Gagahnya Naked Bike Terbaru Suzuki, Penantang Kuat Yamaha MT-25 dan KTM Duke 250!

Sejatinya Suzuki punya banyak produk yang potensial untuk dihadirkan di Indonesia. Selain menawarkan desain keren, teknologi yang dibawanya pun tak kalah dengan produk kompetitor.

Yang terbaru ada Haojue XCR 300 2022, naked bike terbaru yang akan meluncur bulan September 2022 ini. Secara bentuk dan kapasitas mesin, motor ini cocok untuk bertarung dengan Yamaha MT-25 dan KTM Duke 250 di Indonesia.

Nah, seperti apa sih sosok Haojue XCR 300 ini?

Apa yang pertama kali terbayang saat melihat sosok motor ini? Yup, tampilannya layaknya moge bergaya streetfighter. Motornya terlihat padat pada bagian depan, mulai dari tangki, shroud tangki, mesin hingga cover bodi tengah terlihat berisi.

Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main

Lampu berdesain agresif dengan posisi rendah.

Lampu depannya punya bentuk agresif dengan posisi yang rendah dan nampak tipis, serta pastinya sudah menggunakan lampu LED serta LED DRL. Sepintas mirip bentuk lampu khas Sugomi ala naked bike Kawasaki Z Series. Semua lampu sudah LED ya.

Tampilan buritan dibuat ramping dan lebih pendek dari ujung roda belakang, ciri khas motor streetfighter. Kesan moge semakin kuat, lantaran motor ini dibekali knalpot ganda, yang mengisi tiap sisi motor.

Baca juga : Rekam 5 Tahun Perjalanan Suzuki GSX-R150, Mendunia berkat DNA MotoGP

Tampak belakang padat dengan knalpot ganda.

Dimensi dari Haojue XCR 300 ini mencapai 2.110 mm, lebar 770 mm dan tinggi 1.100 mm. Sumbu roda 1.420 mm dan berat isi 179 kg. Bobotnya ini rata-rata motor sport 250 cc yang ada di Indonesia.

Area kaki-kaki pun nampak padat berkat penggunaan suspensi depan upside down, rem depan cakram ukuran 290 mm dan ban ukuran 110/70-17. Lantas untuk suspensi belakang tipe monosok dengan rem cakram 240 mm dan mengandalkan ban 140/70-17.

Baca juga : Mantap! Suzuki GSX-R125 Buatan Indonesia Sukses Kuasai Balap Ketahanan Inggris

Ban standar pakai Pirelli Diablo Rosso III.

Yang patut dicatat, untuk pengereman sudah mengandalkan rem ABS. Dan tak kalah keren, ban yang digunakan adalah Pirelli Diablo Rosso III, yang dikenal sebagai ban kualitas premium dan grip yang terbilang baik.

Sebagai tenaga penggerak, Haojue XCR 300 dibekali mesin 4-tak, 2 silinder inline, dengan pendingin cairan. Kapasitas mesin murninya mencapai 298cc berkat piston ukuran 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm.

Lekuk bodinya khas motor streetfighter.

Tenaganya yang mampu dihasilkan mencapai 29,2 PS pada putaran mesin 8.500 rpm serta torsi 27,8 Nm di 6.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menuju roda belakang melalui transmisi manual 6 speed.

Baca juga : Simak Keunggulan Suzuki GSX-R150 2021 Dibanding Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R

Kesimpulan

Secara tampilan, rasanya Haojue XCR 300 ini mampu memenuhi selera konsumen Indonesia. Sosok motornya agresif dan gagah, serta punya fitur mumpuni seperti lampu sudah full LED, panel meter digital dan rem cakram dengan ABS.

Cocok bersaing dengan Yamaha MT-25 dan KTM Duke 250 nih.

Andai PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berani memboyongnya tentu akan menarik, setelah sebelumnya dilakukan penyesuaian kapasitas mesin jadi 250cc. Terlebih jika harga jualnya bisa bersaing dengan pemain sekelas seperti Yamaha MT-25 yang berada diangka Rp 50 jutaan.

Bagaimana menurut kalian?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha MT-25
Lihat