3 Penyakit Honda Jazz GD3 yang Harus Diwaspadai, Akibat Cara Pakai yang Sembarangan

Honda Jazz GD3 merupakan generasi pertama Jazz di Indonesia yang meluncur pada Februari 2004. Saat itu Jazz masih didatangkan secara utuh dari Thailand sebagai basis produksi mobil ini untuk kawasan Asia.

Selama dipasarkan hingga 2007, Jazz GD3 hadir dalam varian mesin berteknologi i-DSI dan VTEC. Meskipun sudah cukup uzur, tapi penampilan Jazz GD3 ini masih stylish dan timeless di tahun 2022 ini. Untuk saat ini, harga pasaran Honda Jazz GD3 bekas sudah relatif terjangkau, di kisaran Rp55 juta sampai dengan Rp90 jutaan.

Tak lagi diproduksi, Honda Jazz merupakan mobil kompak yang sangat banyak peminatnya. Bahkan sosok Honda City Hatchback pun masih belum bisa menyamai nama besar Jazz di segmen hatchback. Dimensinya yang kompak, desain modis dan stylish kesukaan anak muda, mesin bertenaga dan hemat bahan bakar, jadi alasan mengapa mobil ini banyak dicari. 

Namun demikian, buat kamu yang memelihara Honda Jazz GD3 atau sedang hunting mobkas ini, sebaiknya ketahui kelemahan dan penyakit yang sering terjadi. Sebagai catatan, penyakit yang muncul di Honda Jazz GD3 ini biasanya kebanyakan disebabkan karena pemakaian yang jorok dan asal-asalan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mesin Honda Jazz GD3 Keluar Asap dan Rembes Oli

Honda Jazz baik itu i-DSI ataupun VTEC punya karakter mesin yang durable selama perawatannya benar. Mesin ini irit BBM dengan produksi tenaga yang cukup besar, sehingga membuat Jazz disukai. 

Hal pertama yang perlu kita waspadai dari Honda Jazz GD3 ini ialah soal mesin. Sebagai jantungnya kendaraan, mesin harus sehat dan prima sehingga tak mengkhawatirkan saat kita kendarai. Perilaku pemakaian yang jorok membuat mesin keluar asap putih dari knalpot.

Apakah penyebabnya? Dikutip dari video YouTube Proleevo Channel, ini karena pemilik mobil yang malas ganti oli sehingga membuat bagian piston dan ringnya jebol. 

Seal kruk as juga dapat rembes oli, karena kondisinya sudah getas. Untuk kasus ini penyebabnya hanya karena usia pakai part yang sudah cukup lama. 

Umumnya bila pemakaian sudah berusia di atas lima tahun sudah kering sehingga olinya rembes. Seal kruk as ini memang perlu diganti secara berkala setiap lima tahun pemakaian. Bila rembesnya dibiarkan maka membuat volume oli mesin berkurang. 

Bicara perawatan mesin pun nggak rumit, karena cukup ganti oli, tune up, ganti busi dan segera ganti koil bila ada yang mati. Kalau aspek perawatan tadi tak dijalankan, maka mesin jadi ngempos.

2. Transmisi CVT Honda Jazz GD3 Jebol, Akibat Salah Jenis Oli

Kasus kedua yang patut diwaspadai dari Honda Jazz GD3 ialah transmisi otomatis CVT bermasalah. Penyakit CVT di Jazz waktu posisi R atau mundur muncul getaran seperti besi beradu. Penyebabnya sepele, karena efek salah memasukkan jenis oli ke transmisi CVT.

Perlu diingat, oli untuk transmisi CVT memakai jenis CVTF (CVT Fluid), dan untuk mobil Honda sangat diharuskan memakai oli CVTF keluaran Honda. Kesalahannya yaitu sebagian mekanik malah mengisinya dengan oli ATF(AT Fluid).

Mekanik tadi mengacu pada tutup oli transmisi yang bertuliskan ATF. Padahal tutup oli tersebut bisa jadi barang copotan, sehingga keterangannya tidak sesuai dengan kebutuhan oli transmisi di Jazz GD3.

Untuk masalah transmisi CVT ini bisa ditangani dengan overhaul, namun biayanya bakal sama seperti mengganti dengan komponen transmisi copotan dari Singapura. Hasil overhaul transmisi CVT pun tak maksimal, sehingga dianjurkan untuk mengganti dengan part copotan yang masih sehat.

Kalau ganti transmisi CVT segelondong ex Singapura, estimasi harganya berkisar Rp6,5 juta. Untuk transmisi yang digunakan yaitu milik Jazz yang produksi Jepang.

3. Kaki-Kaki Honda Jazz GD3 Ringkih, Akibat Berkendara Asal-asalan

Untuk masalah yang satu ini memang sering terjadi pada Jazz GD3. Posisi bushing lower arm tidur, dan rentan hancur karena kebiasaan mengemudi yang asal-asalan. Saat melewati kondisi jalan rusak tidak mengurangi kecepatan dan main libas sehingga bushing lower arm tadi jebol.

Untuk mengatasinya tidak bisa hanya ganti bushing, tapi harus ganti satu set dengan lower arm. Misalnya yang jebol di sebelah kiri, maka ganti dengan satu set lower arm kiri. Satu set lower arm ini terdapat bushing besar, bushing kecil, dan ball joint.

Rack steer jebol di bagian bushing juga menjadi masalah lain dari Jazz GD3, muncul suara gludug-gludug saat dikendarai. Penyebabnya karena usia dan faktor pemakaian yang main hajar jalanan rusak. Untuk bushing rack steer ini cukup diganti bagian bushingnya saja. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat