Hasil Uji Konsumsi BBM All-New Honda BR-V vs Rival LSUV 7-Seater, Jadi Yang Paling Irit?

  • All-New Honda BR-V berbekal mesin 1.500 cc naturally aspirated paling bertenaga di kelasnya
  • Mesin baru mengusung kop silinder berkomposisi DOHC
  • Tenaga bertambah 1 PS sementara torsi tidak berubah dari generasi pertama

Seperti sudah diketahui, salah satu penyempurnaan All-New Honda BR-V ada di sektor performa. Berbekal mesin baru yang diklaim memiliki tenaga terbesar di kelasnya, di atas kertas mungkin benar adanya. 

Paling ‘Ngacir’ di Kelasnya

Dorongan responsif, masih asyik dibawa berlari

Seringkali Honda tampak memikat ketika mendambakan output mesin relatif besar di antara opsi rival sekelas. BR-V adalah salah satu bukti nyata. Mundur sedikit ke belakang, generasi sebelum sanggup gelontorkan tenaga 120 PS dari unit 1.500 cc SOHC naturally aspirated berkode L15Z. Cukup besar di saat kontestan lain rata-rata tawarkan angka moderat sekitar 100 PS.

Kembali ke model termutakhir, tertuang update teknologi yang berimbas pada sedikit peningkatan output. Dengan kode L15ZF, kini BR-V sanggup gelontorkan tenaga 121 PS di 6.600 rpm. Sementara itu, besaran torsi tetap 145 Nm hanya saja capaiannya 300 rpm lebih rendah ketimbang model lama yakni 4.300 rpm. Sebagai catatan, transmisi yang diusung tetap CVT.

Mesin 1.500 cc L15ZF kini mengadopsi DOHC 

Untuk diketahui, salah satu ubahan signifikan pada mesin 1.500 cc Honda BR-V adalah keberadaan noken as ganda alias Dual Overhead Camshaft (DOHC). Secara teori, komposisi seperti ini menawarkan kelancaran aliran udara lebih baik ketimbang Single Overhead Camshaft (SOHC) di mesin lama. Tidak salah kalau berekspektasi bahwa penyempurnaan mampu meningkatkan tenaga berikut efisiensi pembakaran.

Hasil revisi terhadap output mesin tadi tampak tidak begitu kentara, memang. Meski begitu, diferensiasi dalam lansekap LSUV pun tidak banyak bergeser. Rival tetap mau tidak mau bertekuk lutut ketika bicara soal performa. Bukan hanya di atas kertas, hasil pengujian akselerasi menunjukkan hal yang sama. 

Komparasi Data Akselerasi LSUV 1.500 cc Naturally Aspirated
  Tenaga Torsi Transmisi Akselerasi 0-100 kpj
Honda BR-V 121 PS @ 6.600 rpm 145 Nm @ 4.300 rpm CVT 11,87 detik
Mitsubishi Xpander Cross 105 PS @ 6.000 rpm 141 Nm @ 4.000 rpm CVT 13,09 detik
Suzuki XL7 104,7 PS @ 6.000 rpm 138 Nm @ 4.400 rpm 4AT 13,48 detik
Toyota Rush 104 PS @ 6.000 rpm 136 Nm @ 4.200 rpm 4AT 14,81 detik

Baca juga: Harga All New BR-V Lebih Mahal dari Toyota Avanza dan Veloz 2022, Honda: Kami Kasih yang Terbaik!

LSUV 7-Seater Paling Irit yang Pernah Kami Tes

Menyoal pembuktian konsumsi BBM, All-New BR-V terbilang impresif. Dibawa wara-wiri dalam kemacetan Jakarta sejauh 82,2 km ia meminum sebanyak 5,546 liter bensin. Dirata-rata berarti torehkan angka nyata 14,82 km/l. Lebih baik dari perhitungan MID yang agak pesimistis sebesar 13,6 km/l.

Lebih impresif lagi kala dibawa melaju konstan di tol dalam simulasi perjalanan luar kota. Transmisi CVT seamless memungkinkan mobil melaju kencang tanpa berteriak. Seakan memberikan keyakinan kalau ia lihai mengendalikan hasrat dahaga – tentu selama pengemudi berkendara dengan sopan sebagaimana mestinya. 

Hasil pengujian selaras dengan karakteristik yang dirasa. Mengarungi jalan lengang ditambah jalur bebas hambatan sejauh 50,2 km, BR-V hanya meminum 2,204 liter bensin. Ini berarti mencatatkan daya tempuh rata-rata 22,78 km/l. Cukup bahkan terbilang sangat irit bukan?

Dari dua skenario pengujian tadi lantas dapat ditarik hasil perhitungan konsumsi BBM kombinasi sebesar 17,1 km/l. Tidak dapat dipandang sebelah mata untuk sebuah mesin empat silinder 1.500 cc naturally aspirated. Sampai tulisan ini dibuat, Honda BR-V sukses menempatkan diri sebagai LSUV paling irit – setidaknya dari rival sekelas yang telah kami uji.

Rekap Hasil Pengujian Konsumsi BBM (Kombinasi) LSUV 7-Seater: 

  • Honda BR-V: 17,1 km/l
  • Suzuki XL7: 16,6 km/l
  • Mitsubishi Xpander Cross: 15,78 km/l
  • Toyota Rush: 11,59 km/l 

Oke, konsumsi BBM besar kemungkinan bervariasi tergantung kondisi lalu lintas, gaya berkendara, dan faktor lainnya. Meski begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa BR-V memiliki potensi dalam menghemat BBM lebih baik ketimbang rival. Menariknya lagi bukan cuma irit, tersaji pula mesin paling powerful.

Well, ia membuktikan bahwa memiliki tenaga ekstra belum tentu menjadikan suatu mobil lebih boros ketimbang opsi satu kasta lainnya. Efisiensi adalah kunci dan mesin Honda satu ini layak diapresiasi. 

Baca juga: Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin…..

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda BR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya!

Hal-hal Tanggung di Honda BR-V Terbayar dengan Ini

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda BR-V
Lihat