Asal-Usul Istilah V4 di Yamaha R15 2022, Ternyata Begini Awalnya

Pekan ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis dua tipe Yamaha R15 2022, yakni Yamaha R15 Connected 2022 dan Yamaha R15M Connected-ABS 2022. Sebelumnya, diprediksi motor tersebut akan mengusung nama Yamaha R15 V4 2022.

Nama Yamaha R15 V4 2022 dipakai di India

Ada alasan kenapa Yamaha R15 V4 2022 sering disebut oleh para penggemarnya. Tentu bukan karena motor berjenis sport fairing tersebut mengusung mesin berkonfigurasi V4. Ditilik dari generasi yang hadir di Indonesia pun, Yamaha R15 2022 baru memasuki versi ke-3. Lalu bagaimana sejarah singkatnya?

Berawal Dari India

Ternyata istilah Yamaha R15 V4 2022 merujuk pada model yang hadir lebih dulu di India. Karena India adalah negara pertama yang menjual Yamaha R15 di dunia.

Di India, Yamaha R15 sudah masuk versi ke-4

Dan di sana, selain menjadi nama resmi, istilah Yamaha R15 V4 2022 juga menjadi simbol jika motor tersebut sudah memasuki versi ke-4 dari keluarga Yamaha R15. Karena itu tersemat istilah 'Version 4.0' yang disingkat menjadi V4.

Baca Juga: Cek Daftar Perubahan Yamaha R15 2022, Makin Berteknologi Tak Cuma Ganti Bodi

Generasi Pertama Tidak Dijual Di Indonesia

Generasi pertama Yamaha R15 dijual di India mulai tahun 2008, atau setahun setelah kelahiran naked bike Yamaha V-Ixion di Indonesia. Keduanya ternyata saling berkaitan.

Di mana basis sasis, mesin, kaki-kaki hingga bodi Yamaha R15 generasi pertama, atau Yamaha R15 V1.0 saling berbagi dengan Yamaha V-Ixion. Seperti bisa dilihat dari bentuk sasis deltabox bahkan bodi dan lampu belakangnya pun identik dengan kepunyaan Yamaha V-Ixion, termasuk joknya yang panjang.

Sedangkan perbedaan jelas terlihat dari penggunaan fairing yang menampilkan headlamp split besar bersudut tajam yang modelnya mengikuti aksen dari moge Yamaha R6. Selain itu, velg palang lima yang masih mirip Yamaha V-Ixion sudah dibekali rem cakram di kedua roda. Sementara Yamaha V-Ixion rem belakangnya masih tromol.

Mesin Yamaha R15 V1.0 pun persis dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia. Yaitu 150 cc SOHC berpendingin cair yang dilengkapi dengan sistem injeksi. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 17 PS di 8.500 rpm sedangkan torsi maksimalnya mencapai 14,5 Nm di kitiran 7.500 rpm.

Yamaha R15 V1.0 tidak hadir di Indonesia

Mesin empat katup tersebut memiliki sedikit perbedaan di transmisinya. Di mana Yamaha R15 V1.0 sudah memakai 6-speed dan Yamaha V-Ixion lawas masih setia dengan 5-speed.

Sayangnya saat itu Yamaha Indonesia masih enggan menghadirkan Yamaha R15 V1.0 di Tanah Air karena masih memiliki jagoan di segmen motor sport, yakni Yamaha Scorpio 225 dan tentu Yamaha RX-King sebagai wakil di kelas 2-tak.

Baca Juga: Biar Tak Penasaran, Ini Bedanya Yamaha R15 2022 Indonesia Dengan Versi India

Evolusi Yamaha R15 Di India

Menilik evolusi Yamaha R15 pasca generasi ke-2, atau Yamaha R15 V2.0 di India, maka waktu penyegarannya tak jauh beda dari Indonesia, yang saat itu hadir tahun 2014.

Yamaha R15 V3 di India tanpa suspensi depan up side down

Ubahan kala itu berkutat pada bagian buntut yang sudah menganut bodi berundak dan jok terpisah. Bagian kaki-kaki juga lebih kekar dengan palang lima ganda. Meski demikian spek mesinnya tetap sama seperti pendahulunya.

Kemudian ada Yamaha R15 V3 yang justru lahir lebih dulu di Indonesia pada tahun 2017. Hal ini cukup membuat penggemar Yamaha di India gerah. Karena selain telat mengaspal sekitar satu tahun dari di Indonesia, versi di sana juga belum dibekali dengan suspensi depan up side down.

Hal ini dibalas oleh produk Yamaha R15 V4 2022 yang mengaspal bulan September 2021 di India. Baru pada bulan Desember 2021 ini, Yamaha Indonesia merilis produk tersebut dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dari di India.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha YZF R15
Lihat