Kepincut Yamaha Nmax Bekas? Periksa Dulu 5 Bagian Ini Supaya Tak Tekor!

Dengan harga yang mulai terjangkau, Yamaha Nmax dalam kondisi bekas layak menjadi salah satu skutik incaran. Tapi yang namanya motor bekas, tentu ada beberapa hal yang harus diwaspadai kala melakukan inspeksi unit.

Ini supaya jangan sampai seperti beli kucing dalam karung, secara fisik bagus, sudah keluar uang untuk menebus, eh ternyata tak lama muncul banyak masalah. Ujung-ujungnya harus keluar dana lagi. Bikin tekor itu namanya.

Nah, ada beberapa bagian yang mesti diperiksa dengan seksama jika memang kalian sudah ngebet mau punya Yamaha Nmax ini. Penjelasan lengkapnya dipandu Yoga Ningrat, dari Yoga Motoshop, bengkel spesialis skutik Maxi Yamaha.

Baca juga : Dijual Mulai Rp 29,75 Juta, Cicilan Termurah Yamaha Nmax 2021 Cuma Rp 1,2 Jutaan Saja

1. Suara Mesin

Saat mencari unit, coba nyalakan mesin dan dengarkan, apakah halus atau tidak. Kemudian cek lagi melongok bagian blok mesin, untuk mengetahui apakah mesin pernah dibongkar atau belum.

"Biasanya terlihat dari warna blok, kalau dia warnanya lebih cerah seperti baru dan biasanya ada bekas lemnya, berarti pernah dibongkar," buka Yoga kepada Autofun beberapa waktu lalu.

Warna blok mesin beda pertanda mesin pernah dibongkar.

Suara mesin yang kasar juga bisa terjadi akibat tensioner rantai keteng yang sudah putus pernya. Ini menjadi penyakit khas pada Yamaha Nmax generasi awal, solusinya bisa ganti pakai tensioner milik Yamaha Jupiter Z atau Aerox.

2. Cek Lubang Knalpot

Jika kondisi knalpot sudah mulai dingin, colek lubang knalpot unit incaran kalian menggunakan jari. Perhatikan apakah jari kalian kering atau justru basah.

Baca juga : Lawan Semakin Tangguh, Ini Ragam Jurus Sakti Yamaha Nmax 155 2021 Untuk Hadapi Honda PCX 160 2021

"Kalau basah ditakutkan ada kebocoran dibagian mesin, jangan lupa cek kondisi oli dari dipstick, warnanya dan volume olinya," beber Yoga yang bengkelnya ada di Cibubur, Jakarta Timur ini.

Memeriksa lubang knalpot bisa mengetahui kondisi internal mesin.

Kebocoran yang dimaksud akibat kondisi ring piston yang sudah lemah, atau piston dan blok mesin yang sudah baret-baret efek dari jarang ganti oli, dan volume oli mesin berkurang. Mengganti blok mesin baru tentu tak cukup Rp 300 ribu loh!

3. Kelurusan Sasis

Sebelum dipakai jalan, coba luruskan posisi roda depan kemudian lihat motor dari arah belakang. Jika sasis normal, maka roda belakang dan depan akan garis lurus.

Baca juga : Lupa Rawat Radiator, Overheat Bisa Mengancam Honda PCX 160 dan Yamaha NMax Anda!

"Kalau gak simetris pas dicoba jalan itu pasti berasa, entah lari kiri atau lari kanan. Larinya agak ngesot sedikit gitulah," urainya. Kalau sasis sudah tak lurus, ada indikasi motor pernah tabrakan.

Sasis bermasalah membuat motor tak nyaman dikendarai.

4. Engine Mounting

Karena tenaga yang besar, kerap dipakai berakselerasi spontan dan juga lantaran usia pakai, membuat karet engine mounting aus. "Jika karet engine mounting sudah pecah, gejalanya goyang seperti ban kempis," kata Yoga lagi.

5. Rem ABS

Khusus untuk peminat Yamaha Nmax bekas tipe ABS, modul rem ABS (Anti-lock Braking System) ini ada beberapa kasus bermasalah, khususnya untuk rakitan 2015 dan awal 2016. Cirinya indikator ABS pada panel meter akan menyala terus.

Baca juga : Honda PCX 160 2021 Dijejali Teknologi Baru, Penantang Yamaha Nmax Ini Semakin Tangguh

Jalur kerja rem ABS Yamaha Nmax lama.

"Kita sering nangangin rata-rata tahun segitu. Untuk cek gampang sih, saat tes jalan, kalau sensor ABS nyala dan mati saat dipakai jalan itu normal. Tapi kalau nyala terus itu ada masalah pastinya," beber Yoga.

Ada beberapa tingkat kerusakan pada rem ABS ini. Dari yang ringan karena sensor kotor, sampai yang paling ditakutkan modul ABS rusak. Mengganti modul ABS bisa habis biaya Rp 4 sampai Rp 5 jutaan.

Baca juga : Yamaha FreeGo 2021, Skutik 125 cc Imut Dengan Bagasi Setara Yamaha Nmax 155

Yamaha Nmax generasi awal masih banyak dicari masyarakat.

Kesimpulan

Yamaha Nmax memang menjadi salah satu skutik premium yang diminati. Harga bekasnya yang sudah semakin murah, membuat mereka yang memiliki dana terbatas kini bisa lebih mudah untuk memilikinya.

Namun sejumlah hal harus diperhatikan supaya tak sampai menjebol dompet akibat mendapat unit tak sehat. Lebih baik bersabar dalam mencari-cari unit idaman.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat