Persaingan segmen motor sport 150 cc semakin sengit. Kompetisi kelas ini melibatkan tiga pabrikan asal Jepang, dengan andalannya masing-masing. Setiap produk pun memiliki daya tarik berbeda-beda.
Yamaha sebagai salah satu pabrikan yang meramaikan, terus memanaskan persaingan. Setelah kehadiran Suzuki GSX-R150 dan update yang dilakukan Honda pada Honda CBR150R, Yamaha melawan balik.
Tahun lalu pabrikan garpu tala itu menghadirkan generasi terbarunya yakni Yamaha R15 Connected dan Yamaha R15M Connected-ABS. Yup, motor sport tersebut akhirnya hadir dengan dua varian dan ada teknologi ABS-nya.
Baca juga : Kulik Isi Spidometer Yamaha R15M Connected-ABS 2022, Beneran Mirip Moge!
Tentunya update yang dilakukan Yamaha terhadap jagoannya ini terhitung besar. Desain misalnya, tampangnya kini merujuk pada gaya desain R Series terbaru yang terinspirasi dari Yamaha R7.
Fascia depannya diisi sebuah lampu projector dengan LED, juga sepasang LED DRL yang mengapit. Bentuk fairingnya semakin menegaskan kesan sporty khas motor full fairing.
Meski begitu perubahan yang diberikan masih menyisakan desain lawas pada bagian tengah sampai belakang motor. Bentuk buritan masih mirip Yamaha R15 generasi sebelumnya, yang ala-ala Yamaha R1.
Dan begitu pula saat melongok area dapur pacunya, yang masih percayakan mesin lawas. Spesifikasinya 155 cc, 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan teknologi VVA.
Mesin ini pakai diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,7 mm, sehingga menghasilkan kapasitas mesin 155,1 cc. Perbandingan kompresinya 11,6:1 dengan klaim tenaga masikmal 19,3 ps di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.
Baca juga : Yamaha R15M Connected-ABS 2022 Punya Karakter Tenaga Merata, Seberapa Irit Konsumsi Bensinnya?
Sistem kopling manual dengan sokongan Assist & Slipper Clutch masih dipertahankan. Tapi kini ketambahan Quick Shifter khusus Yamaha R15M Connected-ABS, agar perpindahan gigi lebih cepat tanpa perlu harus menarik tuas kopling.
Tapi Quick Shifter yang digunakan hanya bisa untuk menaikan gigi saja, sedangkan menurunkan gigi tetap pakai kopling. Ini karena throttle body masih pakai kabel konvensional, belum throttle by wire jadi tidak bisa auto blipping.
Nah dengan ubahan desain dan penambahan fitur, seperti apa performa mesinnya ini? Diukur menggunakan Racebox yang berbasis satelit, dan dikendarai test rider berpostur 172 cm dan bobot 75 kg hasilnya tergolong impresif.
Baca juga : Cek Lagi Daya Tarik Yamaha R15M Connected-ABS 2022, Rp 40 Jutaan Dapat Apa?
Dari posisi diam sampai 60 km/jam hanya butuh waktu 4,68 detik. Kemudian 0-80 km/jam butuh 7,87 detik. Lalu dari 0-100 km/jam memerlukan waktu 12,73 detik. Untuk jarak 0-402 meter tercatat 18,43 detik.
Tapi soal top speed, di spidometer motor bisa tembus 138 km/jam. Sedikit lebih lambat dibanding saat kami mencobanya di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu yang sentuh 140 km/jam. Lalu top speed dari Racebox terbaca 126,23 km/jam.
Data Akselerasi Yamaha R15M Connected-ABS | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 4,68 detik | |
0-80 km/jam | 7,87 detik | |
0-100 km/jam | 12,73 detik | |
0-100 meter | 7,43 detik | |
0-200 meter | 11,53 detik | |
0-402 meter | 18,43 detik | |
Top Speed Racebox | 126,23 km/jam | |
Top Speed Spidometer | 138 km/jam |
Meski pakai jantung pacu lawas, namun kinerjanya masih mumpuni untuk menggerakkan generasi terbaru Yamaha R15 ini. Apalagi pada versi teratas juga sudah dijejalkan fitur Quick Shifter dan Traction Control.
Tapi patut diingat, hal itu pula yang membuat motor ini jadi lebih berat dibandingkan versi R15 Connected biasa. Dan tentunya berdampak pada raihan top speed, seperti yang kami alami saat test ride di sirkuit Sentul.
Spesifikasi Yamaha R15 2022 | ||
---|---|---|
R15 Connected | R15M Connected-ABS | |
Dimensi | ||
PxLxT | 1.990 x 725 x 1.135 mm | |
Sumbu Roda | 1.325 mm | |
Tinggi Jok | 815 mm | |
Jarak Terendah | 170 mm | |
Tangki | 11 liter | |
Berat Isi | 137 kg | 140 kg |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan, VVA | |
Kapasitas | 155,09 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 19,3 PS @ 10.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 8.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Detlabox | |
Suspensi Depan | Upside down | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Roda Depan | 100/80-17 | |
Roda Belakang | 140/70-17 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |