Yamaha YZF-R7 2022 resmi meluncur kemarin (18/5). Meski tanpa seremoni khusus, motor terbaru jenama berlambang garpu tala coba menggoda dengan embel-embel produksi terbatas. Tak cuma itu. Lini anyar supersport Yamaha ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau.
Saat ditampilkan untuk pertama kalinya di situs resmi Yamaha Motor USA, harga Yamaha YZF-R7 2022 dipatok mulai $8,999 atau sekitar Rp128 jutaan. Banderol tersebut nyatanya lebih murah daripada Honda CBR600RR, yang ditetapkan pihak Honda Amerika Serikat sebesar $11,899 (Rp170 jutaan).
Baca juga: Terdaftar di Amerika, Yamaha R7 Dipastikan Rilis 2022
Bukan saja ramah di dompet. Yamaha YZF-R7 2022 juga memiliki desain cukup unik. Bagian wajah, terutama bentuk ram air sekilas punya bentuk senada dengan Yamaha YZF-R6. Bedanya, pada bagian dalam lubang itu justru diisi oleh lampu LED model projector.
Di sini pula letak perbedaan Yamaha R7 2022 dengan motor sport Yamaha lainnya. Ya, dialah satu-satunya produk yang menggunakan lampu depan tunggal. Berbeda pula dari Yamaha R25, muka Yamaha R7 terlihat lebih agresif dengan penyajian daytime running light (DRL) di kedua sisi headlight. Suguhan fasadnya pun kian berkarakter lantaran terinsipirasi dari desain Yamaha YZF-R1.
Meski begitu, jelas perawakan Yamaha R7 2022 tak sebongsor Yamaha R1. Dimensi Yamaha R7 hanya 2.070 x 706 x 1.160 mm (P x L x T). Dengan padu padan ketinggian jok 835 mm dan ground clearance 134 mm, Yamaha R7 harusnya cukup bersahabat untuk motoris yang baru beranjak ke segmen big bike. Apalagi, beratnya cuma 187 kg.
Terlebih dengan bekalan jantung mekanis 689cc liquid-cooled, 4-stroke, DOHC inline twin-cylinder. Mesin Yamaha YZF-R7 2022 ini sangat identik dengan kepunyaan Yamaha MT-07. Walau tanpa keterangan, output Yamaha R7 rasanya bakal tertulis sama yakni 74,8 PS di 8.000 rpm dan 68 Nm @6.500 rpm.
Baca juga: Yamaha Bocorkan Penampakan YZF-R7 2022, Tinggalkan Sasis Deltabox?
Namun, performa Yamaha R7 terpaut jauh dibanding Honda CBR600RR. Wajar, mengingat kuda besi Honda yang sudah mengandalkan mesin empat silinder. Kendati demikian, impresi berkendaranya tergolong layak untuk memenuhi hasrat pemburu kecepatan.
Seperti disampaikan oleh pabrikan, ergonomi berkendara terutama saat tuck in, bakal dirasakan pengendara berkat desain tangki dan setang jepitnya (clip-on). Bentuknya yang simple, membuat pengendara percaya diri kala melajukan Yamaha R7 2022.
Maneuverability Yamaha R7 didukung oleh suspensi upside down (USD) berdiameter 41 mm. Peredam kejut depan keluaran KYB ini punya tiga penyetelan yaitu preload, rebound dan compression - sama seperti Yamaha MT-07 2021. Sementara untuk belakang, disokong suspensi tunggal tipe monocross dengan fitur preload dan rebound.
Guna menjaga stabilitas, dipasangi lah Assist and Slipper Clutch. Tak ada bedanya dengan Yamaha YZF-15 atau Yamaha MT-15, gejala roda belakang Yamaha R7 terkunci akibat adanya efek engine brake, dapat dihindari. Selain itu, pengoperasian kopling Yamaha R7 2022 pun menjadi lebih enteng.
Baca juga: Rekam Perjalanan Singkat Yamaha R7 hingga Menuju Reinkarnasi
Sayang untuk sekelas moge, Yamaha R7 cukup pelit fitur. Sebut saja quick shifter yang belum tersemat sebagai perlengkapan standar. Sementara kita tahu, sekarang ini saja perangkat itu bisa ditemui pada motor sport 250 cc seperti Honda CBR250RR maupun Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.
Jangan berharap ada mode berkendara atau fitur semacam traction control. Hanya tampak sistem pengereman ABS (antilock braking system) yang mengawal roda depan dan belakang. Memang bukan tanpa alasan. Menjadikan Yamaha R7 2022 apa adanya seperti ini, justru menegaskan bahwa ia siap diajak melakoni giat track day.
Rasanya pula, itulah alasan kenapa Yamaha R7 2022 dibanderol cukup murah. Reinkarnasi Yamaha R7 jua tampak difokuskan buat pemula yang baru beranjak ke segmen motor besar. Meski begitu, peminatnya harus bergegas untuk mendapatkan motor dengan opsi warna Yamaha Blue dan Performance Black ini.
Calon pembeli Yamaha R7 2022 bisa melakukan pemesanan unit via online. Sayang, untuk saat ini pembelian Yamaha R7 hanya berlaku di kawasan Amerika Serikat saja dalam unit terbatas. Tak ada keterangan berapa unit tersedia. Konsumen di sana dapat mengantre dengan menyetorkan deposit $500 (Rp7 jutaan). Sementara untuk unit, bakal tersedia Juni mendatang. Layak kah Yamaha R7 2022 dibeli?
Spesifikasi Yamaha YZF-R7 2022 | ||
---|---|---|
Tipe | 4-stroke, DOHC inline twin-cylinder; 4-valves per cylinder | |
Kapasitas Mesin | 689 cc | |
Diameter x Langkah | 80 x 68,6 mm | |
Rasio Kompresi | 11.5:1 | |
Tenaga Maksimum | 74,8 PS @8.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 68 Nm @6.500 rpm | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tipe Starter | Electric starter | |
P x L x T | 2.070 x 706 x 1.160 mm | |
Sumbu Roda | 1.394 mm | |
Jarak Terendah | 134 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 835 mm | |
Berat Kosong | 187 kg | |
Kapasitas Tangki | 12,8 liter | |
Tipe Rangka | Diamond Frame | |
Suspensi Depan | Upside Down KYB 41 mm preload, rebound and compression adjustable | |
Supensi Belakang | Linked-type Monocross shock, adjustable preload and rebound | |
Ban Depan | 120/70ZR17 Bridgestone Battlax Hypersport S22F E | |
Ban Belakang | 180/55ZR17 Bridgestone Battlax Hypersport S22R E | |
Rem Depan | 298mm hydraulic disc | |
Rem Belakang | 245mm hydraulic disc |