Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini

  • Bisa buat touring dan harian.
  • Pemasangannya khusus agar lebih awet.

Melakukan perjalanan bermotor jarak jauh seperti touring atau untuk kebutuhan mobilitas harian, kenyamanan berkendara mutlak dibutuhkan. Banyak cara untuk menambah kenyamanan di motor. Salah satunya menambah bahan latex di jok.

Penggunaannya dikenal luas di kalangan pecinta touring dan pemotor harian karena banyak hal positif yang didapatkannya. Mulai dari menambah empuk jok hingga membuat awet busa, karena lapisan karet tersebut terbilang awet.

Lapisan latex (berpori)

Seperti dikatakan oleh Andre dari bengkel jok motor Black Sweet di Kampung Makassar, Jakarta Timur. Menurutnya penggunaan bahan latex banyak dipilih oleh penggemar touring dengan matic gambot seperti Yamaha NMax dan Honda PCX.

Tapi tak sedikit juga pengguna harian yang menambah bahan latex untuk tunggangannya. "Kebanyakan pengguna skuter matic Honda seperti Beat atau Vario yang pasang latex. Karena busa jok bawaannya tipis dan keras," paparnya.

Baca Juga: Kejutan, Kawasaki Pamer Motor Hybrid dan Listrik di Suzuki 8 Hours

Cara Pasang Khusus 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan awet, Andre mengatakan jika ada cara pasang yang berbeda dari penambahan busa biasa. Di mana lapisan latexnya ditanam di bagian tengah jok.

Bagian latex ditanam di tengah busa

Jadi lapisan latex tersebut nantinya akan dipasang busa lagi di atasnya. Hal ini dilakukan supaya empuknya lebih awet dan bentuk jok masih terjaga. 

"Kalau latex dipasang langsung bagian atas, jadinya sulit dibentuk karena tekstur jok akan kayak bantal. Selain itu, jok juga cepat kempes, karena latex langsung ketemu lapisan kulit dan ikut tertarik ke bawah," urai Andre.

Biaya Mulai Rp 400 Ribuan

Soal biaya pasang latex, Andre mematoknya berdasarkan jenis motor. Karena berpengaruh pada banyak atau tidaknya bahan yang dipakai. Semisal untuk motor kecil seperti Honda Beat atau Yamaha Mio banderolnya Rp 400 ribu. Sedangkan Yamaha NMax dan Honda PCX kena Rp 450 ribu. 

Baca juga : Bikers Pemula Jangan Anggap Sepele Motor Matic, Salah-Salah Bisa Celaka!

Bisa dikombinasikan dengan motif jok custom

Bisa juga dikreasikan dengan lapisan kulit model custom yang menghadirkan tampilan unik. Banderolnya pun berbeda, contohnya untuk bahan kulitnya saja, Yamaha NMax kena Rp 650 ribu untuk bahan busa biasa dengan lapisan MB Tech. 

Sedangkan penambahan latex dibanderol Rp 250 ribu. Jadi totalnya Rp 900 ribu. Waktu pengerjaannya pun berbeda. "Untuk jok custom paling cepat pengerjaannya 5 hari. Kalau request versi warna, bisa sampai seminggu dengan biaya lapisan kulit jok saja Rp 800 ribuan," pungkas pria berkacamata ini.

Berminat?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat