlu teknik khusus. Posisi badan harus dari sebelah kiri. Kemudian tekuk setang kanan ke dalam supaya lebih dekat ke badan. Tekan juga rem depan lalu release standar sebelum naik ke motor," kata Arief. 

Cari posisi paling rileks dan ideal saat berkendara.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Yamaha WR 155 R 2021, Motor Trail Paling Modern Saat Ini

2. Posisi Transmisi jangan Netral  

Namun, Arief menyarankan posisi gear tidak netral. "Jadi sebelum naik, pindahkan dulu transmisi ke gigi 1, sahutnya. Kenapa tidak disarankan posisi gigi netral? Arief menyebut hal itu tidak efisien. Begini simulasinya. Setelah naik ke motor, otomatis kaki kanan harus turun lagi karena kaki kiri akan mengoper gigi. "Kalau caranya seperti tadi (posisi gear 1), kaki kanan jadi bisa sambil menekan rem belakang dan tinggal starter sembari menekan kopling," sahutnya.   

Begitu juga sebelum turun dari motor. "Kalau mau berhenti, pindahkan ke gigi 1 lalu matikan mesin (kontak Off). Jangan dinetralkan karena tidak efisien nanti saat mau dijalankan lagi. Keuntungannya, roda akan terkunci saat berhenti di tanjakan maupun turunan," lanjut Arief lagi. 

Dengan menempatkan posisi transmisi di gigi 1, motor tidak akan meluncur saat mesin mati di jalan menurun.

3. Berkendara ala 'Gagah Style'   

Bukan bermaksud jadi tengil. Arief menyebut posisi berkendara motor trail seperti Yamaha WR 155 R ini memang harus demikian. "Pertama-tama cari dulu posisi duduk yang rileks. Lalu, posisi tangan juga seperti 'gagah style' tapi agak menekuk (menyiku). 

Baca juga: Dibanding Trail Lain, Ini Keunggulan dan Kelemahan Yamaha WR 155 R 2021

Dengan begitu, badan juga nantinya akan rileks. Sedangkan tangan yang menekuk tadi juga berfungsi sebagai suspensi ketika melewati jalanan rusak. Ketika berdiri pun kaki bisa bertugas sebagai suspensi tambahan. Kalau terasa pegal, berarti posisi berkendaranya masih salah. Misal: posisi tangan lurus," terang Arief.

Tangan menyiku penting untuk memberi suspensi tambahan ketika beroff-road ria bersama motor trail.

4. Paha dan Kaki Wajib Mengempit Motor

Selanjutnya posisi kaki. Walaupun Yamaha WR 155 R adalah motor off-road. Paha dan kaki wajib mengempit motor. "Istilahnya knee grip. Medan off-road itukan jalannya rusak. Kalau kaki tidak menempel ke motor, kaki bakal goyang-goyang dan motor menjadi tidak stabil. Selain rapat dengan motor, usahakan juga kaki sebisa mungkin menghindari menginjak rem. Disarankan posisi agak kebelakang ketika berkendara dalam posisi duduk," paparnya. 

Berkaitan dengan knee grip tadi, cara ini juga bermanfaat saat melompat alias jumping. "Knee grip juga penting saat jump. Kalau kedua paha menjepit badan dengan kencang, nantinya saat turun motor akan stabil. Kalau tidak atau kakinya mengangkang, bisa berpotensi jatuh," tambah sang instruktur.  

Posisi paha dan kaki wajib mengempit motor untuk menjaga stabilitas.

5. Teknik Line out The Bike saat Berbelok 

Cara berbelok motor trail berbeda dengan motor jalan raya yang biasanya menggunakan teknik line with the bike dan line in the bike. "Kalau motor trail disarankan menggunakan line out the bike (badan dan motor berlawanan arah) saat menikung atau belok. Ketika posisinya duduk, badan harus agak maju ke depan," lanjutnya.

Baca juga: Murah, Biaya Perawatan Yamaha WR 155 R Tahun Pertama tidak Sampai Rp500 Ribu

"Buat pemula, tangan kiri (jika belok ke kiri), sebaiknya diluruskan untuk acuan mendorong badan ke arah kanan. Sedangkan ketika berbelok dengan posisi berdiri, paha dan kaki sebelah kanan harus sambil menempel ke bodi motor. Harus diingat, tangan kanan harus tetap rileks dan ideal untuk membuka gas," tambah Arief.

Teknik line out with the bike biasa dipakai pada motor trail untuk berbelok.

6. Posisi Badan di Jalan Menanjak dan Menurun

Ketika di jalan menanjak, pengendara WR 155 R mesti berdiri dengan posisi condong ke depan. Sebaliknya di turunan. Posisi badan saat berdiri harus ke belakang. "Pandangan juga harus luas agar bisa mengantisipasi kendaraan lain di depan. Khusus di tanjakan, manfaatkan sisa dari tenaga motor. Jadi, motor akan smooth saat melewatinya. Kalau ditambah gasnya, di situ lah motor bisa jumping," tutup Arief.

Kesimpulan

Bertualang dengan motor trail seperti Yamaha WR 155 R memang bakal jadi giat yang menyenangkan. Kendati begitu, tetap saja butuh teknik khusus utamanya buat pengendara baru. Seperti yang kami sebutkan tadi. Diferensiasi WR 155 R dengan kompetitor adalah posturnya yang jangkung dan berat. 

Baca juga: Bingung Pilih Honda CRF 150 L atau Yamaha WR 155 R, Simak Dulu Komparasinya

Torsi besar menguntungkan Yamaha WR 155 R saat diajak melahap tanjakan.

Tapi, hal itu terbantukan berkat output mesin SOHC satu silinder berkapasitas 155 cc-nya. Tenaga Yamaha WR 155 R mencapai 16,7 PS @10.000 rpm. Sementara torsi yang dihasilkannya adalah 14,3 Nm @6.500 rpm. Di atas kertas, dayanya di atas Honda CRF 150 L maupun Kawasaki KLX 150 L.

Pun soal momen puntir. Nah, catatan ini jua berpengaruh dengan akselerasinya. Lantaran torsi yang besar tadi, Anda mestinya tak perlu memuntir tuas gas dalam-dalam saat menghadapi tanjakan dengan kontur berbatu. Jika berminat, sila tebus Yamaha WR 155 R 2021 dengan harga Rp36.900.000 (OTR Jakarta). Jangan lupa, pahami dulu teknik berkendaranya ya!


 

Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha WR155 R
Lihat