Kenapa Honda Brio pilih Transmisi Matic CVT Dibanding AT Konvensional? Ini Alasannya!

Honda Brio gunakan transmisi matic CVT untuk keunggulan efisiensi bbm

Secara umum kita tahu ada transmisi manual dan otomatis, sedangkan pada transmisi otomatis atau kerap disebut transmisi matic juga ada bermacam jenisnya. Misalnya pada mobil keluaran terbaru seperti Honda Brio yang memilih menggunakan transmisi matic CVT ketimbang AT konvensional. Apa sih keunggulan CVT sehingga banyak dipakai pada mobil-mobil terbaru saat ini?

Awalnya, pabrikan mobil hanya menyediakan transmisi AT konvensional dengan planetary gear. Seiring inovasi dan kebutuhan berkendara yang nyaman, mendorong mulai banyak mobil bertransmisi otomatis atau matic yang menggunakan teknologi continous variable transmission (CVT).

Uji Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio RS: Irit Berkat DNA LCGC

Konsumsi BBM Honda Brio Ternyata Sangat Irit, Bisa Capai 21 km/liter!

Sistem perpindahan giginya pun berbeda, untuk matic konvensional berpindah bertahap, sedangkan untuk metik jenis CVT langsung meluncur saja tanpa ada jeda. Bahkan, transmisi matic CVT juga terdapat opsi perpindahan gigi layaknya manual dengan cara kerja melimit secara bertahap rasio CVT yang berputar. 

"Matic dulu emang boros, sekarang nggak karena sudah ada teknologi lock up clutch. Untuk yang CVT malah lebih irit dari manual," Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Bengkel Worner Matic. 

Perbedaan Transmisi CVT dan Matic Konvensional 

Pada matic konvensional, perpindahan transmisi digerakan oleh seperangkat planetary gear set. Didalamnya terdapat rasio gigi yang berbeda-beda, menyesuaikan putaran mesin dan kecepatan kendaraan. Jenis matic konvensional ini masih banyak digunakan pada MPV seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, atau Suzuki Ertiga. 

Pada matik konvensional, perangkat planetary gear set sangat bergantung pada kinerja oli. Itulah mengapa seluruh perangkat ini harus dilumasi oleh oli untuk mengatur perpindahan gigi secara hidrolis.

Transmisi otomatis AT konvensional menggunakan 3 komponen utama yaitu torque converter, planetary gear set, dan hydraulic control unit. Fungsi dari Hydraulic Control Unit adalah mengontrol kopling. Dimana pada mobil transmisi manual, gerak kopling dikontrol dari pedal pengemudi. 

Torque converter bekerja dengan memanfaatkan tekanan oli dari valve body yang menggerakkan input shaft dari transmisi otomatis yang berguna untuk menggerakkan mobil.

Cara Kerja Transmisi Matic CVT, Beri Kenyamanan Berkendara Lebih Baik

Jenis transmisi otomatis AT memang menghasilkan performa akselerasi lebih bagus dari CVT. Nah, untuk matic CVT ini terdiri dari komponen yang lebih sederhana dan fokusnya lebih kepada sisi kenyamanan yang lebih baik saat berkendara. 

Cara kerjanya amat mirip dengan transmisi CVT pada skutik. CVT ini dahulu sering digunakan pada mobil menengah atas, namun kini mulai banyak dipakai pada mobil entry level seperti city car di Honda Brio dan MPV seperti Honda Mobilio. 

Pada CVT juga memakai minyak pelumas untuk menggerakkan sistem hidrolis. Sementara untuk mengatur konversi putaran mesin dan rasio gigi, cuma memanfaatkan belt baja. Jadi, belt baja ini yang jadi media untuk mendistribusikan tenaga dengan mengatur momen gerak pulley transmisi.

Transmisi jenis CVT dapat melakukan perubahan rasio pulley yang menyesuaikan dengan putaran mesin. Proses perpindahan transmisi dihasilkan oleh perubahan diameter belt di pulley karena dorongan pelumas CVT di primary pulley dan tahanan pegas di secondary pulley. 
 
Gerak sabuk baja ini membuat perpindahan gigi sangat halus dan tidak terasa oleh pengemudi. Selain itu, hentakan saat perpindahan gigi juga sangat kecil. 

Karena rasio transmisi cukup fleksibel, maka CVT mampu menyesuaikan agar kerja mesin menjadi lebih sigap dan ringan. Untuk itu, CVT diklaim lebih baik dalam efesiensi bahan bakar.

Transmisi Matic CVT Lebih Unggul Konsumsi BBM

Jenis transmisi CVT sangat cocok bagi pengendara yang menginginkan kenyamanan dan serba mudah dalam berkendara. Karena saat mengendarai mobil dengan transmisi CVT hanya tinggal gas dan rem saja dengan perpindahan gigi yang sangat halus. 

CVT memproporsikan putaran mesin terbaik dengan kecepatan yang kita mau. Untuk jenis matic CVT terbukti lebih irit bahan bakar seperti pada Honda Brio yang bisa mencapai angka lebih dari 20 km/liter. Ini karena rasio gigi dan putaran belt berusaha menjaga putaran mobil supaya tidak cenderung tinggi. 

Pada transmisi CVT, Anda cukup sedikit saja menginjak pedal gas untuk menjaga kecepatan mobil setelah kickdown untuk akselerasi spontan. Putaran CVT menjaga kecepatan mobil tidak langsung drop. 

"Putaran pulley matic baik itu pulley primer ataupun pulley sekunder itu dimonitor oleh sensor. Perbandingan rasio putaran ditentukan dan disampaikan ke ECU. Komputer yang menentukan rasio kecepatan berapa ada di putaran berapa," sebut Hermas dalam video di akun YouTube Worner Matic. 

Selagi ECU memerintahkan pulley input menjaga putaran belt CVT, putaran mesin bisa berangsur turun dengan dibantu oleh torque converter. Dengan begini konsumsi bahan bakar bisa dihemat.

"Kalau mau dibandingkan, transmisi CVT di jalan datar dalam atau luar kota pasti lebih efisien dibandingkan AT karena tidak terjadi pembuangan torsi yang sia-sia dalam perpindahan gigi," jelas Hermas dalam videonya. 

Kelemahan CVT, Lebih Cocok Dipakai Mobil Kota Seperti Honda Brio

Bicara soal kelemahan transmisi CVT, tak bisa memberikan efek engine brake dan kemampuan menanjak yang baik seperti halnya transmisi manual ataupun metik biasa.

"Kemampuan CVT ini terbatas, tergantung dari kapasitas mesin mobil itu. Semakin gede kapasitas mesin maka pulley CVT semakin besar. Keputusan dibuatnya ukuran pulley ini semakin besar, tergantung dari kebutuhan torsi mobil itu," bebernya dalam video. 

Lebih lanjut, Hermas menuturkan kalau CVT ini tidak didesain untuk pemakaian di medan berat seperti off road. Sebetulnya matic CVT itu didesain dengan tujuan utama untuk kenyamanan. Itulah mengapa Honda Brio sebagai mobil perkotaan memakai transmisi CVT.

"Jadi kalau teman-teman punya mobil matic dengan CVT untuk off road atau naik turun jalan yang ekstrem dengan muatan yang penuh, tentu saja CVT-nya tidak mampu menahan beban yang berat itu," ungkap Hermas. 

Kesimpulan

Sekalipun pengoperasiannya serupa namun pada dasarnya matic konvensional dan CVT adalah dua jenis transmisi yang berbeda. Setiap jenis transmisi punya cara kerja dan kelebihan masing-masing.

Transmisi CVT ini diciptakan untuk menghasilkan sensasi berkendara lebih nyaman dan akselerasi halus. Namun konsekuensinya, performa CVT tidak tangguh untuk medan ekstrem apalagi medan off road.

Untuk kalian yang suka bepergian ke luar kota tapi enggan repot main kopling, maka transmisi otomatis konvensional jadi pilihan yang ideal. Jenis transmisi ini bisa memberikan efek engine brake lebih baik ketimbang CVT ketika melewati turunan panjang.

Namun bila sering melakukan mobilitas dalam kota atau commuter dengan kondisi jalan datar, maka mobil yang pakai transmisi CVT Honda Brio adalah jawaban ideal. Konsumsi bahan bakar bisa hemat dan pengemudi dimanjakan dengan akselerasi yang meluncur halus tanpa ada hentakan.  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Brio vs March
Honda Brio
Lihat