Yamaha Gear 125 2021, sejatinya bisa dijadikan opsi selain Honda Beat 2021. Bukan saja dari performa yang nyatanya lebih baik. Skutik buatan Yamaha Indonesia juga dijual dengan harga cukup bersahabat.
Untuk diketahui, per Juli 2021 ini Yamaha Gear 125 dijual dengan harga Rp17 juta pada tipe standar dan Rp17,750 juta untuk tipe S Version. Memang, penetapan harganya tersebut sedikit di atas Honda Beat. Jikapun Yamaha Gear 125 baru itu dirasa kepalang mahal, coba arahkan bidikan Anda kepada unit bekasnya.
Meski baru seumur jagung. Faktanya, Yamaha Gear 125 bekas sudah beredar di pasaran. Sebagai contoh pada platform jual-beli online yang kami temui, baru-baru ini. Secara jumlah masih bisa dihitung jari dan ketersediaannya pun di wilayah Jakarta saja.
Hal menarik justru terlihat dari penetapan harga sang pemilik maupun pedagangnya. Dari beberapa unit yang ada di etalase, harga bekas Yamaha Gear 125 ini dipatok mulai Rp13 jutaan saja. Yap, penurunan yang signifikan untuk sebuah motor yang masih berusia setahun.
Baca juga: Yamaha Gear 125 2021 Dikenalkan, Ada 2 Tipe Harga Mulai Rp 16 Jutaan
Menyoal unitnya sendiri, sama-sama lansiran 2021. Begitu pula dengan jumlah kilometer berjalan. Tak ada yang melebihi 5.000 km. Dengan kata lain, skutik bekas ini masih dalam kondisi yang sehat secara mesin.
Tubuh kompak jelas menjadi pertimbangan untuk teman mobilitas. Yamaha Gear 125 dirancang dengan dimensi 1.870 x 685 x 1.060 mm (P x L x T). Ketinggian joknya pun ramah pengendara, yakni 750 mm saja. Penyetelan tempat duduk tersebut kemudian diselaraskan dengan jarak kolong 135 mm.
Komposisi yang Ideal untuk penggunaan rata-rata tubuh orang Indonesia. Kelincahan dalam mengendalikannya pun didukung pula oleh penempatan setang cukup rendah. Yang berarti muda dalam mengarahkan arah kemudi.
Baca juga: Berlabel Skutik Murah Tapi Bukan Murahan, Benarkah Yamaha Gear 125 2021 Layak Beli?
Kenyataannya, desain ikut pula menjadi hal penting kala menetapkan pilihan terhadap sebuah sepeda motor. Secara tampilan, Gear 125 menawarkan penyajian cukup atraktif. Tentu berbeda ketimbang skutik murah Yamaha lain semisal Mio Z, Mio M3 125 bahkan Soul GT.
Sorot mata dari lampu utama LED-nya bukan saja terang, melainkan unik karena menggunakan sepasang low beam dan sebuah high beam (atas-bawah). Lalu, terdapat lagi lampu senja atau positioning lamp di bagian teratas. Sayang masih berupa bohlam.
Kendati begitu paras demikian jelas lebih segar dibanding lini selevel tadi. Untuk informasi pula, lampu sejenis juga teraplikasi pada penerangan belakang - lampu sein dan rem.
Baca juga: Perbandingan Cicilan Honda Beat dan Yamaha Gear 125, Sama-sama Dipatok Mulai Rp 700 Ribuan
Pengendaraan Gear 125 sendiri tak lepas dari bagaimana pihak Yamaha mendesain dek sebagai penopang kaki. Bentuk terutama pada bagian depan tampak datar dan ada sedikit bagian yang menjorok ke depan - bertujuan untuk melindungi sepatu dari cipratan air.
Bagian paling unik justru terdapat pada dek belakang. Saat berpindah, kaki bakal dibuat miring bak posisi mengendarai sebuah motor balap. Dengan kata lain dek dari Gear 125 cukup fleksibel dan variatif buat pengendara. Area ini pun memberi ruang kaki yang terbilang moderat. Padahal sebuah konsol di sebelah kiri rumah kunci. Di dalamnya pun sudah tersemat power outlet untuk mengisi ulang daya smartphone.
Ketersediaan ruang kaki ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, rancangan demikian juga dibuat untuk memberi akomodasi lebih. Terlebih sudah tersedia pula dua buah gantungan (double hook), jika pembeli ingin menaruh barang bawaan di sekitaran dek tadi.
Baca juga: Skutik Hybrid, Yamaha Grand Filano 2021 makin Imut
Penampung lain tersedia di bawah jok untuk menempatkan item berukuran tak kepalang besar. Di situ jua terdapat tangki bahan bakar berkapasitas 4,2 liter. Sebagai informasi,volume bensin Gear 125 ini setara Honda Beat atau Genio.
Bagaimana dengan kemampuan jantung mekanis? Gear 125 dimodali mesin Bluecore injeksi 124,96 cc. Output dicatat oleh pihak pabrikan adalah 9,3 Hp di 8.000 rpm, serta torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Capaian ini tentu lebih besar daripada Honda Beat yang berkemampuan 8,8 Hp/7.500 rpm dan 9,3 Nm/5.500 rpm.
Handling Yamaha Gear 125 ditopang oleh sepasang ban tubeless ukuran 80/80 14 inci dan 100/70 14 inci (depan-belakang). Peredam kejutnya mengedepankan konfigurasi umum skutik murah yaitu suspensi tunggal di belakang dan teleskopik untuk menopang kaki depan. Sedangkan urusan deselerasi, roda depan-belakang mengandalkan kombinasi cakram dan tromol.
Spesifikasi Yamaha Gear 125 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L xT | 1870mm X 685mm X 1060mm | ||
Sumbu Roda | 1.126 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 750 mm | ||
Berat Isi | 96 kg | ||
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | ||
Jarak Terendah | 160 mm | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-stroke, SOHC, Blue Core | ||
Jumlah Silinder | 1 | ||
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | ||
Rasio Kompresi | 9,5 : 1 | ||
Kapasitas Mesin | 124,9 cc | ||
Tenaga Maksimal | 9,4 Hp @ 8.000 rpm | ||
Torsi Maksimal | 9,5 Nm @ 5.500 rpm | ||
Transmisi | Otomatis CVT | ||
Sasis | |||
Tipe Rangka | Underbonce | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Tunggal | ||
Ban Depan | 80/80-14 | ||
Ban Belakang | 100/70-14 | ||
Tipe Ban | Tubeless | ||
Rem Depan | Cakram |