Rp 45,50TBC Juta

Harga Vespa Sprint 150 I-Get 2021 di Indonesia

Spesifikasi Vespa Sprint 150 I-Get
ModelScooter
Tenaga Maksimal11.66hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas154.8 cc
Opsi startListrik
ABSY

Kelebihan&Kekurangan Vespa Sprint 150 I-Get

Kelebihan

  • Dilengkapi speedometer modern dengan panel LCD

  • Vespa Sprint memiliki daya cengkram ban atau traksi yang sangat baik, karena didukung ban berukuran besar dengan velg ring 12 inci

  • Sudah dilengkapi dengan Antilock Braking System (ABS)

  • Suspensi belakangnya bisa diatur tingkat kekerasannya

  • Menggunakan generator yang tersambung langsung dengan crankshaft demi mengakomodir proses start yang lebih halus untuk fitur idling stop system

  • Suspensi sangat lembut dan bisa diandalkan untuk meredam getaran di berbagai medan jalan

  • Vespa Sprint tersedia fitur Immobilizer sudah tertanam di anak kuncinya. Dengan teknologi itu, hanya kunci yang sudah memiliki chip dan tersambung dengan sistem motor, yang bisa mengakses proses buka kunci motor.

Kekurangan

  • Vespa Sprint 150 belum menggunakan lampu LED

  • Tenaga dan torsinya masih lebih kecil dibandingkan Vario 150

  • Roda belakang, sistem penahan laju masih menggunakan model tromol

  • Harga Vespa Sprint cukup mahal

  • Biaya perawatannya juga cukup mahal

Review Vespa Sprint 150 I-Get

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin & BBM
  • Kesimpulan
  • Overview

    Vespa termasuk pabrikan sepeda motor yang legendaris. Pabrikan asal Italia ini berhasil mempertahankan desain motornya dari masa ke masa, tak terkecuali dengan Vespa Sprint 2021. Skuter matik (skutik) ini juga mempertahankan desain dan tampilan khas, khususnya pada bagian lampu depannya.  

    Sejak awal kemunculannya hingga sekarang, Vespa Sprint memang tidak banyak mengalami perubahan dari segi desain dan tampilan. Skuter Vespa generasi 4-tak ini hanya diberikan perbaikan pada sektor mesin saja. 

    Vespa Sprint pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Saat itu, mesin yang digunakan masih 3V i.e. Vespa Sprint 150 3V i.e. cukup laris di pasaran. Baru kemudian pada tahun 2016, Vespa Sprint mendapat peningkatan di sektor dapur pacu. Mesin 3V i.e. diganti dengan mesin berteknologi baru, yakni i-GET (Italian Green Experience Technology). 

    Sejak tahun 2016 hingga sekarang, Vespa Sprint 2021 hanya mendapat ubahan berupa warna pilihannya saja. Selain itu, PT Piaggio Indonesia juga menghadirkan edisi terbatas dari Vespa Sprint 2021 dengan edisi Racing Sixties. Sekarang ini, Vespa Sprint 2021 memiliki tiga warna pilihan, yakni Red Scarlatto, Grey Titanio, dan White Innocenza. Terdapat juga varian lain dari skutik ini, yaitu Vespa Sprint S 150 i-GET ABS dan Vespa Sprint Racing Sixties 150 i-GET.  

    Fitur Vespa Sprint 150

    Soal fiturnya, Vespa Sprint 2021 bisa dibilang minim. Bahkan, kalah canggih jika dibandingkan dengan skutik pabrikan Jepang atau Kymco Like 150i. Panel meternya masih gabungan analog dengan digital. Pada Vespa Sprint 2021 sudah memiliki USB port untuk mengecas baterai ponsel. Selain itu, fitur lain yang bisa dibanggakan hanya sistem pencahayaan LED, sistem pengereman ABS, dan kunci kontak immobilizer. Hanya itu saja fitur yang melekat pada Vespa Sprint 2021.

    Harga Vespa Sprint 150

    Harga yang dibanderol untuk Vespa Sprint 2021 saat ini adalah Rp 47.600.000 (OTR Jakarta). Harga tersebut tentu jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Kymco Like 150i yang hanya dipasarkan dengan harga Rp 28.800.000 (OTR Jakarta).   



  • Desain

    Penampilan Vespa Sprint 150

    Vespa Sprint 2021 memiliki desain yang klasik dan retro. Lekuk bodinya terlihat sedikit agresif. Bodinya juga dibuat ramping sehingga terlihat lebih sporty juga. Desain lampu depan dibuat dengan bentuk segi enam. Lekuk bodi Vespa memang sangat khas dan menarik. Material yang digunakan juga besi baja, bukan plastik seperti skutik pabrikan lain. 

    Vespa Sprint 2021 memiliki dimensi yang tidak terlalu bongsor, panjangnya 1.863 mm, lebar 695 mm, dan tinggi jok 790 mm. 

    Untuk kaki-kakinya, Vespa Sprint mengandalkan suspensi depan lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan.  

    Di bagian roda, ban depannya menggunakan ukuran 110/70-12 dan ban belakang berukuran 120/70-12. Kedua ban tersebut juga sudah tubeless alias tanpa ban dalam. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.334 mm. 

    Dimensi Vespa Sprint 150
     Panjang  1.863 mm
     Lebar  695 mm
     Tinggi Jok  790 mm
     Jarak Sumbu Roda  1.334 mm
     Suspensi Depan  Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda
     Suspensi Belakang  Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan
     Ban Depan  110/70-12
     Ban Belakang  120/70-12



     

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan dan Handling Vespa Sprint 150

    Suspensi depan punya struktur khas dengan pegas helical dengan peredam hidrolis. Pergerakan suspensi depan meredam guncangan dari pelek alumunium berbungkus ban 110/70-12. Lantas suspensi belakang mengandalkan peredam tunggal jenis hidrolis, dengan 4 titik untuk penyetelan preload.

    Ukuran pelek yang digunakan sama-sama 3.00 x 12 inci, tapi ban belakang pakai ukuran 120/70-12. Impresi berkendara dari Vespa Sprint ini jauh lebih baik. Handling masih lincah untuk bermanuver di perkotaan yan padat.

    Karakter suspensi cenderung kaku, namun dikompensasikan dengan stabilitas saat menikung. Posisi berkendara Vespa dikenal nyaman, segitiga berkendara antara pijakan kaki, setang dan jok sudah sangat pas. Anda tak akan mudah lelah mengendarai sebuah Vespa.

    Vespa Sprint 2021 menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman. Tempat duduknya cukup luas, baik pengendara atau yang dibonceng pun akan terasa nyaman meski perjalanan jauh sekalipun.

    Area di bagian kaki pun cukup luas, kaki jadi lebih leluasa untuk bergerak. Untuk menempatkan barang-barang bawaan, kaki juga tidak terganggu. 

    Namun tinggi jok yang mencapai 790 mm, sedikit menyulitkan bagi pengendara yang memiliki tinggi di bawah 170 cm. Sebab, tempat duduknya yang lebar membuat posisi kaki harus lebih terbuka. 

  • Mesin & BBM

    Mesin Vespa Sprint 150

    Untuk mengakomodasi kebutuhan pengendaranya, Vespa Sprint 2021 dibekali dengan mesin berteknologi i-GET, 4 langkah, silinder tunggal, dan 3 katup. Kapasitasnya cukup 154,8 cc.

    Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 11,8 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 12 Nm pada 5.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT otomatis. 

    Untuk menahan laju Vespa Sprint 2021 dengan tenaga yang dihasilkan mesinnya, rem depan menggunakan rem cakram. Sementara rem belakang, masih mengandalkan rem tromol. Namun, sistem pengeremannya dibantu dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System). 

    Mesin Vespa Sprint 150
     Tipe Mesin  i-GET, 4 langkah, silinder tunggal, dan 3 katup
     Kapasitas Mesin  154,8 cc
     Tenaga Maksimum  8,7 kW / 7.500 rpm
     Torsi Maksimum  12 Nm / 5.000 rpm
     Transmisi  CVT otomatis
     Rem Depan  Cakram
     Rem Belakang  Tromol
  • Kesimpulan

    Vespa Sprint 2021 merupakan salah satu skutik best seller di Indonesia, untuk segmen  premium. Desain ikonik khas Vespa yang tetap dipertahankan sampai saat ini jelas menjadi daya tariknya.

    Image sebagai skuter premium yang juga menunjang gaya hidup sangat melekat pada motor ini. Tak heran meski harganya terbilang tinggi, nyatanya peminatnya sangat banyak khususnya anak-anak muda.



FAQ Vespa Sprint 150 I-Get

VS