First Drive Honda CR-V e:HEV, Sensasi Mobil Hybrid Ramah Lingkungan Ala Jepang

Pada penyelenggaraan GIIAS 2022 pekan lalu, PT Honda Prospect Motor menampilkan dua sosok mobil ramah lingkungan yaitu Honda Accord e:HEV dan CR-V e:HEV. Keduanya menjadi bukti komitmen perusahaan yang didirikan oleh Soichiro Honda ini agar semakin ramah lingkungan. Dalam kesempatan ini, pihak HPM menyiapkan CR-V e:HEV sebagai unit test drive kepada pengunjung pameran otomotif tahunan tersebut.

5 Hal yang Buat Honda CR-V 2015 Gak Kalah Keren Dari Toyota Raize Dkk, Harga Bekasnya di Bawah Rp300 Juta!

Adu Penampilan All New Honda CR-V 2023 Vs Generasi Sebelumnya, Ukuran Makin Besar Dengan Tampang Bengis

Kami pun tak melewatkan kesempatan ini untuk merasakan seperti apa performa mobil hybrid buatan Honda. Tak tanggung-tanggung, HPM langsung membawa unit CR-V ini dari Jepang. Hal ini bisa langsung diketahui karena dari panel instrumen maupun head unit ini bertuliskan huruf Jepang. 

Label e:HEV di bagian belakang nama CR-V ini mengacu pada ”energi” dan “elektrifikasi”. Layaknya mobil hybrid, CR-V ini tetap memanfaatkan mesin konvensional internal combustion engine (ICE) sebagai generator untuk mengisi energi listrik ke baterai. 

New Honda CR-V Hybrid menggunakan mesin 1.993 cc DOHC 4 silinder 16 valve i-VTEC non turbo. Produksi daya yang dihasilkan sebesar 107 dk @6.200 rpm, serta torsi 175 Nm @3.500 rpm. Sistem e:HEV ini punya tiga mode berkendara yang secara otomatis berganti sesuai kondisi pengendaraan dan beban mesin, yakni electric, hybrid, serta full ICE. 

Nah, bagaimana sih impresi berkendara mobil dengan layout yang 'Jepang Banget' ini? Berikut ini ulasannya dari kami. 

Panel Interior Honda CR-V e:HEV yang Jauh Berbeda Dari CR-V Lokal

Secara fisik eksterior, hampir tidak ada bedanya antara CR-V e:HEV versi Jepang dan unit yang dijual di Indonesia kecuali emblem dan spion. Perbedaan cukup nyata bakal kita alami ketika membuka pintu dan melihat interiornya. Masuk ke ruang kemudi Honda CR-V e:HEV ini, kita disuguhi tampilan dashboard dengan susunan panel yang cukup berbeda daripada CR-V lokal. 

Apa saja keunikan dari CR-V e:HEV ini? Cukup banyak mulai dari transmisi model tombol, desain dashboard dengan battery bar, hingga user interface di head unit yang memakai huruf Jepang. Itu baru soal tampilan layout depan, untuk konfigurasi kursinya juga berbeda.

Versi Jepang masih mempertahankan layout 5-seater dengan ruang bagasi cukup luas. Sedangkan untuk versi Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara memakai layout 7-seater di tipe tertinggi, yaitu Prestige with Honda Sensing. Selebihnya, untuk pengaturan kursi pengemudi sama seperti versi lokal, memakai electric seat.

Bagaimana dengan impresi berkendara mobil ini? Unik dan menarik, akan kami jelaskan di bagian berikutnya.

Impresi Berkendara Honda CR-V e:HEV, Torsi Instan Namun Kurang Responsif 

Saat mulai berkendara, kita tidak perlu menggeser tuas transmisi, melainkan cukup memencet tombol D kemudian memencet tombol electric parking brake ke posisi release. Impresinya effortless, mirip seperti transmisi di Hyundai Santa Fe terbaru. 

Menyinggung mobil dengan penggerak motor elektrik, kita pasti akan disuguhkan dengan performa kendaraan yang menghasilkan torsi instan saat mulai menginjak gas. Hal ini juga hadir di Honda HR-V e:HEV, yang akselerasinya cukup spontan walau tetap halus.

Nah, perbedaan karakter medan jalan atau situasi berkendara di Indonesia dan di Jepang membuat responsivitas di CR-V e:HEV ini sedikit berbeda ketimbang CR-V versi lokal. Ini saya rasakan ketika melewati obyek tanjakan, dimana motor listriknya tidak bergeming tak membuat mobil merayap maju setelah fitur hill start sudah non aktif sehingga bisa melorot.

Saat berhenti di tanjakan, kaki kanan harus lincah. Setelah melepas pedal rem, kaki harus langsung menginjak sedikit pedal gas supaya tidak melorot. Untuk mobil matic konvensional di tanjakan dengan kemiringan sangat landai, masih bisa sedikit bergerak maju perlahan meskipun kita tidak menginjak pedal gas.

Kinerja Motor Elektrik dan Mesin Saling Bergantian Menggerakkan Mobil

Sebagai mobil hybrid, kinerja Honda CR-V e:HEV ini berjalan memanfaatkan motor elektrik dan mesin secara silih berganti. Saat di trek lurus, saya mencoba mengendarai mobil ini dengan berbagai level kecepatan tertentu. Tujuannya untuk mengetahui hingga kecepatan berapa motor elektriknya bekerja.

Di Honda CR-V e:HEV ini motor listriknya bekerja hingga kecepatan 50 km/jam. Setelahnya, mode berkendara bakal menghidupkan mesin untuk menjalankan mobil, sambil melakukan proses pengisian baterai.

Saat mobil dipacu pada kecepatan 63 km/jam di trek lurus, terdengar suara mesin ikut menyala dan berputar sesuai injakan pedal gas. Namun ketika mobil melaju pada kecepatan di bawah 50 km/jam maka mesin kembali berhenti bekerja.

Soal handling tak ada yang berbeda dengan CR-V Turbo yang ada di Indonesia. Putaran setir tetap presisi dengan feedback setir yang baik. Lebih lanjut, radius putar dari Honda CR-V ini juga relatif kecil untuk sebuah SUV sehingga memudahkan ketika bermanuver, entah di keramaian lalu lintas atau lokasi parkir.

Agak disayangkan arena test drive yang digunakan saat GIIAS 2022 kali ini sedikit berbeda layoutnya ketimbang tahun lalu. Treknya cukup pendek dengan  ujung untuk memutar balik yang ruangnya lebih sempit. Ini membuat para pengunjung yang melakukan test drive sulit mendapat impresi secara proporsional.

Kesimpulan

Teknologi elektrifikasi merupakan suatu keniscayaan, yang cepat atau lambat bakal hadir di Indonesia. Untuk beralih ke teknologi ini, butuh suatu fase perantara dengan menghadirkan kendaraan hybrid. Hadirnya teknologi e:HEV dari Honda menjadi suatu solusi untuk memasuki era elektrifikasi.

Dukungan pemerintah untuk skema pajak mobil hybrid begitu dinantikan agar harganya kompetitif. Pasalnya, mobil hybrid dikenai pajak tinggi karena konfigurasi dua mesin (mesin konvensional dan motor elektrik). Apabila skema perhitungan pajak bakal diatur berdasarkan tingkat emisi, maka mobil hybrid bakal kompetitif dengan range harga serupa mobil dengan mesin combustion konvensional.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda CR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Tes Lengkap Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige 2021 | Test Drive

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

2021 Honda CR-V Touring | 360 Walkaround

HONDA CRV vs GEELY AZKARRA!! CROSSOVER BOXING MATCH!!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda CR-V
Lihat