Sering Terlupakan Ternyata Port Charger di Motor Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Selain USB, masih ada juga port charger bertipe lubang 12volt
  • Debu dan air patut dihindari
  • Barang yang bisa dicas port charger terbatas

Saat ini salah satu fitur yang kerap dihadirkan pada motor-motor baru adalah port charger atau electric power socket. Ada yang masih berbentuk port 12v seperti Yamaha Aerox 155 VVA 2022, ada juga versi yang sudah dilengkapi tipe USB charger seperti pada Honda Scoopy 2022.

Namun ada kesamaan yang ditawarkan kedua jenis port charger tersebut, yaitu dapat mengisi daya dari gawai seperti smartphone atau tablet penggunanya. Selain itu, peranti tersebut juga perlu dirawat. Bagaimana caranya?

Meski dilengkapi tutup, selalu cek kebersihan dan kerapatannya

1. Selalu rutin mengecek lubang pengecasan tersebut. Pastikan electric power socket selalu dalam kondisi bersih. Hindari potensi debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

2. Jika sulit membersihkan karena lokasinya yang agak masuk seperti milik Yamaha Aerox 155 VV 2022, cara membersihkannya bisa dengan bantuan angin. Yakni dengan cara di semprot menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah.
   
3. Jangan lupa menutup port charger pasca digunakan. Langkah ini penting untuk mencegah korosi karena adanya air yang masuk saat hujan atau mencuci motor.

Dengan adanya penutup karet memang ditujukan sebagai pelindung untuk menghindari air yang dapat menyebabkan korsleting listrik dan memutus sekring.
 
4. Selalu gunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor. Semisal pada motor Yamaha Gear 125, dapat menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.

Jadi jangan paksa peranti ini untuk mengisi peranti yang lebih besar dari dayanya. Semisal mengecas power bank atau bahkan kamera dan laptop, atau PC. Ingat, ini motor bukan genset!

5. Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai merubah jalur kelistrikan. Karena normalnya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis. Jadi lupakan sejenak aksesoris seperti lampu LED warna-warni ala bus malam di motor ini.

6. Jika terjadi kerusakan atau korsleting, pengendara hanya perlu mengganti sekring yang rusak karena korsleting hanya akan memutus sekring untuk bagian charger. Cukup mendatangi bengkel resminya, untuk melakukan pergantian sekring.

Baca Juga: Cara Instan Bikin Motor Nampak Futuristik, Pakai Saklar Bajaj Pulsar!

Tujuan Hadirnya Port Charger

Seperti disebutkan sebelumnya, fitur port charger dihadirkan untuk menunjang kebutuhan mobilitas pengguna motor di Indonesia yang semakin terkoneksi dengan gadget. Sehingga dihadirkanlah fitur port charger yang memiliki standar sesuai kebutuhan listrik sehingga tidak mempengaruhi performa motor.

Ingat, daya listrik dari port charger terbatas. Jangan samakan dengan genset

Seperti pabrikan Yamaha mengaplikasikan fitur electric power socket pada sepeda motor mereka agar memudahkan penggunanya mengisi daya gadgetnya.

Sehingga fitur ini bisa diandalkan pengendara yang aktif sebagai sumber arus listrik dalam segala kondisi, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring.

Apalagi saat ini smartphone punya beragam fungsi. Selain berkomunikasi, juga kini kerap jadi sarana pembayaran online. Jadi jangan lupa merawat peranti casannya ya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Gear 125
Lihat