Pakai Mesin Lama, Segini Catatan Performa Yamaha R15M Connected-ABS 2022

Mesin masih pakai yang lama.
  • Mesin lawas tetap dipertahankan.
  • Ada tambahan fitur Quick Shifter.
  • Bobot lebih berat darii versi biasa.

Persaingan segmen motor sport 150 cc semakin sengit. Kompetisi kelas ini melibatkan tiga pabrikan asal Jepang, dengan andalannya masing-masing. Setiap produk pun memiliki daya tarik berbeda-beda.

Yamaha sebagai salah satu pabrikan yang meramaikan, terus memanaskan persaingan. Setelah kehadiran Suzuki GSX-R150 dan update yang dilakukan Honda pada Honda CBR150R, Yamaha melawan balik.

Perubahan Besar Yamaha R15

Tentunya update yang dilakukan Yamaha terhadap jagoannya ini terhitung besar. Desain misalnya, tampangnya kini merujuk pada gaya desain R Series terbaru yang terinspirasi dari Yamaha R7.

Fascia depannya diisi sebuah lampu projector dengan LED, juga sepasang LED DRL yang mengapit. Bentuk fairingnya semakin menegaskan kesan sporty khas motor full fairing.

Tampak depannya berubah total.

Meski begitu perubahan yang diberikan masih menyisakan desain lawas pada bagian tengah sampai belakang motor. Bentuk buritan masih mirip Yamaha R15 generasi sebelumnya, yang ala-ala Yamaha R1.

Masih Andalkan Mesin Lawas

Dan begitu pula saat melongok area dapur pacunya, yang masih percayakan mesin lawas. Spesifikasinya 155 cc, 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan teknologi VVA.

Mesin ini pakai diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,7 mm, sehingga menghasilkan kapasitas mesin 155,1 cc. Perbandingan kompresinya 11,6:1 dengan klaim tenaga masikmal 19,3 ps di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Baca juga : Yamaha R15M Connected-ABS 2022 Punya Karakter Tenaga Merata, Seberapa Irit Konsumsi Bensinnya?

Mesin lawas dikenal kuat dan irit.

Sistem kopling manual dengan sokongan Assist & Slipper Clutch masih dipertahankan. Tapi kini ketambahan Quick Shifter khusus Yamaha R15M Connected-ABS, agar perpindahan gigi lebih cepat tanpa perlu harus menarik tuas kopling.

Tapi Quick Shifter yang digunakan hanya bisa untuk menaikan gigi saja, sedangkan menurunkan gigi tetap pakai kopling. Ini karena throttle body masih pakai kabel konvensional, belum throttle by wire jadi tidak bisa auto blipping.

Akselerasi Masih Mumpuni

Nah dengan ubahan desain dan penambahan fitur, seperti apa performa mesinnya ini? Diukur menggunakan Racebox yang berbasis satelit, dan dikendarai test rider berpostur 172 cm dan bobot 75 kg hasilnya tergolong impresif.

Baca juga : Cek Lagi Daya Tarik Yamaha R15M Connected-ABS 2022, Rp 40 Jutaan Dapat Apa?

Yamaha R15M Connected-ABS punya kinerja mumpuni.

Dari posisi diam sampai 60 km/jam hanya butuh waktu 4,68 detik. Kemudian 0-80 km/jam butuh 7,87 detik. Lalu dari 0-100 km/jam memerlukan waktu 12,73 detik. Untuk jarak 0-402 meter tercatat 18,43 detik.

Tapi soal top speed, di spidometer motor bisa tembus 138 km/jam. Sedikit lebih lambat dibanding saat kami mencobanya di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu yang sentuh 140 km/jam. Lalu top speed dari Racebox terbaca 126,23 km/jam.

Data Akselerasi Yamaha R15M Connected-ABS
0-60 km/jam 4,68 detik
0-80 km/jam 7,87 detik
0-100 km/jam 12,73 detik
0-100 meter 7,43 detik
0-200 meter 11,53 detik
0-402 meter 18,43 detik
Top Speed Racebox 126,23 km/jam
Top Speed Spidometer 138 km/jam

Kesimpulan

Meski pakai jantung pacu lawas, namun kinerjanya masih mumpuni untuk menggerakkan generasi terbaru Yamaha R15 ini. Apalagi pada versi teratas juga sudah dijejalkan fitur Quick Shifter dan Traction Control.

Tapi patut diingat, hal itu pula yang membuat motor ini jadi lebih berat dibandingkan versi R15 Connected biasa. Dan tentunya berdampak pada raihan top speed, seperti yang kami alami saat test ride di sirkuit Sentul.

Spesifikasi Yamaha R15 2022
  R15 Connected R15M Connected-ABS
Dimensi
PxLxT 1.990 x 725 x 1.135 mm
Sumbu Roda 1.325 mm
Tinggi Jok 815 mm
Jarak Terendah 170 mm
Tangki 11 liter
Berat Isi 137 kg 140 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan, VVA
Kapasitas 155,09 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 19,3 PS @ 10.000 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 8.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Detlabox
Suspensi Depan Upside down
Suspensi Belakang Monosok
Roda Depan 100/80-17
Roda Belakang 140/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha R15
Lihat