Master Rem Yamaha NMax Terlihat Simpel, Ternyata Ada Banyak Komponen Loh!

Sistem pengereman, termasuk pada Yamaha NMax terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari cakram, kaliper, kampas rem bahkan master rem. Tapi, tahu kah Anda kalau perangkat terutama master rem ternyata juga terdiri lagi beberapa komponen?

Master rem ini kelihatannya saja simpel dan biasa saja. Apalagi pada motor-motor bawaan pabrikan seperti Yamaha NMax. Bagian paling luar yaitu reservoir tank beserta penutupnya, cuma didesain demikian.

1. Reservoir tank: berfungsi sebagai bak penampung minyak rem cadangan.

2. White cap: merupakan tutup reservoir tank, tempat penyimpanan minyak rem cadangan.

3. Diaphragm: seal atau pengunci berbahan karet. Fungsinya menjaga agar minyak rem dalam tangki tidak langsung terkena udara luar.

4. Master cylinder body: bagian di mana menjadi tempat untuk beroperasinya piston dan seal master cylinder. 

5. Level sensor: untuk diketahui, master rem juga memiliki sensor untuk mendeteksi apabila minya rem di dalam bak penampungan sudah habis. 

6. Return spring: sebuah pegas pembalik agar piston dapat kembali ke posisi semula.

7. Primary piston: piston utama pada rem depan yang dilengkapi seal pada bagian ujungnya.
 
8. Secondary Piston: merupakan piston sekunder yang berada di bagian rem belakang dan juga memiliki seal.
 
9. Return port: lubang katup untuk pengembalian minyak rem yang berasal dari ruang tekanan ke arah reservoir tank. 

10. Inlet port: lubang untuk mengisi minyak rem dari reservoir ke ruang tekanan minyak rem.  

Master rem Yamaha NMx juga harus mendapatkan perawatan secara berkala.

Baca juga: Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda?

Perawatan Master Rem  

Bisa Anda lihat sendiri, master rem pada motor begitu juga Yamaha NMax itu terdiri dari 10 komponen. Oleh karena itu, perawatan master rem pada Yamaha NMax ini juga harus dilakukan secara rutin. Pasalnya, kerusakan dari salah satu komponen tadi bisa saja terjadi seiring pemakaian. 

Salah satu komponen bahkan disarankan untuk mendapatkan penggantian secara rutin. Sebagai contoh seal master rem atau master cylinder kit Yamaha NMax yang harus diganti setiap 20.000 km atau setelah 2 tahun pemakaian.

Ciri-ciri bagian itu harus diganti bisa dirasakan ketika pengereman terasa keras dan tidak pakem. Padahal, kampas rem, kaliper maupun cakram dalam kondisi masih bagus.

Jika pengereman terasa keras dan tidak pakem, bisa jadi ada bagian master rem yang mengalami kerusakan.

Baca juga: Masih Ragu Mau Beli? Simak Hal Yang Sering Ditanyakan Terkait Yamaha Nmax 155 2021

Dilihat dari aplikasi Yamaha part katalog, item tersebut dijual dengan HET Rp78 ribu. Tentu saja belum termasuk biaya pasang. Tapi, banderol ini terbilang murah untuk penggunaan 2 tahun. 

Penggantian seal master juga baiknya dilakukan di bengkel resmi. Karena giat ini juga sepatutnya diikuti pula dengan pengurasan dan pengisian kembali minyak rem baru. Tujuannya tak lain untuk menghilangkan angin palsu pada selang rem. 

Agar master rem awet dan kinerja pengereman optimal, perawatan seperti membersihkan bagian master rem juga harus sering dilakukan. Kotoran atau debu bisa saja masuk ke bagian ini. Jika sudah begini, gerak piston master rem akan terhambat dan deselerasi pun berlangsung tidak sebagaimana mestinya. 

Pipa kaliper rem bisa karat jika sering melewati banjir.

Baca juga: Pengguna Yamaha Nmax Wajib Tahu, Ini Batas Aman Lewati Banjir

Cara lain merawat master rem juga dapat dilakukan dengan cara menghindari jalanan yang banjir. Jika sering menerabas genangan air, pipa kaliper rentan terkena karat. Alhasil, pengereman menjadi tidak pakem dan muncul suara berisik di bagian tersebut.  

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat