Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik

Honda Brio Satya 2020 menjadi salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) terpopuler yang tersedia di pasar mobil bekas Tanah Air. Harganya yang terjangkau serta tampilannya yang sporty membuat mobil ini menjadi pilihan mobil pertama yang ramah lingkungan.

Di Indonesia, Honda Brio hadir dalam dua model, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS. Dan kali ini kita akan melihat apa saja yang ditawarkan oleh Honda Brio Satya 2020 dibandingkan dengan Honda Brio RS yang memiliki harga yang lebih tinggi (mulai dari Rp184 jutaan).

Harga

Daftar Harga Mobil Honda Brio 2020
Tipe Harga
Honda Brio Satya E M/T Rp 146.000.000
Honda Brio Satya E CVT Rp 154.700.000
Honda Brio Satya S M/T Rp 170.100.000

Specs

Spesifikasi Mobil Honda Brio 2020
Mesin
Tipe L12 B 1.2L SOHC 4-silinder segaris i-VTEC + DBW
Isi Silinder 1.199 cc
Tenaga Maksimum 88.5 dk @ 6.000 rpm Nm
Torsi Maksimum 110 Nm @ 4.800 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan dan CVT otomatis
Sistem Penggerek Front-wheel-drive
Dimensi
P x L x T 3.185 x 1.680 x 1.485 mm
Jarak Poros Roda 2.405 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan/ Belakang Ventilated Disc/ Drum
Velg Allow 14 inci

Sejarah

Honda Brio bisa dibilang sebagai motor kesuksesan Honda selama beberapa tahun terakhir. Desainnya yang menawan ditambah harga yang terjangkau sebagai salah satu mobil LCGC membuat penjualannya tetap stabil selama beberapa tahun belakangan.

Awalnya, Honda Brio pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2012 untuk dipasarkan setahun setelahnya, kehadirannya menjawab kebutuhan konsumen Tanah Air yang menginginkan mobil murah dengan fitur yang tak murahan.

Generasi pertama Brio ditawarkan dengan 6 level trim, Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E yang dibuat secara lokal dengan mesin 1.2L. Sedangkan Brio Sport diimpor langsung dari Thailand berbekal mesin 1.3L. Namun penjualannya dihentikan pada Desember 2013.

Brio di pasar Indonesia menerima facelift pada April 2016 di gelaran Indonesia International Motor Show. Ubahan terbaru mencakup fasia depan, lampu belakang, desain dashboard, transmisi CVT baru, serta trim Brio RS sebagai varian tertinggi.

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi tempat peluncuran generasi kedua mobil ini. Menggunakan platform yang sama dengan model generasi pertama, ubahan yang diberikan seperti grille, bagasi, serta tampilan baru lampu depan dan belakang.

Penjualannya terus meningkat, dengan 70.344 unit terjual tahun lalu. Saat ini, Brio menjadi satu diantara produksi Honda di Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Tercatat pemasaran Honda Brio di ASEAN, termasuk Vietnam dan Thailand dikirim dari Indonesia.

Eksterior

Secara umum, tidak ada perbedaan berarti pada eksterior Brio Satya dengan Brio RS. Desain luarnya juga sekilas memiliki kesamaan dengan Honda Mobilio generasi terakhir. Namun ada beberapa pengurangan aksen yang diberikan pada Brio Satya.

Contohnya saja Brio Satya S yang menjadi varian terendah hadir dengan wajah yang polos tanpa adanya lampu kabut. Namun tampilannya tetap sporty menggunakan desain grille solid wing face khas Honda dengan lampu depan DRL (Daytime Running Lights).

Perbedaan antara Brio Satya dan RS terletak pada tipe pelek. Satya S hanya ditawarkan dengan pelek berbahan kaleng, Desain pelek antara Satya E dan Satya S juga berbeda, dimana tipe E terlihat lebih menarik dengan desain aerodinamis untuk membantu mengurangi hambatan udara selama berkendara.

Beralih ke bagian belakang, tampilannya tetap menarik dengan antena shark fin walaupun pintu belakang tidak dilengkapi dengan wiper belakang. Ada pula body spoiler dengan LED mount stop lamp sampai rear combination lamp.

Sayang bagian bawah dari eksterior belakang Brio Satya E hanya dibuat polos mengikuti warna bodi. Berbeda dengan Brio RS yang sudah mendapatkan bumper garnish dengan aksen diffuser untuk tampilan yang lebih sporty.

Interior

Mendapatkan pembaruan pada 2018 silam, Brio Satya masih mendapatkan tampilan kabin yang hampir sama dengan Brio paska facelift yang dibawa tahun 2016. Walaupun material kabin sebagian besar didominasi oleh material plastik, tentu saja untuk menekan harga yang ditawarkan.

Tapi hal tersebut tak mengurangi desainnya yang menawan. Dashboard hadir dengan tema single tone berkelir hitam dihiasi aksen garis berwarna silver melintang. Tapi sedikit perbedaan terlihat ketika aksen silver dihilangkan pada Satya tipe E.

Ada head unit 2DIN dengan fitur USB port, radio, yang bisa terkoneksi dengan iPhone dan iPod serta hands free telephone. Untuk memudahkan Anda selama berkendara, Brio juga sudah mendapatkan sistem pendingin AC Digital.

Setir multi-fungsi untuk pengaturan audio dan telepon hand-free hanya tersedia pada Brio E yang lebih tinggi. Hanya saja kenyamanan berkendara berkurang dikarenakan Brio hanya memiliki pengaturan tilt, dan belum telescopic.

Dimensi Brio Satya memang dibuat kompak, tetapi tak membuat ruang kursi belakang terbilang sempit. Memang tak terlalu lapang, tetapi bisa menampung hingga tiga orang dengan cukup nyaman. Meskipun di atas kerta, Honda Brio memang dipasarkan untuk lima tempat duduk.

Konfigurasi dua baris tempat duduk dilapisi dengan bahan fabric serta dua headrest di kursi baris kedua. Ubahan yang baru diberikan dua tahun lalu yaitu head rest bisa diatur ketinggiannya sesuai selera.

Dibandingkan generasi sebelumnya, ada ruang yang bisa Anda dapatkan untuk menyimpan barang-barang di belakang dengan tambahan panjang 60 mm. Cukup untuk membawa tas maupun sepatu. Kalau memang tidak bisa dibandingkan dengan SUV maupun segmen MPV.

Sistem keselamatan

Sistem keselamatan yang diberikan memang tak selengkap mobil lainnya yang lebih mahal. Tetapi varian terendah Brio Satya S sudah mendapatkan Dual Front SRS Airbags dan struktur rangka bodi G-CON + ACE sebagai sistem keselamatan pertama selama berkendara.

Brio Satya juga sudah mendapatkan fitur keselamatan yang cukup mumpuni pada segmennya. Fitur keselamatan aktif yang bisa Anda dapatkan yaitu sistem pengereman Anti-Lock Braking System dengan Electronic Brake Distribution (EBD).

Baru pada Satya E M/T dan CVT Anda bisa mendapatkan door lock otomatis serta sistem alarm dan keyless entry. Anda juga mendapatkan seatbelt reminder untuk pengemudi dan pretensioner pada kursi baris kedua.

Mesin

Honda Brio memang dipasarkan sebagai mobil perkotaan. Karena itu mesin yang digunakan tak terlalu besar. Brio Satya masih menggunakan mesin 1.2L 4-silinder i-VTEC yang menawarkan bahan bakar yang irit serta pengalamanan berkendara yang menyenangkan khas Honda.

Performa juga cukup mumpuni, dengan keluaran tenaga maksimal mencapai 88.5 daya kuda serta torsi maksimal 110 Nm. Dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5-percepatan manual dan transmisi otomatis CVT untuk Brio E. Tenaga yang sama dengan yang digunakan pada Brio RS.

Performa dan handling

Dimensi yang lebih besar dari generasi sebelumnya membuat All New Brio Satya memiliki bobot yang lebih berat. Tetapi penambahan berat tersebut memiliki keuntungan sendiri bagi mobil ini: pengendara nya menjadi lebih stabil di jalanan.

Transmisi manual memang lebih murah. Tetapi kombinasi transmisi CVT dan mesin 4-silinder membuat tarikan bawahnya responsif walaupun tidak begitu bertenaga. Tapi Honda membatasi kecepatan tertingginya secara elektronik menjadi 145 km/jam.

Menyempurnakan pengendalian yang menyenangkan, Anda akan mendapatkan sistem kemudi Electric Steering System (ESP), suspensi depan MacPherson Strut dan belakang H-Shaped Torsion Beam, ada pegas stabilizer yang lebih besar guna memberikan pengendaraan yang lebih stabil.

Jika melihat masalah handling, tak bisa disangkal bahwa Brios RS terbilang lebih presisi dibandingkan Brio Satya. Dimana RS mengandalkan ban Bridgestone Potenza yang lebih lebar dan lebih besar.

BBM

Menggunakan mesin dengan teknologi sistem bahan bakar fuel injection membuat Brio Satya memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang irit. Ditambah dengan standar emisi Euro IV yang menjadikannya lebih ramah lingkungan.

Walaupun memiliki akselerasi serta kekuatan yang tak besar dibandingkan segmen mobil lainnya, mesin 1.2L memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih hemat dengan bantuan teknologi i-VTEC dan DBW. Honda sendiri mengklaim perbandingan kompresi Brio mencapai 10,1:1.

Video

Dibandingkan Honda Brio RS, Brio Satya memiliki desain kompak namun tetap menawarkan desain sporty tersendiri. Ingin mengenal lebih dekat mobil ini? Ini dia video Honda Brio Satya 2020 yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Pros and Cons Honda Brio Satya

Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2020
Pros Cons
Tampilan mobil kompak beraura sporty Bagian bumper belakang tampak terlalu polos
Leg room di bangku belakang yang cukup lega Jok depan yang tak headrest-nya tak bisa adjustable
Mesin yang bandel dan irit bahan bakar Tidak ada banyak fitur lain kecuali sistem infotainment layar sentuh dan kontrol iklim otomatis

Kesimpulan

Honda Brio Satya memang menjadi salah satu mobil murah untuk masyarakat perkotaan yang dinamis. Mengingat desainnya yang kompak dan harga yang terjangkau namun masih menghadirkan fitur-fitur terbaru.

Efisiensi bahan bakar cukup maksimal dengan mesin 1.2L yang ditawarkan. Tentu saja dengan tenaga dan akselerasi yang tak begitu kuat. Karena jika Anda menginginkan mobil yang lebih bertenaga, segmen SUV dan MPV bisa menjadi pilihan Anda.

Tampilannya yang mungil memang berimbas pada ruang kepala dan ruang kaki yang tak terlalu lapang pada kursi baris kedua. Namun untuk Anda yang masih sendiri dan mencari mobil pertama untuk pemakaian sehari-hari, Honda Brio Satya 2020 patut jadi pertimbangan.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Cari Mobil Daihatsu, Ini Model Paling Laris Semester Pertama 2023

Penjualan mobil Daihatsu selama semester pertama tahun 2023 tembus 102.515 unit atau naik 12,9 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang hanya sekitar 90.765 unit. Ya, penjualan retail ini membuat perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, Jepang tersebut menyumbangkan market share ritel otomotif nasional mencapai 20,4 persen. Peningkatan penjualan Daihatsu juga terjadi di wholesales, dimana pabrik Daihatsu mampu menjual mobilnya ke dealer selama Januari-Juni 2023 mencapai 9

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Brio vs March
Honda Brio
Lihat