Alasan Tak Semua Daerah di Indonesia Bisa Nikmati Motor Listrik

Yamaha E01.
  • Pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik termasuk motor.
  • Infastrukur dan harga jadi pertimbangan.

Pemerintah terus mendorong penggunaan sepeda motor listrik agar penggunaan bahan bakar minyak yang menghasilkan emisi menjadi berkurang.

Namun begitu, motor yang dipercaya ramah lingkungan rupanya tidak serta merta bisa dinikmati langsung oleh masyarakat. 

Yamaha Nmax dan Yamaha E01

Hal ini juga dibenarkan langsung Joni Lee, General Manager Sales & Marketing PT Alfa Scorpii selaku Main Dealer Yamaha Aceh, Sumut, dan Kepulaun Riau.

Menurut dia, di kawasan Medan penggunaan sepeda motor listrik belum bisa berjalan dengan baik, sekalipun pemerintah menyerukan Aparatur Sipil Negara memilikinya.  

"Karena apa? Fasilitas untuk ngecas, infrastrukturnya saja belum ada," ungkap Joni saat ditemui awak media disela acara Yamaha Maxi Day 2023, akhir pekan. 

Ya, meski pemerintah telah mendorong penggunaan kendaraan listrik secara nasional, namun stasiun pengisian daya belum terealisasi dengan baik.

Selain belum adanya stasiun pengisian daya umum yang tersedia, masyarakat juga masih ragu karena tidak memiliki pengisian daya atau meteran khusus, termasuk wall charger di rumah. 

"Kalau di daerah kita itu komplainnya masalah infrastruktur, karena setiap orang yang ngecas itu, disarankan pakai meteran sendiri, supaya tidak mengganggu penggunaan yang lain," ujarnya. 

Baca juga: Kenapa Harga Motor Listrik Yamaha E01 Belum Diumumkan?

Berbagai merek dan model sepeda motor listrik sudah dipasarkan di Indonesia 

Selain infrastruktur, kata Joni, masyarakat Medan dan sekitar masih ragu, karena menanti harga yang lebih terjangkau.

"Harga masih mahal, puluhan juta, selisih motor mesin (bensin) mereka masih pilih itu. Nggak bisa dipungkiri bicara hemat pasti masih hemat, dipakai setiap hari pasti murah, tapi infrastrukturnya itu seperti apa," katanya.

"Jadi terus terang, area Medan belum jalan, walaupun pemerintah secara nasional sudah ada perintah, sekalipun PNS harus wajib ambil motor listrik, makanya ini masih tertahan saya lihat," sambungannya. 

Motor Listrik Yamaha E01

Yamaha E01 hingga saat ini belum diumumkan harganya.

Seperti diketahui jika bicara sepeda motor setrum, perusahaan dengan logo garpu tala punya Yamaha E01

Nah, kabarnya sepeda motor dengan bentuk mirip Yamaha NMax ini sudah banyak di uji coba konsumen Yamaha di Medan dan sekitarnya. 

Lantas bagaimana hasilnya?

Yamaha E01 sudah pernah dilakukan pengujian oleh tim Autofun Indonesia

"Antusiasnya ini cukup bagus, yang paling penting, setelah dicoba muncul pertanyaan itu adalah kapan unitnya ready dan harga bagaimana," ucap Joni. 

Joni sendiri tak menampik, bahwa Yamaha E01 yang dijajal di Medan memiliki tenaga mumpuni, karena disematkan 8,1 kW @5.000 rpm dan torsi sampai 30,1 Nm @1.950 rpm. 

Namun sayang, meski banyak konsumen yang bertanya perihal jadwal peluncurannya, hingga saat ini motor listrik dengan status prototype tersebut belum dijual. 


 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Jajal Yamaha WaveRunner, Mirip Yamaha NMax Buat di Air!

Volume mesinnya mencapai 1.800 cc. Posisi duduk mirip skuter Maxi Yamaha. Tak sedikit yang menyebut jika naik skuter gambot, Maxi Yamaha seperti NMax dan XMax layaknya bermain personal watercraft, apalagi saat dipakai menerabas banjir. Tapi apa benar begitu? Nah, Autofun pun kedapatan menjajal personal watercraft. Buat yang bingung, bahasa awam personal watercraft adalah jetski, tapi merek tersebut sudah dipatenkan oleh Kawasaki. Sehingga pabrikan lain perlu mencari nama lain dari personal water

DeRide Store Sapa Warga PIK, Gabungkan Apparel Dengan Lifestyle

Sasar bikers Tangerang, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Menggabungkan gadget lifestyle dengan apparel berkendara. Semakin maraknya model sepeda motor dengan beragam kegiatan serunya seperti sunmori membuat kebutuhan apparel para rider juga meningkat. Jadi tidak heran kalau DeRide sampai membuka cabang terbarunya yang ada di bilangan Pantai Indah Kapuk atau PIK 2, Jakut. DeRide sendiri merupakan distributor dari beberapa riding gear atau apparel mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Merek

Yamaha Indonesia Ajak Konsumen Saksikan Langsung MotoGP Mandalika

Penonton dipilih dari program Yamalube Goes To MotoGP. Pembalap tim Monster Yamaha senang diberi dukungan langsung. Tak dipungkiri jika balap MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 13-15 Oktober 2023 menyedot penggemar di seluruh Indonesia, tak terkecuali pengguna Yamaha. Untuk itu, Yamaha Indonesia turut ambil bagian dengan mengajak konsumen dan mekanik menyaksikan langsung kemeriahan event internasional bergengsi tersebut. Puluhan orang konsumen dan mekanik ini merupakan

Serba-serbi Dibalik Layar MotoGP Indonesia 2023, Ada Apa Saja di Paddock Sirkuit Mandalika?

Banyak kegiatan yang dilakukan di paddock. Pembalap sering terlihat wara-wiri di sana. Dikenal sebagai ajang balap motor terkencang di dunia, MotoGP bukan hanya soal persaingan di sirkuit. Lebih dari itu, banyak juga hal yang bisa ditemui di luar trek. Hal ini yang Autofun temui saat melihat langsung MotoGP Indonesia yang berlangsung di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat akhir pekan lalu (13-15/10/2023). Atas undangan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Autofun berkesempa

Penjualan Motor Bulan September 2023 Turun Ribuan Unit

Sepanjang September terjual 509.946 unit. Angka ekspor 51.318 unit. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengumumkan data penjualan pada bulan September 2023. Dari data tersebut, sebanyak 509.946 unit motor baru beredar di bulan September. Dengan penambahan angka itu, maka sepanjang bulan Januari-September 2023 ada total 4.721.683 unit motor baru yang terjual di pasar domestik Indonesia. Angka tersebut memang terbilang masih lebih baik ketimbang penjualan di bulan Juni dan Juli 2023 y

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha E01
Lihat