Siapkan Rival Honda HR-V sampai Chery Omoda 5, Merek China GAC Bakal Masuk Indonesia

Satu lagi pabrikan China yang sepertinya akan masuk pasar otomotif Indonesia, yaitu GAC (Guangzhou Automobile Group).

Pasalnya beberapa hari belakangan, media sosial ramai membahas satu sosok mobil misterius yang tertutup stiker kamuflase hitam.

Usut punya usut, mobil ini diprediksi adalah unit yang sama dari GAC GS 3 Emzoom dan GAC Emkoo yang sudah dijual di Filipina.

Kabarnya sedang melintas di Tol Cikampek (Foto: Instagram)

Benarkah GAC akan masuk Indonesia?

Baca juga: Brand Mobil China GWM Tunjuk Konsorsium Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia

GAC Bidik Pasar ASEAN

Kabar akan hadirnya produsen Negeri Tirai Bambu ini diperkuat dengan laporan rekan kami Autofun Thailand yang menyebut jika GAC ION Automobile Sales Co., Ltd. (AION) sudah mengumumkan akan memperkuat lini bisnisnya di ASEAN.

Kerjasama dengan jaringan dealer di 4 negara ASEAN

Bahkan AION telah secara resmi menandatangani kerjasama dengan 7 jaringan dealer resmi dari 4 negara di kawasan ASEAN.

Kertujuh dealer tersebut adalah Jinhui (Thailand), AIONIC (Thailand), V Group (Thailand), Harmony Group (Thailand), 99 Myanmar(Myanmar), Harmony Group (Vietnam), EV HUB (Singapura).

Selain menunjuk kemitraan dengan dealer-dealer di 4 negara berbeda, GAC juga berencana memasarkan AION Y Plus pada 9 September 2023 mendatang.

Untuk pasar Thailand disiapkan AION Y Plus

Selain itu Thailand juga ditunjuk sebagai lokasi kantor pusat AION untuk wilayah Asia Tenggara, dan memproduksi mobil-mobil setir kanan yang nantinya akan dipasarkan ke kawasan ASEAN.

"Asia Tenggara merupakan landasan strategi pengembangan dan pertumbuhan merek ini di luar negeri, dan AION tidak hanya memilih Thailand sebagai negara pertama yang memasuki pasar regional, namun juga memulai kehadiran yang kuat di Asia," kata Ma Haiyang, General manager GAC AION Thailand Sales Co., Ltd.

Baca juga: 4 Produsen Mobil China dan Eropa Kepincut Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Indonesia Bisa Jadi Target Pasar GAC

GS3 Emzoom di Filipina

Meski saat ini pihak AION belum mengumumkan kemitraan dengan pihak Indonesia, namun keberadaan GAC GS3 Emzoom dan GAC Emkoo rasanya sudah menjadi sinyalemen kalau merek tersebut bakal merambah pasar otomotif Tanah Air.

Namun bedanya, kalau di Thailand yang disodorkan pertama kali adalah mobil listrik AION Y Plus dengan kemampuan jelajah baterai hingga 610 km, maka untuk Indonesia akan hadir lebih dulu ke segmen mobil ICE.

Pakai nama Emkoo di Filipina (Foto: Instagram)

Masuk kelas SUV Crossover yang dihuni Honda HR-V, Hyundai Creta, Chery Omoda 5 serta Wuling Almaz, Emzoom yang ada di Filipina sama-sama dibekali mesin berkode 1.5TG 1.497 cc dengan tenaga maksimum 176 PS dan torsi 270 Nm yang tersalur ke roda depan menggunakan transmisi 7-speed Dual Clutch.

Baca juga: Kejar Harga Kompetitif, Neta Auto Indonesia Bakal Rakit Mobil Listrik di Bekasi

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross?

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

2021 Honda HR-V Refresh: ONE of the world's best-selling small SUVs

Berita Terbaru

Ada Omoda 5 EV, Chery Pede Bisa Kuasai Pasar Mobil Listrik di Indonesia

Chery Omoda 5 EV jadi salah satu mobil listrik yang siap memasuki pasar otomotif nasional di akhir tahun 2023 atau awal 2024. Sebagai perkenalan, PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah memamerkan Omoda 5 EV selama 11 hari di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Bahkan mobil listrik bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) kompak ini sudah bisa dipesan dengan syarat menyerahkan tanda jadi sebesar Rp10 juta. Baca juga: Dirakit di Indonesia, Ini Jadwal Peluncuran Chery Omoda 5 EV

3 Hal Unik Holden Gemini, Sedan Diesel yang Laris Jadi Taksi Era 90-an

Jaman sekarang mesin diesel tak cuma digunakan pada kendaraan niaga dan SUV pekerja, karena banyak sedan mewah yang menggunakannya. Namun pada era 90-an, sempat ada sosok sedan compact bermesin diesel yang cukup laris. Mobil tersebut ialah Holden Gemini, yang cukup banyak jadi mobil taksi. Buat kalian yang usianya di atas 30 tahun tentu tak asing dengan sedan tersebut. Ya, dulu sosok Holden Gemini begitu unik karena berwujud sedan tapi knalpotnya menyembur asap hitam seperti truk. Baca juga: Har

Harga Bekas Honda BR-V Kini Lebih Murah dari Daihatsu Sigra Baru, Seberapa Menarik Untuk Dibeli?

Honda BR-V (Spesifikasi | Berita) gen 1 hadir dengan bentuk yang gagah dan stylish sebagai ciri khas kendaraan SUV modern. Versi SUV berbasis Mobilio ini pertama kali diperkenalkan pada pagelaran GIIAS 2015. Guna memberikan kenyamanan berkendara, BR-V sempat mendapat update pada sisi fitur setelah tiga tahun kemunculan pertamanya. Pada 2020, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan versi facelift BR-V dengan tampilan lebih modern. Memiliki kesan tangguh sekaligus membawa nuansa prestisius, unt

Ini Alasannya Mitsubishi Xforce Tak ada Varian Transmisi Manual

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan Mitsubishi Xforce dengan dua varian yaitu Exceed sebagai varian termurah dan Ultimate untuk paling mahal. Namun kedua varian mobil ini ternyata hanya dilengkapi transmisi jenis Continuously Variable Transmission (CVT). Padahal, dengan menggendong mesin yang sama seperti Xpander dan Xpander Cross, Xforce justru tidak melengkapi transmisi manual. Baca juga: Setelah GIIAS 2023, Mitsubishi Xforce Mulai Diarak Keliling Indonesia Mena

Neta V Langsung Banjir Pesanan Selama GIIAS 2023

Neta V yang baru pertama kali hadir ke publik Indonesia melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 ternyata mendapat sambutan cukup baik. PT Neta Auto Indonesia menmgklaim sudah mengantongi 162 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) untuk Neta V meskipun mobil ini belum tersedia unitnya. Baca juga: Mobil Listrik Neta V Sudah Bisa Dipesan, Intip Harga dan Spesifikasinya Memang, selama 11 hari pameran di ICE BSD City, Tangerang itu, Neta mengumumkan harga pre-book untuk NETA V

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda HR-V
Lihat