XMax Tour de Borneo, Libas 2.000 Km Lebih Jalur Trans Kalimantan

Yamaha XMax Tour de Borneo singgah di Singkawang.
  • Jarak tempuh total lebih dari 2.000 km.
  • Perjalanan selama 10 hari.
  • Singgah di Maxi Day 2023 di Singkawang.

Rangkaian Navigate to The Max, XMax Tour de Borneo telah usai, dengan etape terakhir berada di wilayah Kalimantan Barat pada Sabtu (24/9/2023) kemarin.

Kegiatan ini melibas lebih dari 2.000 km jalur trans Kalimantan, dengan etape pertama Kalimantan Timur-Kalimantan Selatan.

Kemudian etape kedua Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah dan terakhir adalah etape ketiga Kalimantan Tengah-Kalimantan Barat.

"Touring ini mengeksplorasi aneka ragam budaya, masyarakat, kuliner hingga keindahan pulau Kalimantan," kata Harry, GM Sales & Marketing PT STSJ, Main Dealer Yamaha Kaltara, Kaltim, Kalteng dan Kalsel.

Berkunjung ke Ibu Kota Nusantara

Etape pertama berlangsung 15-18 September, dengan titik keberangkatan dari Sentral Yamaha Balikpapan. 

Tempuh jarak lebih dari 2.000 km.

Di hari pertama, tujuan touring mengarah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara yang memiliki medan jalan membelah hutan dengan kontur tanah perbukitan. 

Setelah itu, peserta juga mengunjungi Bukit Bangkirai yang merupakan Kawasan hutan konservasi tempat pelestarian flora dan fauna endemik khas pulau Kalimantan.

Baca juga : 350 Bikers Ramaikan Maxi Yamaha Day 2023 Kalimantan Barat

Perjalanan berlanjut ke asal selatan menuju Banjarmasin, Penajam Utara, Tanjung, Kandangan dan Banjarmasin, yang sekaligus mengeksplorasi spot wisata seperti Pasar Apung Siring, Tugu Bekantan, dan lainnya.

Etape Kedua Tempuh 700 Km

Memulai perjalanan dari Banjarmasin (18/9/2023), para rider yang terdiri dari perwakilan komunitas, konten kreator juga jurnalis langsung mengarah ke Palangkaraya.

Dalam perjalanan juga singgah dan foto bersama di sejumlah situs ikonik di setiap kota, antara lain Jembatan Basit (Sungai Alalak), Bundaran Kapuas, Jembatan Kahayan, dan Terowongan Nur Mentaya di Kota Sampit.

Lintasi landmark setiap daerah.

Kala menuju Sampit, rombongan sempat diguyur hujan yang membuat harus ekstra hati-hati, juga dibantu teknologi Traction control System pada motor.

Berturut-turut rombongan singgah di Kota Sampit, lalu hari berikutnya menuju Pangkalan Bun dengan jarak 236 km. Hari terakhir etape kedua bergerak menuju titik akhir di Lamandau (20/9/2023).

XMax Tour de Borneo Menuju Tapal Batas Negeri

Perjalanan melintasi wilayah Kalimantan Barat dimulai dari Lamandau di Kalimantan Tengah (21/9/2023), dengan jarak sekitar 500 km menuju Pontianak.

Kontur jalan naik-turun yang membelah hutan dan perkebunan sawit jadi tantangan tersendiri kala memacu Yamaha XMax generasi terbaru.

Pada Jumat (21/9/2023) perjalanan berlanjut menuju Singkawang, dan pada bagian inilah tim Autofun.co.id ikut serta melibas tanah Kalimantan.

Baca juga : Sebab Motor Bebek Yamaha Jadi Favorit di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Melewati daerah dengan ragam budaya.

Tugu Khatulistiwa, Klenteng Thai Pak Kung, Bukit Pangeran hingga kawasan Pecinan Marga Chia jadi destinasi yang disinggahi rombongan etape terakhir ini.

Pada hari ketiga (23/9/2023) rombongan bergerak menuju Aruk, yang merupakan tapal batas negeri Indonesia-Malaysia, yang sekaligus jadi titik ujung perjalanan XMax Tour de Borneo.

Etape ketiga sekaligus menjadi etape terjauh karena menempuh total perjalanan mencapai 832 km. Pada hari yang sama, rombongan mengakhiri perjalanan di kegiatan Maxi Yamaha Day 2023 area Kalbar di Singkawang.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Saudara Honda CB150R Kena Sentuhan MotoGP, Harganya lebih Murah

Dirilis menjelang MotoGP Bharat 2023. Mesinnya 184 cc berpendingin udara. Dalam menyambut MotoGP Bharat 2023 atau GP India pekan lalu, Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) merilis dua model edisi Repsol mereka dari varian Hornet 2.0 dan Dio 125. Meski bukan tipe sport fairing, keduanya tampil sporty berbalut livery tim balap Repsol Honda. Model yang cukup menarik adalah Honda Hornet 2.0 lantaran bertampang mirip dengan Honda CB150R Streetfire di Indonesia. Tsutsumu Otani, Managing Director, P

1.400 Bengkel Federal Oil Adu Mekanik di Mechanic Training Contest 2023

Kontes mekanik jadi bagian dari upaya Federal Oil meningkatkan kompetensi mekanik. Lebih dari 2.000 mekanik ikut serta. Federal Oil kembali menggelar sebuah kompetisi bertajuk Mechanic Training & Contest 2023. Di ajang berskala nasional kali ini, sebanyak 1.400 bengkel andil untuk mengadu para mekanik andalannya. Mengutip keterangan pihak PT Exxonmobil Lubricants (EMLI) selaku produsen oli Federal Oil, lebih dari 2.000 mekanik ikut berpartisipasi di acara tersebut. Mekanisme seleksi kompetisinya

Gak Cuma Tangki 23 Liter, Ini Daftar Fitur Andalan Yamaha Tenere 700 World Raid

Ditunjukan untuk penyuka turing dengan jarak tempuh jauh. Shockbreaker depan dan belakang punya jarak main panjang. Yamaha Tenere 700 hadir di Indonesia yang didatangkan langsung oleh beberapa Importir Umum (IU), salah satunya 2 Wheelers By Glamour Auto Boutique yang menghadirkan Tenere 700 dalam versi standar dan World Raid. Untuk varian World Raid dibanderol Rp 485 juta off the road yang mana lebih mahal dibanding varian standar, lantas apa saja fitur andalan dari Tenere 700 World Raid yang me

TVS Apache RTE Jadi Andalan Balap Motor Listrik Pertama di India

↵ Statusnya jadi balap nasional India. Motor listriknya belum dijual umum. Pabrikan motor asal India, TVS terus menunjukan pengembangan yang signifikan belakangan ini. Bukan hanya di Indonesia dengan sejumlah model dan diler baru, tapi juga di pasar global. Jika belum lama ini pabrikan berlogo kuda ini merilis naked bike bertampang garang, TVS Apache RTR 310, maka pekan lalu mereka mengenalkan program balap motor listriknya. Ajang balap tersebut berjuluk TVS Racing Electric One Make Championship

Peugeot Django 150 ABS Dilepas Rp 65 Juta, Jadi Lawan Berat Vespa?

Punya sensasi berkendara yang nyaman khas Django 150. Pakai desain grill juga DRL baru dengan lampu utama LED. Peugeot Motorcycles hadir kembali di Indonesia dinaungi langsung oleh Moto8 Group dengan langsung membawa line up andalannya yaitu Peugeot Django 150 ABS 2023. Tim AutoFun Indonesia pun sudah berkesempatan untuk menjajal secara langsung selama beberapa hari untuk merasakan sensasi berkendara motor yang punya harga jual Rp 65 juta ini. Beberapa pembeda Django 150 ABS di tahun 2023 ini bi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha XMax 250
Lihat