Realisasi Yamaha XMax terbaru sepertinya kian mendekati kenyataan. setelah dikabarkan membawa sederet pembaruan, skutik bongsor berlambang garpu tala diperkirakan meluncur akhir tahun ini.
Ya, sebuah giat yang mau tak mau harus dilakukan Yamaha Indonesia. Sebagaimana kita tahu, Yamaha XMax eksis sudah memasuki 5 tahun. Dari segi usia, sangat ideal dirinya mengalami pengembangan. Hal itu pun nyatanya menguat setelah munculnya kode B74 - diyakini kepunyaan Yamaha XMax 2022.
Tak cukup di situ, media asal Thailand (Great Biker) bahkan menduga bahwa desain Yamaha XMax baru bakal lebih agresif dan modern. Terkaan kemudian menyasar kepada jenis windshield yang digunakannya nanti. Sumber serupa mengatakan, penghalau anginnya mungkin saja dilengkapi dengan penyetelan elektrik - seperti suguhan Honda Forza 250 2021.
Fitur itu pun hanyalah salah satu saja kebaruannya. Bagian lain dari development sang skutik 250 cc dikatakan menyasar pula ke sektor kaki-kaki. Konon ada revisi soal peredam kejut depan maupun belakang.
Baca juga: Dibanderol lebih Mahal dari Yamaha XMax, Apa Keunggulan Honda Forza 2021 Sehingga Layak Dipilih?
Tentu saja dilakukan, sebagai upaya mengoptimasi pengendaliannya. Meski begitu, fitur bawaan awal seperti rem anti-lock braking system (ABS) depan-belakang dan traction control tetap dipasang sebagai perlengkapan standar.
Masih terkait fitur, rasanya kurang elok jika Yamaha XMax generasi teranyar tak kedapatan konektivitas gawai.Kita tahu, penyajian tersebut saat ini sudah teraplikasi pada Yamaha NMax Connected dan Yamaha Aerox 155 Connected 2021. Dengan ketersediaan CCU sebagai media penghubung antara smartphone dan motor, pembeli dapat merasakan berbagai manfaat.
Baca juga: Yamaha XMax Terbaru Punya Konektivitas dan Suspensi Tabung seperti Yamaha NMax?
Sebut saja notifikasi telepon, email hingga pesan masuk. Maka dari itu, lumrah jika adanya penyegaran pada area kokpit Yamaha XMax generasi baru tersebut. Sementara mengenai fitur lain, bisa dilihat secara langsung via aplikasi Y-Connect.
Ubahan lain lantas tertuju kepada jantung mekanis. Meski tetap mengedepankan kubikasi 250 cc atau 300 cc, mesin Yamaha XMax diperkirakan sudah lolos emisi gas buang Euro 5. Namun, bukan tidak mungkin pula terjadi perombakan untuk meningkatkan output. Mungkin tidak jauh berbeda dari catatan Yamaha XMax saat ini. Torehan daya maupun torsi berada di angka 22,8 PS pada 7.000 rpm dan 24,3 Nm di 5.500 rpm.
Tentu, segala ubahannya tersebut baru dapat dibuktikan saat generasi teranyar Yamaha XMax meluncur. Kalaupun enggan menunggu, Anda masih tetap bisa mengarahkan pembelian terhadap unit yang ada saat ini.
Menariknya lagi, harga Yamaha XMax hingga per April 2021 tidak mengalami kenaikan. Yamaha Indonesia masih tetap membanderolnya Rp61,475 juta, on the road Jakarta.
Baca juga: Harga Yamaha XMax Bekas Rp40 Juta, Cocok buat Harian dan Touring
Untuk segmen skutik 250 cc, Yamaha XMax masih jadi pilihan menarik. Penetapan harganya jauh lebih terjangkau dibanding rival sekelas. Sebut saja dari Honda Forza 250 2021 yang sudah mencapai Rp84,645 juta. Pelabelan ini berbeda (naik) dibanding peluncurannya Februari lalu (saat itu Rp83,810 juta).
Satu-satunya hal baru padanya sekarang ini, terlihat dari opsi warna yang ditawarkan. Kini tersedia pilihan matte grey dan signature black. Keduanya melengkapi varian yang sudah ada sebelumnya yakni matte red dan matte blue.
Baca juga: Tampil ala Versi Eropa, Yamaha XMax 250 2021 Tantang Honda Forza 2021
Kelir matte grey memiliki tampilan bodi berwarna abu-abu doff. Warna dasar bodinya dipadu dengan biru ala Yamaha pada bagian pelek. Lantas sentuhan stiker minimalis, menguatkan kesan elegan dari skutik ini.
Sementara untuk signature black, merupakan warna khas Maxi Yamaha yang mengandalkan kelir hitam pada bodi dipadu pelek warna emas. Laburan cat hitam pada varian ini dibuat mengilap, sehingga penampilannya lebih premium.
Spesifikasi Yamaha XMax 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.185 x 775 x 1.465 mm | |
Sumbu Roda | 1.540 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 795 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Berat Isi | 179 kg | |
Kapasitas Tangki | 13 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, Blue Core | |
Kapasitas | 250 cc | |
Diameter x Langkah | 70 x 64,9 mm | |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 | |
Starter | Elektrik | |
Tenaga Maksimal | 22,8 PS @ 7.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 24,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 120/70-15 | |
Ban Belakang | 140/70-14 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS |