Beragam Model Honda Civic Terbaru, Mana yang Terbaik untuk Anda?

Bagaimana cara memilih tiga model Honda Civic 2020 yang dipasarkan di Indonesia? Salah satu model paling legendaris milik Honda ini memang menawarkan berbagai pilihan. Mulai dari Honda Civic Hatchback yang lebih praktis, versi sedan, hingga edisi berperforma tinggi Civic Type R. Intip kelebihan dan kekurangan semua model Honda Civic terbaru di Indonesia.

Honda Civic Hatchback

Varian Honda Civic Hatchback merupakan model pertama yang debut pertama kali dari keluarga Honda Civic. Diperkenalkan pada tahun 1972, Civic hatchback bahkan sudah dipasarkan sepuluh tahun sebelum versi sedan diperkenalkan dan 20 tahun sebelum versi coupe-nya.

Kehadiran Civic di Indonesia memang dimulai sejak Civic 2 pintu digunakan oleh pembalap legendaris Aswin Bahar. Baru versi Excellent keluaran tahun 1980 membuatnya menjadi Civic yang populer di Indonesia. Edisi hatchback ini identik sebagai mobil dokter.

Honda Civic Wonder yang hadir di Indonesia pada rentang 1984 hingga 1991 menjadi mobil hatchback yang populer pada masanya. Berbentuk kotak dengan mesin 1.3L 4-silinder 12 katup, handling yang mumpuni serta suspensi yang mengesankan membuatnya nyaman untuk dikendarai.

Sejak Civic Wonder, Honda mulai membawa berbagai perubahan pada Honda Civic dengan beragam model dan tampilan. Dari tahun ke tahun, Civic dibuat semakin modern serta mendapatkan berbagai tambahan teknologi. Bahkan Honda Civic bekas tetap populer bagi penggemar otomotif Tanah Air.

Kelebihan dan kekurangan Civic Hatchback

Honda Civic 2020 edisi hatchback mendapatkan pembaharuan pada awal tahun lalu. Dengan nama Honda Civic Hatchback RS, emblem RS menandakan mobil ini menghadirkan tampilan yang lebih sporty. Sebelumnya, facelift Honda Civic 2019 meluncur pada bulan Februari.

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mencoba mengukuhkan eksistensinya mewakili warisan keluarga Civic yang telah melegenda. HPM mengklaim tampilan baru membuat versi yang lebih ramah keluarga ini semakin seksi dan semakin canggih.

Memperkenalkan tagline Sexiness Intensified, HPM menyebutkan ada 12 fitur baru yang terpasang, baik pada eksterior maupun interior kendaraan. Dimulai dari desain bumper depan dan belakang baru. Dimana bumper belakang sudah dilengkapi dengan diffuser untuk tampilan yang lebih seksi.

Keunggulan pertama dari Honda Civic 2020 edisi hatchback tentu saja tampilan luar yang mengesankan. Bukan hanya membawa kepraktisan kendaraan keluarga, tapi lekukan yang tajam dan aerodinamika mobil ini menawarkan tampilan rasa maskulin tersendiri.

Di dalam, roda kemudi berbungkus kulit dilengkapi dengan aksen jahitan berwarna merah. Diikuti dengan konsol tengah serta doortrim serta jok berbungkus kulit menggunakan jahitan berwarna sama. Dan pada bagian bawah, ada pedal bergaya sporty sesuai dengan nuansa sport yang diinginkan Honda.

Kepraktisan di dalam kabin terasa dari berbagai teknologi yang ditawarkan. Diantaranya head unit layar sentuh 7 inci, sistem Smart Entry, kamera belakang, pengaturan kursi 8 arah, auto wiper, serta AC pada baris kedua yang menonjolkan kenyamanan berkendara bagi penumpang belakang.

Begitu pula dengan mesin yang digunakan pada mobil Honda Civic 2020 ini, menggunakan versi 1.5T VTEC berteknologi turbo bersanding transmisi CVT Earth Dreams Technology. Civic Hatchback mencatatkan tenaga hingga 173 PS dan torsi maksimal 240 Nm, terasa bertenaga dibandingkan versi hatchback lainnya yang dipasarkan di Indonesia.

Tak perlu takut dengan konsumsi bahan bakar mobil ini. Terlihat dari teknologi ECON Mode untuk mengubah sistem pengendaraan secara otomatis hanya dengan menekan tombol ECON. Maka ECON Mode akan aktif untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Tapi beberapa kekurangan yang bisa dirasakan termasuk ubahan yang terlalu minim dibandingkan edisi sebelumnya. Dari sisi mesin dan kenyamanan berkendara, Honda masih membawakan pengendaraan yang stylish dan menyenangkan, walaupun tanpa pilihan mode berkendara yang canggih.

Sayangnya Civic Hatchback masih belum menggunakan fitur Honda Sensing yang sudah dibawa pada Civic generasi terbaru. Kekurangan lainnya termasuk fitur sunroof yang tak dipakai, dibandingkan model hatchback lainnya yang sudah mendapatkan fitur penanda elegansi ini.

Honda Civic Turbo

Model kedua Civic yang dipasarkan di Indonesia adalah versi sedan yang dikenal juga dengan nama Honda Civic Turbo. Jika hatchback lebih disarankan untuk konsumen dengan keluarga, versi sedan bisa memenuhi kebutuhan berkendara keluarga muda maupun eksekutif muda yang ingin bergaya.

Civic bergaya sedan baru diperkenalkan pada generasi kedua tahun 1980 dengan julukan Super Civic. Model 4 pintu mendapatkan pembaharuan pada teknologi compound vortex controlled combustion (CVCC) yang diperkenalkan pada tahun 1975.

Civic sedan yang dipasarkan di Indonesia merupakan bagian dari generasi kesepuluh yang diperkenalkan pertama kali pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 silam. Sedangkan model ini mendapatkan penyegaran eksterior dan teknologi pada 2019.

Kelebihan dan kekurangan Honda Civic Turbo

Tampangnya memang tak begitu banyak berbeda dibandingkan edisi hatchback. Dikarenakan keduanya merupakan facelift Honda Civic 2019. Desain eksterior yang sporty tentu saja menjadi salah satu kelebihan versi sedan dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

Interior yang nyaman dan elegan menghadirkan kenyamanan tersendiri bagi pengemudi dan penghuni baris kedua. Walaupun ruang bagasi yang tak seluas model hatchback, mengingat ruang belakang yang dipangkas untuk menegaskan tampilan sedan mobil ini.

Berupa perubahan facelift, mesin yang digunakan masih sama seperti edisi sebelumnya, Civic memiliki mesin berkode L15B7 yang memiliki langkah piston yang lebih panjang dan nilai efisiensi volumetrik yang lebih baik, menawarkan bahan bakar yang irit layaknya mesin khas Honda lainnya.

Mesin berkapasitas 1.5L yang sama dengan versi hatchback mampu memberikan hingga 173 PS tenaga maksimal serta torsi 220 Nm yang bisa didapatkan pada putaran 1.700 hingga 5.500 rpm. Menghadirkan performa tinggi, cukup baik apabila dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. 

Hanya ditawarkan dengan transmisi CVT. Namun, Honda tetap memberikan efek perpindahan gigi bagi varian sedan. Membuatnya terasa lebih sporty di jalanan. Karena itu fitur paddle shift bisa digunakan, memberikan efek engine brake yang mampu membantu proses deselarasi mobil.

Keunggulan lainnya termasuk handling yang baik khas mobil Honda. Bahkan sejak model pertamanya masuk ke Indonesia, Civic memang dikenal memiliki rasa berkendara yang menyenangkan, terlebih jika dibawa di jalanan perkotaan. Dibantu mesin bertenaga, rasa berkendara yang ditawarkan terasa mengesankan.

Civic memang baru mendapatkan perubahan dibandingkan beberapa model lainnya yang sudah lama tanpa pembaharuan. Tapi peningkatan model yang ditawarkan Honda pada Honda Civic 2019 hanya berupa penyegaran, jadi tanpa ubahan teknis.

Ubahan Honda Civic 2019 memang terlalu minim. Membuatnya terasa kurang dalam hal modernitas teknologi. Bahkan tanpa sistem Honda Sensing yang ditawarkan pada model Honda terbaru. Meski berdasarkan tampang dan kenyamanan berkendara, Civic masih tetap menjadi sedan yang patut diperhitungkan. 

Masalah lain yang perlu diperhitungkan adalah tentang harga. Mobil Honda memang dikenal memiliki harga yang cukup tinggi. Sedangkan harga Civic Turbo bisa dibilang sebagai yang termahal di kelas. Tapi dengan pengendaraan yang diberikan, harga sepertinya bukan masalah bagi penggila Honda Civic.

Honda Civic Type R

Berbeda dibandingkan dua model sebelumnya, satu varian Civic ini memang lebih gahar dan dipersiapkan untuk dibawa kencang. Tambahan nama Type R di dalam keluarga Civic memang dikhususkan sebagai versi performa tinggi dari mobil kompak ini.

Civic Type R mendapatkan bodi yang lebih ringan dan lebih kaku serta mesin yang disetel secara khusus atau telah mendapatkan peningkatan. Perbedaannya juga terasa pada jenis transmisi yang digunakan. Type R hanya ditawarkan dalam transmisi lima maupun enam-percepatan manual.

Warna merah juga disematkan pada latar belakang logo Honda di depan untuk memberikan perbedaan warna sporty yang lebih spesial dan memisahkannya dari model Civic lain. Sedangkan berbagai teknologi dan sistem keselamatan yang ditawarkan mendukung pengendaraannya yang lebih bertenaga. 

Menjadi yang termuda dari generasi Civic, Type R baru dipasarkan pada generasi keenam Civic berode EK9 keluaran tahun 1997. Civic Type R yang dipasarkan di Indonesia merupakan generasi kelima yang masuk sejak tahun 2017 dan tanpa perubahan hingga saat ini.

Kelebihan dan kekurangan Honda Civic Type R

Dengan tagline ‘Born to Race’, tentu saja menegaskan bagaimana mobil ini siap membawa pengemudi berkendara dengan kecepatan tinggi. Menyenangkan digeber di jalanan lurus, apalagi ketika dibawa berkendara dengan menderu-deru di lintasan balap.

Dibandingkan versi sedan, aura balap mobil ini terlihat dari lekukan yang lebih aerodinamis untuk membawa kemampuan maksimalnya di jalanan. Pengendaliannya juga terasa menyenangkan. Dimana Honda menyebutkan tak hanya mengesankan di trek balap, tapi tak kalah nyaman dibawa di jalanan perkotaan.

Keunggulannya tentu saja terletak pada mesin yang digunakan. Kapasitasnya lebih besar dengan penggunaan mesin 2.T 4-silinder segaris VTEC Turbo DOHC serta mengusung sistem suplai bahan bakar PGM-FI yang sedikit mendukung efisiensi mesin.

Membuat Type R mampu meledakan tenaga mencapai 301 PS pada putaran 6.500 rpm yang menggelegar serta 400 Nm torsi maksimal pada putaran 2.500 hingga 4.500 rpm. Memberikan performa yang tentu saja jauh lebih tinggi dibandingkan mesin dari bodi sedan mobil ini.

Hanya saja performa dan pengendalian yang baik harus mengambil beberapa keunggulan dari dua saudaranya yang lain. Tenaga yang besar membutuhkan mesin yang berputar lebih sering, menyedot lebih banyak bahan bakar dan membuat mobil ini lebih boros ketimbang varian lainnya.

Begitu pula kepraktisan di dalam mobil. Civic Type R memang menggunakan konfigurasi empat tempat duduk. Desain captain seat yang ditawarkan pada kursi baris pertama memiliki ruang penyangga yang besar dan lapang dengan balutan material suede yang nyaman.

Bukan saja harganya yang terbilang tinggi, tapi pajak mobil ini cukup menguras kantong. Terlebih dengan populasinya yang tak banyak dipasarkan di Indonesia, mencari Honda Civic bekas versi Type R membutuhkan usaha lebih.

Harga Honda Civic 2020

Selain bodi mobil dan rasa berkendara, perbedaan paling mendasar dari ketiga varian Honda Civic di Indonesia adalah harga yang ditawarkan. Varian paling terjangkau terlihat dari harganya yang lebih murah dibandingkan saudaranya. Harga Honda Civic 2020 versi hatchback mulai dari Rp499 jutaan.

Varian menengah didapatkan dari versi sedan Civic Turbo. Tak banyak perubahan yang diberikan, begitu juga dengan teknologi yang masih belum selengkap model lain di negeri tetangga. Harganya tak berbeda jauh dibandingkan versi hatchback, dibanderol mulai dari Rp533 jutaan.

Sedangkan varian termahal yang dipasarkan di Indonesia tentu saja versi mobil sport yang lebih bertenaga. Harga Honda Civic Type R yang mengesankan dibanderol bahkan lebih dari Rp1 miliar. Terasa terjangkau jika dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama, Toyota Supra dengan harga Rp2,1 miliar.

Sedangkan dengan harga Honda Civic bekas masih tetap stabil hingga saat ini, Popularitas yang masih terjaga serta spare part yang mudah ditemukan membuat Honda Civic bekas masih banyak dicari di pasar mobil bekas Tanah Air.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan bagi setiap kebutuhan. Seperti hatchback untuk keluarga, sedan untuk pengendaraan sehari-hari, maupun Type R bagi pengejar kecepatan. Kenyamanan dan pengendaraan yang menawan masih menjadi keunggulan mobil ini. Dari ketiga varian Honda Civic terbaru di Indonesia, tentu saja semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Civic

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda ACCORD TC EL 1.5

Rp 494,00 Juta
Rp 10,07 Juta/bln

30.464 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nge-Gas Honda Civic Seharga Rp 1,4 Miliar di Sirkuit Mandalika

Harga Rp 567 juta, Ini Keistimewaan Honda Civic 2021 | First Impression

ALL NEW 2021 HONDA CIVIC REDESIGN - ADS

THE 2020 HONDA CIVIC TYPE R

I Review the 2020 Honda Civic 1.8L E Sedan!!

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Civic
Lihat