Jadi LSUV Paling Mahal, Ternyata Banyak Hal Yang Tanggung di All-New Honda BR-V. Apa Saja?

  • Beberapa panel interior Honda All-New BR-V terasa kurang solid
  • Segelintir fitur sederhana justru absen
  • Road noise yang sedikit menganggu kenyamanan

Jelas, Honda BR-V kini menduduki pucuk tangga harga di kelas LSUV. Varian paling mahalnya, tembus Rp 346,6 juta (OTR Jakarta). Dan wajar jika pembelinya memiliki ekspektasi besar dalam banyak hal. Begitupun kami. Namun, ternyata ia masih memiliki kekurangan yang cukup terasa tanggung mengingat harganya terbilang mahal. Walau bukan perihal fundamental. Apakah kekurangannya terbayar dengan kecanggihannya?

Tak Memiliki Setelan Telescopic Steering

Jika melihat line up mobil Honda, rasanya bukan hal sulit untuk memasang telescopic steering. Sayangnya, pada BR-V baru hanya tersedia setelan tilt saja di palang kemudi. Padahal, rival sekelasnya mayoritas memiliki hal ini.

Memang, telescopic steering bukan hal fundamental. Namun alangkah lebih baik jika setelan itu dihadirkan. Demi membuat posisi duduk lebih variatif untuk disesuaikan postur tubuh. Agak sayang, sebab posisi mengemudi di BR-V terbilang sudah nyaman. Baik dari segi kualitas bangku dan genggaman setir, serta memiliki sudut pandang luas.

Simak video lengkapnya:

Konsol Tengah Kurang Solid, Meski Sisanya Terasa Sangat Berkualitas

Andai Anda berkesempatan untuk melihat langsung unit Honda BR-V, coba tengok ke bagian konsol tengah area bawah. Plastik yang membungkus area tuas transmisi, hingga soket-soket listrik. Area itu kami rasa kurang solid. Plastiknya agak lentur dan terasa murah.

Kembali lagi, hal ini bukan sesuatu yang sangat mengganggu. Juga tak berpengaruh pada kualitas mengemudi. Namun, agak sayang saja melihat hal ini seperti murahan. Karena di area lain, justru kualitas interior BR-V sangat baik. Dari mulai bangku hingga door trim atau dashboard. Tanggung.

Storage Tengah Kecil

Kalau bicara laci utama di sisi penumpang depan, serta saku-saku pada door trim BR-V memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup. Tapi kalau bicara storage konsol tengah, rasanya cukup kecil. Tidak banyak yang bisa masuk. Tutupnya pun – yang biasa digunakan sebagai arm rest pada LSUV lain – agak mundur dan sempit sehingga kurang menyangga tangan dengan nyaman. 

Hal ini kami sadari, ternyata berasal dari lebar kabin yang cenderung sempit. Sehingga memangkas bagian tengah untuk mengoptimalisasi ruang duduk pengemudi dan penumpang. Wajar saja, toh kalau dipikir lagi, ia memakai dashboard Honda Amaze yang sejatinya seukuran Brio. Makanya kabin mobil terasa sangat kompak walaupun panjang.

Rem Tangan Masih Konvensional

Xpander Cross dan Veloz, yang menjadi rival BR-V, mampu menyediakan electronic parking brake (EPB) serta auto hold di varian termahalnya – yang notabene masih di bawah harga BR-V. Namun Honda memilih tak memberikan hal itu. Rem tangannya masih menggunakan sistem mekanikal biasa. 

Entah karena sebetulnya mobil ini sudah dikembangkan bertahun-tahun lalu, atau ada alasan lain. Namun absennya EPB dan auto hold pada LSUV termahal, seperti ada yang kurang saja. Rasanya fungsi auto hold akan cukup nyaman ketika mobil digunakan saat bermacet-macetan. 

Di lain sisi, rem tangan konvensional memang akan lebih murah dan mudah perawatannya. Terutama dalam jangka waktu panjang. Bagaimanapun, mekanikal sederhana lebih memiliki durabilitas tinggi. 

Baca juga: Hasil Uji Konsumsi BBM All-New Honda BR-V vs Rival LSUV 7-Seater, Jadi Yang Paling Irit?

Belum Ada Blind Spot Monitor

Honda boleh saja membombardir perangkat keamanan aktif serba canggih dan fungsional. Dari yang dasarnya saja sudah lengkap. Begitu juga turunan dari Honda Sensingnya. Hampir tak ada rival yang bisa melawan kelengkapan fitur keamanan masa kini tersebut.

Sayangnya, justru yang sederhana malah tertinggal. Seperti blind spot monitor misalnya. Hal ini absen sama sekali baik di spion kiri maupun kanan. Untung saja ada LaneWatch yang bisa memberi sudut pandang lebar dari lensa spion kiri dan diterjemakan pada layar head unit. Namun, seperti tanggung saja sisi kanan sama sekali tak diberikan alert apapun. Sama halnya, Rear Cross Traffic Alert yang mulai umum diaplikasikan LSUV tak ada di BR-V.

Namun, Kekurangannya Terbayar dengan Hal Berikut

Dari segala hal tanggung yang dimilikinya, jujur saja semua terbayar dengan kualitas berkendara, fitur keamanan, serta paras elegan. Kami terkesan dengan kombinasi mesin paling bertenaga di kelasnya ini - dengan transmisi CVT miliknya. Power delivery terasa halus, secara bersamaan juga responsif.

Bahkan dari data kami, bukan hanya paling bertenaga. Bahkan ia berhasil jadi LSUV paling irit. Tenaga dan efisiensi bahan bakar dapat bersinergi baik. Handling mobil ini pun tak ragu kami bilang paling baik di kelasnya. Tidak terlampau limbung (Ukuran SUV), juga dapat meredam guncangan dengan lembut. Meski memang road noise cukup terasa ketimbang rivalnya yang menurut kami berasal dari kolong fender dan lantai. 

Apalagi bicara Honda Sensing, rasanya tak perlu diragukan lagi fungsinya sangat relevan dengan keadaan kota besar. Fitur turunan di sini cukup detail membaca objek-objek selain mobil. Yang masing-masing sudah kami tes langsung respons radar dan sensor tersebut.  Paling canggih! 

Video Tes Honda Sensing All New BR-V:

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda BR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya!

Hal-hal Tanggung di Honda BR-V Terbayar dengan Ini

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda BR-V
Lihat