Honda All New Brio Satya Menarik Luar-Dalam

Brio Satya menjadi salah satu produk paling favorit dalam line up Honda Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan angka penjualannya yang selalu membuat puas PT Honda Prospect Motor selaku produsen Brio baru.

Produk LCGC alias Low Cost Green Car satu-satunya Honda ini bahkan menjadi mobil terlaris yang dijual pabrikan berlogo H itu.

Jika digabung dengan saudaranya yakni,New Brio RS, Honda melaporkan sebanyak 5.444 unit Brio baru yang terjual selama periode Maret 2020.

Angka tersebut mengungguli penjualan Honda HR-V yang sebanyak 1.880 unit. Kembali ke Brio Satya, model satu ini sangat menarik kita kupas.

Karena dalam jajaran LCGC 2 baris bangku, Brio Satya disebut-sebut menawarkan fitur maupun kelengkapan yang tak kalah menggoda dari kompetitornya, seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R maupun Datsun GO.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa yang ditawarkan Brio RS, mari sedikit kilas balik sejak awal ia debut. Brio generasi pertama meluncur secara perdana di Indonesia pada 2012 silam.

Karena saat itu pemerintah merilis kebijakan baru mengenai mobil ekonomis dan ramah lingkungan maka Honda salah satunya yang turut bermain di kelas yang kini bernama berskema LCGC tersebut.

Namun untuk tetap bisa bermain di segmen low hatchback tanpa subsidi LCGC, Honda membuat Brio RS yang masih satu platform dengan Satya namun punya fitur lebih lengkap.

Hingga pada 2018 Honda paham bahwa konsumen sudah menanti nanti wajah baru Brio yang bukan sekedar facelift. Lahirlah Brio generasi kedua dengan tetap ada dua opsi varian, All New Satya dan All New RS.

Brio Satya praktis lebih laris ketimbang RS, bisa ditebak faktor harganya yang lebih murah jadi alasan.

Dalam periode Maret 2020, harga Honda Brio Satya dibanderol dengan biaya termurah Rp 146 juta untuk tipe S MT, sedangkan tipe E MT Rp 154,7 juta hingga yang termahal adalah tipe E CVT seharga Rp 170,1 juta, kedua harga tersebut berstatus On The Road Jakarta.

Berikut adalah harga lengkap Brio Satya (April 2020) untuk wilayah Jakarta:

  • All New Brio S MT: Rp 146 juta

  • All New Brio E MT: Rp 154,7 juta

  • All New Brio E CVT: Rp 170,1 juta

Eksterior

Honda Brio baru Satya yang punya dimensi lebih besar ketimbang generasi pertama banyak dinilai tetap mempertahankan aura sporty. Berikut adalah perbandingan dimensi Brio Satya dengan Agya 1.200 cc:

Dimensi Brio Satya dan Agya 1.2
  Brio Satya

Agya1.2

Panjang 3.800 mm 3.660 mm
Tinggi 1.680 mm 1.600 mm
Lebar 1.485 mm 1.520 mm
Wheelbase 2.405 mm 2.450 mm

Walau jika dibanding New Brio RS, pada LCGC ini tak ditemukan bumper belakang dengan variasi semacam diffuser.

Namun di bagian depan nyaris tak ada perbedaan. Brio Satya menggunakan bumper dengan aura sporty mirip varian New Brio RS. Bahkan grill sampai lubang udara bumper depan dihiasi pelindung berdesain honeycomb (sarang lebah) yang praktis menguatkan kesan sangar.

Masih di bagian depan, yang menarik juga adalah hadirnya lampu kabut yang bisa ditemui pada Brio Satya tipe E. Untuk lampu depan sudah dilengkapi LED light guide.

Keempat roda mengusung pelek racing ukuran 14 inci dengan model palang cukup menarik.

Namun untuk varian S walau sama-sama berlingkar 14 inci namun masih pakai pelek kaleng. Untuk pengereman dikawal dengan rem cakram hanya di bagian depan.

Di belakang yang menarik perhatian adalah hadirnya spoiler dengan stoplamp LED. Kaca belakang sayangnya tak memiliki elemen pemanas untuk mencegah pengabutan saat kondisi hujan.

Namun Honda melengkapi Satya dengan wiper. Sedangkan lampu belakang masih menggunakan model bohlam halogen.

Interior

Honda menyebut Brio Satya generasi kedua ini punya kapasitas interior yang lebih besar ketimbang generasi terdahulu.

Hal itu utamanya bisa dilihat dari daya muat bagasi dan leg room atau ruang kaki yang agak lega di bangku belakang.

Interior New Brio RS sayangnya harus dibilang agak jauh dari kesan sporty. Warna cerah dari unsur krem mendominasi kabin.

Sebenarnya tak ada yang salah, namun warna cerah ini akan mudah cepat kotor. Baik jok maupun door trim semuanya dibalut oleh bahan fabric.

Untuk jok depan menggunakan model bucket seat, ketinggian headrest-nya tidak bisa diatur. Namun tidak di bagian belakang, beruntung terdapat tiga headrest yang bisa diatur ketinggiannya.

Sebagai perangkat penunjang kenyamanan, Honda Brio Satya sudah menggunakan penyejuk udara model digital. Tidak ada kenop putar sebagai pengatur hembusan AC.

Sistem pengaturan kaca spion samping juga sudah elektrik. Ada pula fitur penguncian pintu otomatis yang akan mengunci semua pintu saat mobil melaju.

Untuk menyesuaikan postur pengemudi, selain mengandalkan penyetelan bangku maju-mundur dan kemiringan sandaran, lingkar kemudi juga bisa disetel naik-turun berkat sistem tilt steering. Sayangnya tak ada penyetelan teleskopiknya.

Sebagai hiburan, terdapat 2 DIN audio system yang bisa mengakomodir sambungan Bluetooth.

Untuk tipe E bahkan terdapat audio steering switch yang memudahkan pengemudi mengatur audio.

Sedangkan dari sisi safety, Honda membenamkan dua titik kantung udara untuk penumpang depan dan ada ABS ditambah EBD di pengereman.

Seat belt reminder juga akan berbunyi agar penumpang depan dan pengemudi selalu mengenakan sabuk pengaman.

Mesin

Brio Satya terkenal memiliki mesin yang cukup baik. Walau tenaganya tergolong besar namun mesin berkubikasi bersih 1.199 cc ini cukup irit bahan bakar.

Dan yang paling dibanggakan Honda salah satunya adalah sistem transmisi. Brio Satya E matic sudah berteknologi CVT (continuously variable transmission) yang diyakini mampu memberikan efisiensi bahan bakar sekaligus kehalusan berkendara.

Transmisi CVT Honda Brio Satya bertugas menyalurkan tenaga puncak sebesar 90 PS dan torsi maksimum 110 Nm.

Mesin Brio Satya sendiri juga sudah berteknologi i-VTEC namun menggunakan camshaft tunggal alias SOHC (single overhead camshaft).

Kesimpulan

Secara garis besar Brio Satya jadi salah satu alternatif utama dalam kelas LCGC 2 baris bangku. Ia juga sangat pas bagi konsumen yang mengincar mobil dengan aura sporty namun dengan harga yang ramah di kantong.

Namun untuk fitur hiburan ia bukan yang terbaik dalam memberikan kepuasan penumpangnya.

Bukan cuma desain eksteriornya yang sporty, mesin i-VTEC plus transmisi CVT yang dimiliki mobil Honda Brio terbaru ini pun sangat oke untuk sering-sering melesat di kecepatan tinggi. Ditambah dengan penampilan Honda Satya yang sangat gagah dan pastinya dapat menarik perhatian konsumen maupun penggemarnya.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya a...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Cari Mobil Daihatsu, Ini Model Paling Laris Semester Pertama 2023

Penjualan mobil Daihatsu selama semester pertama tahun 2023 tembus 102.515 unit atau naik 12,9 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang hanya sekitar 90.765 unit. Ya, penjualan retail ini membuat perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, Jepang tersebut menyumbangkan market share ritel otomotif nasional mencapai 20,4 persen. Peningkatan penjualan Daihatsu juga terjadi di wholesales, dimana pabrik Daihatsu mampu menjual mobilnya ke dealer selama Januari-Juni 2023 mencapai 9

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Brio vs March
Honda Brio
Lihat