Yamaha Grand Filano Hadir, Bagaimana Nasib Yamaha Fino?

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected mengedepankan desain retro.
  • Walau lebih dulu mengedepankan tema klasik, Yamaha Fino tidak disertakan dalam kategori Classy Yamaha.
  • Sejak 2020, belum ada lagi pembaruan terhadap Yamaha Fino.

Kehadiran Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023, memberikan suasana baru pada etalase produk Yamaha Indonesia. Selain menawarkan kekinian ihwal fitur dan teknologi, matic 125 cc ini juga tampil dengan desain retro. Namun, cuma dirinya yang diplot mendampingi Yamaha Fazzio 2023 di kategori Classy Yamaha. 

Cukup menggelitik di mana Yamaha Fino tidak turut disertakan. Padahal, suguhan serupa nyatanya sudah lebih dulu disajikan motor tersebut. Kesan klasik Fino kentara via bentuk tubuh membulat yang bahkan menjalar hingga ke area panel meter. Pertanyaannya, apakah keberadaan Yamaha Grand Filano 2023 menjadi penanda disuntik matinya Yamaha Fino?

Perjalanan Yamaha Fino

Sekadar pengingat, Yamaha Fino pertama kali meluncur pada 2012 silam dengan nama Mio Fino. Kali itu, sistem pengabutan bahan bakar yang dipakai masih karburator. Baru lah dua tahun setelahnya, pihak pabrikan merilis Fino versi injeksi (YMJet-FI). 

Meluncur pertama kali dengan nama Yamaha Mio Fino.

Baca juga: Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Meluncur, Fino Langsung Tergusur?

Pada 2016, Yamaha Fino benar-benar bersolek. Tak lagi menggandeng Mio, saat itu nama Fino diusung sebagai identitas murni sang produk. Di versi ini pula Yamaha Fino mendapatkan berbagai pembaruan. Mulai dari peningkatan mesin yang sebelumnya 113 cc menjadi 125 cc hingga sematan teknologi Bluecore. 

Bahkan, setahun berikutnya Yamaha Indonesia menawarkan opsi lampu depan LED dan fitur Stop & Start System (SSS) pada varian tertinggi (Yamaha Fino Grande). Namun setelahnya, tak ada lagi pengembangan dari Yamaha Fino selain penyegaran terkait warna semata.

Yamaha Fino bakal Diskontinu?

Selang beberapa tahun tepatnya Januari 2023, Yamaha Indonesia justru merilis Yamaha Grand Filano Connected Hybrid. Bisa jadi kedatangannya bakal memicu Yamaha Fino diskontinu. Terlebih Grand Filano punya penampilan yang mungkin digemari pasar Tanah Air. 

tipe tertinggi Yamaha Fino mendapatkan fitur Start & Stop System.

Baca juga: Dijual Lebih Mahal, Ini Tujuh Keunggulan Honda Scoopy Dibanding Yamaha Fino 125

Akan tetapi, Yamaha Indonesia enggan menyuntik mati motor tersebut. "Fino saat ini tetap banyak pecintanya dan tetap kita produksi terus. Dari sisi appearance-nya (dibanding Grand Filano) berbeda. Dan customer Fino itu lebih (suka) ke desain yang klasik. Agak berbeda dengan Grand Filano. Fino akan produksi terus," kata Dyonisius Beti, Presiden Direktur & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Matic ala Retro Termurah Yamaha

Boleh jadi benar Yamaha Indonesia masih memproduksi Yamaha Fino. Wujudnya pun masih terpampang di laman situs resmi mereka, meski rasanya hanya segelintir saja keberadaannya di jaringan penjualan Yamaha. Walau demikian, Yamaha Fino masih ideal untuk penggemar motor bertampang klasik. 

Menilik kepada katalog yang tersedia, Yamaha Fino menawarkan tiga varian. Paling basic, ada Yamaha Fino Sporty yang dijual Rp 19.980.000. Banderol tersebut sama dengan Yamaha Fino Premium. Sementara varian ketiga, Yamaha Fino Grande dijual Rp 21.140.000 (on the road Jakarta). Harga ini lebih murah dari Yamaha Fazzio maupun Yamaha Grand Filano.

Yamaha Fino dijual mulai Rp 19 jutaan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Yamaha Fino 125 2023 Pas Untuk Pengendara Wanita

Nominal tersebut memang ramah, tapi selaras pula dengan penawarannya. Sebut saja panel meter analog, lampu sein belum LED sampai ban berukuran 14 inci. Jika tetap diproduksi, tentu menarik jika ada pengembangan lanjutan terhadap Yamaha Fino. Misal, pengaplikasian ban 12 inci sebagaimana penyajian pada Yamaha Fazzio atau Grand Filano. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Fino 125
Lihat