Cek Kekurangan Vespa LX 125, Harga Rp 45 Jutaan Dapat Apa?

Dua warna Vespa LX 125.
  • Jadi Vespa pertama yang dirakit lokal.
  • Model entry level skuter Italia.
  • Fiturnya sederhana.

Skuter Vespa ini menjadi produk yang banyak digemari oleh anak-anak muda atau pun wanita.

Selain untuk mode transportasi harian, motor ini kerap dipilih untuk mendukung gaya hidup pemiliknya.

Salah satu model yang banyak disukai adalah Vespa LX 125, yang merupakan produk entry level Vespa.

Dipasaran, motor ini sekarang dilepas dengan harga Rp 45,350 juta on the road Jakarta.

Yup, harga yang ditawarkan cenderung maksimal alias mahal ketimbang motor matic bermesin 125 cc lainnya.

Sehingga tak heran jika Vespa LX 125 kerap menjadi impian banyak orang untuk dimiliki.

Motor ini sendiri dihadirkan dengan dua opsi warna yang menarik, yaitu red passione dan grey materia.

Tapi meski bentuknya disukai serta punya tampilan yang menarik, tetap saja motor ini memiliki beberapa kelemahan. Apa saja?

1. Performa Mesin Biasa

Dibekali dengan mesin i-get, 4-tak, SOHC 3 katup pendingin udara, motor ini berkubikasi 124,5 cc.

Suplai bahan bakarnya sudah injeksi denagn transmisi otomatis CVT, khas motor matic pada umumnya.

Baca juga : Intip Perakitan Vespa LX 125 di Pabrik Cikarang, Tiap 3 Jam Lahir Motor Baru!

Performa mesin terasa biasa.

Tenaga yang dihasilkan 10,3 PS saja diputaran mesin 7.600 rpm, dengan torsi maksimal 10,2 Nm di 6.000 rpm.

Performanya ini cenderung lebih superior jika dibandingkan matic asal Jepang semisal Yamaha Gear 125.

Dengan spesifikasi mesin 125 cc dan pendingin udara, motor matic Yamaha itu menorehkan 9 PS di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm di 5.500 rpm.

Namun bobot motor yang lebih berat, tepatnya 115 kg, maka tenaga mesin Vespa LX 125 jadi terasa kedodoran.

Tapi harap maklum, pemilik Vespa tak semuanya suka ngebut, tapi lebih senang mengendarainya dengan santai.

2. Fitur Vespa LX 125

Harga maksimal tapi fiturnya bisa dikatakan minimal. Maklum saja, karena Vespa LX 125 ini memang model basic alias entry levelnya.

Misalnya panel meter masih pakai paduan digital dan analog, dengan tampilan berbentuk kerang.

Baca juga : Vespa GTS 2023 Dikenalkan, Lebih Modern Pakai Kunci Keyless!

Vespa pertama yang dirakit lokal.

Informasinya pun tak terlalu lengkap, misalnya tak ada konsumsi bahan bakar rata-rata dan aktual, yang banyak dimiliki skuter Jepang.

Kemudian kunci kontak masih pakai anak kunci, belum keyless yang memberi rasa aman lebih baik.

Tapi Vespa membekalinya dengan kunci immobilizer, yang membuat motor tak bisa dihidupkan jika pakai kunci palsu.

Kemudian lampu-lampu belum seluruhnya pakai LED. Lampu jenis ini hanya terpasang untuk lampu depan dan DRL saja.

Untuk lampu belakang dan sein masih pakai bohlam ya. Dan yang unik adalah lampu depan belum otomatis menyala saat mesin hidup.

3. Lingkar Roda Kecil

Dengan kondisi jalan di Indonesia yang tak selalu mulus, lingkar roda berukuran kecil sedikit banyak membuat berkendara jadi tak nyaman.

Hal ini karena guncangan jalan akan lebih terasa saat dilintasi, beda jika menggunakan lingkar pelek lebih besar.

Lingkar roda kecil lebih cocok untuk jalan mulus.

Nah, Vespa LX 125 ini sendiri menggunakan lingkar roda belang, depan 11 inci dan belakang 10 inci.

Walau begitu ukuran yang dipakai cukup tebal, yakni 110/70-11 di depan dan 120/70-10 di belakang.

Belum lagi mencari ukuran ban 11 dan 10 ini terhitung jarang, hanya ada di tempat-tempat tertentu saja.

Baca juga : Sah! Pabrik Vespa Resmi Beroperasi di Cikarang Rakit Model Ini

4. Rem Vespa LX 125 Belum ABS

Dengan banderol harga Rp 40 jutaan, tentu kalian berharap lebih pada teknologi keselamatan.

Misalnya rem sudah dilengkapi dengan teknologi ABS, setidaknya untuk roda depan saja.

Padahal skuter merek Jepang dengan harga setara sudah dilengkapi dengan teknologi rem anti mengunci.

Jadi model Vespa yang paling murah saat ini.

Kesimpulan

Beberapa hal tadi adalah beberapa kelemahan pada Vespa LX 125, yang mungkin bisa jadi pertimbangan sebelum membelinya.

Dengan harga yang terhitung tinggi, apa yang didapatkan pada motor ini cenderung tak seimbang.

Namun kembali lagi, mereka yang membeli Vespa maka mereka juga membeli image premium dari sebuah motor Italia.

Spesifikasi Vespa LX 125
Panjang 1.770 mm
Lebar  705 mm
Sumbu Roda 1.280 mm
Tinggi Jok 785 mm
Tipe Mesin 40tak, SOHC 3 katup, pendingin udara
Kapasitas  124,5 cc
Transmisi CVT
Tenaga Maksimal 9 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimal 9,5 Nm @ 5.500 rpm
Suspensi Depan Lengan tunggal, pegas helikal
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 110/70-11
Ban Belakang 120/70-10
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

BeAT listrik merupakan hasil konversi. Satria F150 FI punya warna baru di Filipina. Aerox warna baru tampil menggoda. Motor listrik memang lagi hype banget belakangan ini, banyak pemain baru masuk pasar Indonesia. Yah walaupun masih dominan merek asal Cina, tapi ada juga merek lokal yang muncul dan termasuk juga merek Jepang yang mulai unjuk gigi. Tapi yang seru ada juga motor listrik hasil konversi seperti Honda BeAT listrik garapan produsen komponen, Musashi. Yang ternyata hal ini cukup menari
Berkaitan dengan faktor keselamatan. Wajib terpasang di beberapa komponen motor. Kegiatan trackday, fun race, sampai balap jadi hal menyenangkan untuk mereka yang senang memacu adrenalin dan sepeda motor kesayangannya di tempat yang aman. Namun sebelum memasuki sirkuit, sebaiknya perlu melakukan beberapa ubahan pada sepeda motor agar layak dan aman saat dipacu di sirkuit. Seperti melepas beragam komponen mika dan kaca agar pecahan tidak menyebar di sirkuit ketika motor jatuh. Hal lain yang bisa
Perbedaan signifikan hanya pada warna. Honda ADV160 2024 di Malaysia cuma tersedia tipe ABS. Sama seperti di Indonesia, sosok skuter matic adventure, Honda ADV160 2024 juga mengalami penyegaran di Malaysia bulan November ini. Kini, motor tersebut tampil dengan pilihan warna baru Force Silver. Dikutip ada Arenamotosikal, opsi warna tersebut merupakan tambahan kepada dua pilihan warna sebelumnya yaitu Mat Charcoal Gray Metallic dan Vivacity Red. Untuk edisi 2024 ini, harga jual Honda ADV160 di pas
Angka TKDN mencapai 57,89 persen. Ada skema murah untuk penyewaan ojol. Produsen motor listrik ECGO, bekerja sama dengan distributor resminya, EVMOTO, telah meluncurkan motor listrik ECGO 3 A/T. Harganya cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 7,9 juta. Banderol terjangkau ini diberikan lewat sejumlah skema subsidi hingga Rp 10 juta. Hal ini karena ECGO 3 A/T telah memperoleh sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 57,89 persen dari Kementerian Perindustrian, merupakan langkah maju d
Tampilan warnanya lebih menarik. Update warna untuk tipe ABS dan CBS. Ada dua opsi warna baru yang dihadirkan. Tak banyak opsi motor matic yang nyaman untuk perjalanan jauh, sekaligus mumpuni untuk dipakai adventure, salah satunya Honda ADV 160 2024. Motor satu ini memang memiliki desain yang menarik, berbeda dari motor matic pada umumnya yang berkesan sporty. Pada motor ini kesan gagah dan tangguh lebih terasa dengan lekuk bodi yang tegas, serta teknologi yang keren. Nama ADV sendiri diartikan

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Vespa LX 125 I-Get
Lihat