Harga Bekas Yamaha Mio Karbu Mulai 'Digoreng'? Tenang, Stok Melimpah Harganya Tetap Murah

Yamaha Mio karbu juga dijual di luar negeri
  • Harganya bisa murah tergantung kondisi.
  • Harga mahal biasanya sudah direstorasi.

Nggak sedikit penjual Yamaha Mio generasi pertama, alias Mio karbu yang coba berspekulasi menjual unit bekasnya dengan harga selangit. Dengan jargon "Yang Tau-tau Aja", banderol Yamaha Mio karbu bisa mencapai Rp 7-9 jutaan.

Kebanyakan kondisi motor yang dijual mahal itu sudah direstorasi atau dikembalikan ke tampilan standarnya seperti baru.

Ada juga mengalami sedikit modifikasi dengan spare parts aftermarket mahal. Tak sedikit juga yang menawarkan dengan warna unik, seperti biru telur asin atau kuning yang merupakan warna asli generasi awal Yamaha Mio.

Harga Yamaha Mio Karbu

Di sisi lain, harga Yamaha Mio lawas secara umum sebenarnya terjangkau. Terpantau dari situs jual beli online, banderol dari motor yang dijual antara tahun 2003-2013 ini mulai dari Rp 3 jutaan.

Kalau sudah rapi, harganya dijamin tinggi

Harga tersebut berlaku untuk generasi pertama dan varian Mio Smile dalam kondisi apa adanya, bahkan pajak mati. Sedangkan untuk yang tinggal pakai, harganya bisa mencapai Rp 4,5-6 jutaan.

Namun seperti disebut sebelumnya, ada juga yang menjualnya di atas Rp 7 jutaan, terkait dengan kondisinya yang sudah direstorasi. Jadi cukup banyak opsi yang bisa Anda pilih sesuai budget dan kebutuhan jika memang ingin motor ini mengisi garasi rumah.

Sekilas Sejarah Yamaha Mio Karbu

Ditilik dari sejarahnya, Yamaha Mio karbu sempat jadi rajanya skuter matic di Indonesia. Tepatnya sejak awal kehadirannya di tahun 2003 silam. Awalnya motor tersebut diperuntukan bagi kaum wanita.

Hal tersebut terwakili lewat jargon 'Wanita Jangan Mau Ketinggalan'. Sementara untuk kaum pria, tersedia motor jenis bebek atau Yamaha Nouvo di segmen skuter matic.

Yamaha Mio Sporty

Namun seiring waktu, banyak juga kaum pria yang menggemari Yamaha Mio. Sehingga setahun kemudian lahirlah Yamaha Mio Sporty yang punya grafis lebih maskulin dengan penggunaan velg palang. Perbedaan juga hadir di besi behelnya yang lebih kokoh.

Sebagai catatan, desain velg 14 inci tersebut tak lekang zaman, termasuk dipakai oleh skuter matic anyar Yamaha saat ini, Gear 125. Penampilan yang cukup apik dengan kepraktisannya saat digunakan membuat Yamaha Mio sukses jadi idola.

Belum lagi sokongan pilihan warna yang menarik dan dimensinya yang kompak, membuat Yamaha Mio dilirik baik pria dan wanita. Kala itu tak banyak pilihan matic entry level sebelum Honda menghadirkan BeAT.

Suksesnya Yamaha Mio Sporty diteruskan oleh Yamaha Mio 'Smile' mulai 2008. Memang bukan nama resminya, tapi julukan itu melekat berkat hadirnya panel lampu senja yang menyambung diantara kedua lampu sein. Sehingga membuat tampilan depannya seolah sedang tersenyum.

Meski sempat akan digusur oleh kehadiran Yamaha Mio J yang sudah mengadopsi teknologi injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) di 2012, nyatanya penggemar Yamaha Mio 'Smile' masih ada. Sehingga produksinya baru benar-benar selesai pada tahun 2013.

Spesifikasi Yamaha Mio Karbu

Menelisik speknya, Yamaha Mio sejak awal dihadirkan dengan mesin 115 cc SOHC berpendingin udara dengan sokongan kipas. Mesin tersebut dibekali dengan karburator Keihin model NCV24 dan kompresi 8,8:1.

Dulunya didesain untuk wanita

Hasilnya tersembur tenaga sebesar 8,7 PS dan torsi 7,84 Nm yang disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatik CVT. Mesin itu tertanam baik di generasi Yamaha Mio Sporty hingga ke tipe Mio 'Smile'.

Mesin ini dikenal lincah dan punya performa yang lebih dari cukup untuk sehari-hari. Namun karena masih karburator, tentu konsumsi bahan bakarnya tak begitu irit. Apalagi tangki bahan bakar Yamaha Mio juga kecil, sehingga terasa boros.

Nah, ada yang sedang berburu Yamaha Mio karbu juga?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Mio S
Lihat