Lebih Murah dari Honda BeAT 2022, Yamaha Xabre Bekas Banyak Dicari Karena Ini

Yamaha Xabre bekas banyak dicari.
  • Harga bekasnya sudah sangat terjangkau.
  • Punya desain yang gagah.
  • Fiturnya terhitung canggih.

Salah satu fenomena yang terjadi di Indonesia, yakni ketika motor barunya masih dijual, respon dan minat konsumen untuk membeli tak begitu bagus. Namun kala sudah dihentikan penjualannya dan digantikan model baru, justru unit bekasnya banyak dicari.

Salah satu motor yang mengalami hal tersebut adalah Yamaha Xabre. Kini unit bekasnya banyak dicari oleh anak-anak muda, dan mereka yang ingin motor untuk sehari-hari namun terlihat gagah dan unik.

Dikenalkan tahun 2016, motor ini berhenti dijual tahun 2019. Model ini keburu digantikan oleh Yamaha MT-15 yang menjadi model global untuk naked bike entry level Yamaha.

Harga Bekas Lebih Murah dari Honda BeAT 2022

Yamaha Xabre jadi pilihan motor naked bike gagah dengan harga terjangkau. Untuk tahun 2016, harga unit bekasnya kini mulai dari Rp 12 jutaan. Tahun 2017 dari Rp 14 jutaan, 2018 dari Rp 17 jutaan dan tahun 2019 dari Rp 19 jutaan saja.

Baca juga : Sekilas Mirip tapi Gap Harga sampai Rp6 Jutaan, Ini Bedanya Yamaha MT-15 dan Yamaha Xabre

Yup, harganya terhitung terjangkau untuk ukuran sebuah motor sport, dan sudah lebih murah dari Honda BeAT 2022 yang dijual dari Rp 17,620 juta. Tapi tentu saja kembali pada kondisi unit, status pajak dan lokasi penjual ya, kami hanya menampilkan harga terendah untuk tiap tahun produksi.

Lantas kenapa kini Yamaha Xabre bekas mulai banyak dicari?

Harga bekasnya sudah lebih murah dari Honda BeAT terbaru!

1. Desain Agresif Yamaha Xabre

Motor yang punya nama lain Yamaha M-Slaz ini menawarkan desain agresif, tak kalah dengan Yamaha MT-15 2022. Namun memang desain Yamaha Xabre ini bukanlah desain global untuk naked bike Yamaha seperti halnya Yamaha MT Series.

Fascia depannya layaknya seorang yang menggunakan penutup wajah, dengan hanya bagian matanya (lampu) yang terlihat. Bentuk tangkinya gahar, dengan shroud yang besar, panjang dan menjorok ke depan.

Gagah dengan suspensi depan upsied down.

Motor sport satu ini memiliki desain yang padat pada bagian depan sampai tengah. Selain tangkinya besar, cover bawah mesin dan pelindung radiator membuat area mesin lebih berisi dan padat.

Buritannya pun cenderung pendek, sehingga area duduk untuk pembonceng relatif terbatas. Mau tidak mau, pembonceng harus nempel dengan pengendara, kalau tidak bakal mudah terjengkang!

Baca juga : Bocoran Motor Baru Yamaha, Bakal Tambah Pasukan di Segmen Classy?

2. Mesin Mirip Yamaha Vixion

Yamaha Xabre menggendong mesin yang mirip dengan Yamaha Vixion, spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, injeksi dan pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57 mm dipadu dengan langkah piston 58,7 mm serta rasio kompresi 10,4 : 1.

Mesin serupa Yamaha Vixion, mudah dirawat dan dioprek.

Tak seperti Yamaha Vixion yang andalkan 5 percepatan, Yamaha Xabre juga punya 6 percepatan sehingga perpindahan tiap giginya cenderung rapat. Besaran tenaga yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 16,3 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 14,3 Nm di 7.500 rpm.

3. Fitur Yamaha Xabre Lengkap

Kelengkapan yang dibawa motor ini pun sudah terhitung mumpuni, misal lampu depan dan belakang sudah LED. Kemudian panel meter full digital, suspensi depan sudah upside down dan lengan ayun alumunium.

Pelek yang digunakan pun kekar, serupa dengan milik Yamaha MT-25. Proses menyalakan mesin pun berasa big bike, karena switch starter model geser ke bawah, menyatu dengan engine cut off. 

Sudah pakai lampu LED depan belakang.

4. Dimensi Ringkas Yamaha Xabre

Total ukuran Yamaha Xabre dengan jarak sumbu roda 1.350 mm adalah 1.959 x 795 x 1.065 mm (P x L x T). Motor ini memiliki setelan ketinggian jok dan ground clearance masing-masing 805 mm dan 164 mm.

Berat isinya sendiri mencapai 135 kg, dengan kapasitas tangki penuh mencapai 9 liter. Jarak sumbu roda 1.350 mm masih memungkinkan motor ini untuk bermanuver lincah di kemacetan.

Baca juga : Yamaha XMax Bekas Menarik Untuk Dipinang, Fitur Lengkap Harga Setara NMax Baru!

Yamaha Xabre digantikan Yamaha MT-15.

Kesimpulan

Yamaha Xabre jadi opsi menarik untuk yang mengincar motor naked gagah, dengan harga terjangkau. Suspensi upside down, lampu LED dan mesin serupa Yamaha Vixion, memudahkan perawatan berkala.

Hanya saja lantaran unitnya tak begitu banyak diterima masyarakat dan waktu hidup yang terhitung sekilas, berburu unit bekasnya harus banyak-banyak sabar. Lebih baik menunggu mendapatkan unit yang sehat dan sreg dihati bukan?

Spesifikasi Yamaha Xabre
Dimensi  
P x L x T 1959 X 795 X 1065 mm
Sumbu Roda  1.350 mm
Jarak Terendah  164 mm
Tinggi Jok  805 mm
Berat Isi 135 kg
Kapasitas Tangki 

10,2 liter

Mesin  
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah 57  x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi 10,4 : 1
Daya Maksimum 16,3 PS /8.500 rpm
Torsi Maksimum 14.3 Nm/ 7.500 rpm
Rangka dan Kaki-kaki  
Tipe Rangka Deltabox
Suspensi Depan Telescopic Form (Inverted)
Suspensi Belakang Link Monoshock
Ban Depan  110/70-17M/C (54S)
Ban Belakang 130/70-17M/C (66S)
Rem Depan  Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Xabre
Lihat