Honda CR-V Hidrogen Mulai Tes Jalan, Bisa Mengeluarkan Air dari Knalpot!

Honda berencana meluncurkan CR-V berbahan bakar hidrogen. Dinamai Honda CR-V (Spesifikasi | Berita) Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), mobil ramah lingkungan tersebut baru-baru ini terlihat sedang melakukan tes jalan di Prefektur Yamanashi, Jepang, atau sekitar 110 km sebelah barat Tokyo.

Berdasarkan foto yang diposting di sosial media X (Twitter) dengan akun nama akun TW MC, memperlihatkan sebuah CR-V generasi keenam yang dibalut menggunakan stiker dengan livery biru cerah bertuliskan ‘Hidrogen’ dimana-mana.

Dibandingkan dengan versi turbo atau hybrid, CR-V hidrogen memiliki bumper depan yang berbeda. Selain itu untuk lampu belakang mendapat aksen biru muda.

Baca juga: Honda AS Recall CR-V Hybrid 2023, Indonesia Terkena Dampaknya?

Honda CR-V hidrogen (foto: TW MC)

Diketahui sebelumnya, Honda berencana akan memproduksi kendaraan listrik berbasis bahan bakar hidrogen (FCEV) pada tahun 2024 di Amerika Serikat. Selain itu, Honda juga telah menunjuk pusat pengembangan serta pabrik untuk produksi kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio, Amerika Serikat.

Kehadiran CR-V hidrogen sejalan dengan tujuan Honda untuk zero emission pada tahun 2050. CR-V menjadi model yang dipilih untuk teknologi FCEV karena model ini memiliki peran penting dalam strategi elektrifikasi Honda di Amerika Serikat.

Mesin dengan  teknologi FCEV

Sekedar informasi, teknologi FCEV menggunakan mesin kendaraan yang digerakkan oleh motor listrik berbahan bakar hidrogen. Kendaraan dengan mengadopsi teknologi FCEV memanfaatkan bahan bakar hidrogen yang selanjutnya menjadi sumber energi untuk menjalankan motor listrik, dan seterusnya mengeluarkan air tidak melepaskan zat CO2.

Baca juga: Intip Spesifikasi Toyota RAV4 GR Sport PHEV, Sekelas CR-V yang Lebih Mahal Rp350 Juta

Honda CR-V di Indonesia Tembus Rp800 Juta

Sementara di luar negeri sudah mulai menguji kemampuan hidrogen, Indonesia malah baru memasuki era CR-V hybrid. Generasi keenam Honda CR-V diluncurkan di pameran GIIAS 2023. 

Terlihat lebih sporty dan juga futuristik, Medium SUV ini juga membawa fitur lebih lengkap. Pada varian 2.0 RS e:HEV, mobil ini dibandrol Rp804,9 juta, sedangkan Rp739,9 juta untuk tipe 1.5 Turbo.

CR-V 2.0 RS e:HEV dibekali mesin 2.0-liter direct-injected 4-silinder segaris Atkinson cycle DOHC yang dikawinkan dengan transmisi Electric Continuously Variable (E-CVT) serta baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh. Secara total, kombinasi antara mesin dengan motor listrik sanggup meletupkan tenaga sebesar 207 PS dan torsi 335 Nm, yang dikawinkan transmisi E-CVT. 

CR-V 1.5 Turbo, mobil ini disematkan jantung pacu 1.5-liter direct-injected 4-silinder segaris DOHC VTEC Turbo dengan meletupkan tenaga 190 PS di angka 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Nm pada putaran 1.700-5.000 rpm. Berbeda dengan varian hybrid, untuk transmisinya CR-V 1.5 Turbo menggunakan CVT.

Baca juga: Harga Honda CR-V Gen 6 Makin Mahal, Mazda CX-5 2023 Jadi Alternatif Cerdas

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda CR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

CR-V Baru Makin Banyak Fitur, Jadi Hybrid Pula!

Tes Lengkap Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige 2021 | Test Drive

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

2021 Honda CR-V Touring | 360 Walkaround

Berita Terbaru

Akibat Peredam Panas, Bikin Nissan Grand Livina Sering Alami Kasus Kebakaran

Nissan Grand Livina menjadi salah satu MPV yang menyajikan kenyamaanan serasa sedan. Namun demikian, banyak orang yang kini khawatir membeli Grand Livina bekas. Alasannya, karena mobil ini ditengarai sering terjadi kebakaran. Baca juga: 5 Hal Penting Sebelum Beli Nissan Grand Livina, Mobil Keluarga dengan Kenyamanan Ala Sedan Jadi Varian Langka, Apa Istimewanya Nissan Grand Livina 1.8 Bekas? Masih Banyak Diburu, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina Cukup banyak kasus mobil terbaka

Keliling Kota Sejauh 157,3 Km, Biaya Daya Listrik Neta V Tidak Sampai Setengahnya Konsumsi Bensin LCGC

PT Neta Auto Indonesia luncurkan Neta V di Tanah Air melalui ajang GIIAS 2023. Sebagai mobil listrik pertama Neta yang menempati segmen crossover, Neta V diniagakan Rp379 juta OTR Jakarta. Usung konsep minimalis dengan teknologi modern yang memberikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara, mobil ini memiliki eksterior maupun interior yang terlihat stylish, simpel dan modern. Terlihat seperti mobil masa depan, Neta V memiliki panel isntrument berukuran 12 inci dengan desain minimalis yang sa

Toyota Alphard Bakal Gak Laku, Volvo Segera Rilis MPV Mewah

Kehadiran Volvo EM90 MPV semakin dekat, meskipun jadwal peluncurannya baru diset 12 November 2023. Mobil baru ini disebut-sebut akan jadi pesaing berat bagi MPV Premium Jepang seperti Toyota Alphard -Vellfire atau Nissan Elgrand. @autofun.indonesia Harganya sampai Rp 1,42 Miliar, seberapa mewah Maxus Mifa 9? #maxus #mifa9 #mobilcina #giias2023 #mobilbaru #reviewmobil ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya Sososk Volvo EM90 pun semakin banyak dibuat sketsa gambar digitalnya, menyusl pa

Lebih Mahal Rp40 Jutaan, Honda HR-V Turbo RS Kalah Telak dari Chery Omoda 5 GT AWD

Di segmen SUV kompak Honda HR-V kembali mendapat perlawanan dari Chery Omoda 5. Seperti diketahui PT Chery Sales Indonesia (CSI) baru-baru ini meluncurkan Omoda 5 GT yang merupakan line up terbarunya dengan mengusung mesin lebih besar. Untuk pasar Tanah Air Omoda 5 GT ditawarkan dalam dua varian, yakni FWD dengan bandrol Rp448,8 juta dan AWD yang diniagakan Rp488,8 juta OTR Jakarta. Sebagai varian paling atas, Omoda 5 GT AWD dijual lebih murah Rp43,8 juta dari Honda HR-V Turbo RS. Memiliki selis

Mitsubishi Makin Agresif di Indonesia, Buka Empat Dealer Baru dalam Sepekan!

Ekspansi pasar yang dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Indonesia makin masif belakangan ini. Tak tanggung, dalam sepekan ada empat dealer Mitsubishi terbaru dibuka bersamaan. Diantaranya diler 3S (sales, service, spare parts) di Kisaran, Sumatera Utara pekan lalu yang menggandeng Sardana Group. Serta tiga dealer baru di wilayah Jabodebek, diantaranya Cibinong dan Cikarang. @autofun.indonesia Kira-kira harganya bakal berapa dan namanya apa ya? #mobilbaru #s

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda CR-V
Lihat