Sebab Motor Bebek Yamaha Jadi Favorit di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Dealer memajang motor bebek.
  • Motor bebek dipilih karena tangguh.
  • Banyak dipakai untuk perkebunan.
  • Kondisi jalan juga jadi alasan.

Secara nasional penjualan motor bebek memang semakin mengecil, angkanya hanya 5 persenan saja dari total market share secara nasional.

Penjualan motor underbone pun kini lebih banyak ke daerah-daerah luar Jawa, salah satunya di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat (Kalbar).

Saat melakukan perjalanan XMax Tour de Borneo (23/9/2023) menuju perbatasan dengan rute Pontianak-Singkawang-Sambas, kerap ditemui motor bebek seperti Yamaha Jupiter Series.

Motor-motor ada yang ditemukan dalam kondisi standar, ada yang dipakai untuk membawa keranjang sayur, bahkan ada yang dipakaikan ban tapak kasar ala motor trail.

Baca juga : Melambung! Harga Bebek Langka Kawasaki ZX130 Tembus Rp 20 Juta

Menurut Ardyanto, GM Sales PT Aneka Makmur, Main Dealer Yamaha Kalbar, hal ini dikarenakan masyarakat setempat menyukai ketangguhan motor bebek.

Yamaha MX King 150 juga banyak peminat.

"Wilayah sini motor bebek seperti Jupiter Z memang masih ramai, banyak yang diubah jadi motor trail untuk perkebunan," katanya.

Daerah yang ramai pengguna motor bebek pun lebih ke daerah hulu, seperti Sanggau, Sintang, Sekadau, Putussibau, Melawi, Sambas dan Bengkayang.

Konsumen Tak Peduli Tipe dan Warna

Masih menurut Ardyanto, karakter konsumennya pun tak meributkan tampilan motor yang ingin dibelinya, misal soal warna juga tipenya.

Karena toh konsumen bisa memiliki motor yang tangguh, praktis dan bisa dipakai kemana saja, mengingat kondisi jalan yang tak selalu mulus.

Baca juga : Ngegas Honda CT125, Begini Rasanya Motor Bebek Termahal di Indonesia

Meski memiliki 79 dealer di wilayah Kalbar, namun main dealer setempat juga bekerjasama dengan bengkel mitra untuk melayani konsumen.

Warna terbaru Yamaha Jupiter Z1 sering terlihat di wilayah Sambas.

"Makanya perbaikan dan perawatan jadi lebih mudah, jadi untuk perawatan bersifat fast moving pasti aman seperti ganti oli, kampas rem, itu kita jamin," pugkasnya.

Yamaha Jupiter Z1 dibekali dengan mesin 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dengan sistem pengabutan injeksi bahan bakar.

Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 10 PS diputaran mesin 7.750 rpm dengan torsi puncak 9,8 Nm diputaran mesin 6.750 rpm.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Cuma di Kalimantan Barat, Yamaha WR 155 R Punya 3 Varian

Ada tiga varian, termasuk varian standar pabrik. Modifikasi lebih simpel. Motor trail Yamaha WR 155 R dirilis sejak akhir tahun 2019 lalu di Jakarta, yang sekaligus menjadi motor trail 150 cc paling muda. Yup, karena sebelumnya segmen ini telah diisi oleh Kawasaki KLX 150 dan juga Honda CRF150L, yang juga dari sesama pemain asal Jepang. Motor ini pun tampil gagah, dengan bentuk yang menjulang tinggi ala motor trail. Kemudian yang menarik, adalah sokongan dapur pacu miliknya. Sokongan mesin 4-tak

Menang di MotoGP India, Bezzecchi bikin Gap 8 Detik!

Bezzecchi sudah memperlihatkan kecepatannya setelah meraih pole position. Jorge Martin hanya berjarak 13 poin dengan Bagnaia. Marco Bezzecchi membalap dalam level berbeda di MotoGP India, Minggu (24/9/2023). Tak sekadar memenangkan balapan, ia bahkan mampu memberikap gap sangat jauh dengan pembalap lain. Keunggulan itu pun sudah terlihat di mana joki tim Mooney VR46 mencatatkan diri sebagai pole man di Buddh International Circuit. Baca juga: Marquez kian Dekat dengan Tim Gresini, Ada Pengumuman

Marquez kian Dekat dengan Tim Gresini, Ada Pengumuman Penting di Jepang

Marquez kabarnya sudah menentukan pilihan untuk membalap bersama tim Gresini Racing. Honda dan Marquez sedang mencari jalan keluar terbaik. Rumor Marc Marquez meninggalkan Honda semakin santer. Bahkan di gelaran MotoGP India, dirinya disebut-sebut kian dekat dengan tim Gresini Racing. Kabar itu sendiri diungkap langsung oleh Sky Sport. Diungkapkan bahwa Marquez malah sudah menentukan pilihan untuk membalap bersama tim satelit Ducati tersebut. Artinya, pada MotoGP 2024 nanti Marquez bakal menungg

Gak Kompak, Marquez dan Mir Beda Pendapat Soal Prototipe 2024

Repsol Honda menguji motor prototipe terbaru di tes Misano. Marquez dan Mir tidak satu suara soal motor baru Honda. Pasca tes di Misano, ada yang menarik dari pernyataan kedua pembalap Repsol Honda. Baik Marc Marquez maupun Joan Mir rupanya berbeda pendapat soal Honda RC213V terbaru. Kali itu, semua tim termasuk Honda melakukan pengujian terhadap prototipe 2024. Yang mana, bertujuan sebagai persiapan untuk menghadapi MotoGP 2024. Debut tes Honda RC213V 2024 sendiri dilakukan oleh empat pembalap

Dua Girboks Rusak, Quartararo: Sudah Cukup Pengetesannya!

Quartararo hanya menjalani 10 lap pada latihan pertama. Berhasil menembus Q2 dengan girboks lama. Fabio Quartararo mampu lolos ke fase Q2 setelah menjalani sesi latihan MotoGP India, Jum'at (22/9/2023). Namun, dirinya merugi lantaran sempat mengalami kendala teknis. Saat latihan pertama, pembalap Monster Energy Yamaha hanya bisa menyelesaikan 10 lap saja. Padahal, kali itu sangat penting untuk melahap banyak putaran. Tak lain dan bukan, tujuannya tentu saja untuk memahami lebih dalam soal karakt

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Jupiter Z1
Lihat