Setia Pakai Penggerak Roda Depan dan CVT, Setangguh Apakah Honda HR-V 2022 yang Akan Masuk Indonesia?

Honda Motor Corporation baru saja meluncurkan generasi terbaru Vezel di Jepang. Crossover yang dinamai sebagai Honda HR-V ini kemungkinan besar bakal hadir di Indonesia tahun 2022 mendatang. Seperti versi yang sekarang, HR-V kembali mengusung penggerak roda depan dan transmisi CVT untuk tipe standar. 

Bisa dibilang, Honda menjadi pabrikan yang menginisiasi kedua sistem ini pada mobil 'dual purpose', sejak zaman CR-V. Kombinasi FWD dan CVT ini dikenal menghasilkan performa yang efisien, tapi apa cuma itu saja kehebatannya? 

Memang, kombinasi penggerak dan transmisi ini semakin lumrah digunakan pada crossover kekinian. Penggerak roda depan (front wheel drive/FWD) menawarkan kelincahan di jalanan yang cukup padat. 

Pada umumnya pabrikan mobil merancang layout mesin dengan sistem penggerak roda depan diposisikan secara melintang. Hal ini membuat garis sumbu putaran roda sejajar dengan garis sumbu putaran mesin. 

Rancangan drivetrain di sistem penggerak ini lebih sederhana dari sisi komponen mekanis. Jadi, putaran dari mesin langsung didistribusikan oleh transmisi ke roda, tanpa adanya gardan atau as kopel seperti di penggerak roda belakang. 

Baca juga: All New Honda HR-V 2021 Resmi Meluncur di Jepang, Tunggu Waktu Datangi Indonesia

Penggerak Roda Depan Bikin Harga Honda HR-V 2022 Lebih Murah? 

Pabrikan kendaraan kini semakin memperhatikan sisi ekonomis untuk produksi suatu model dengan melihat habitat dimana mobil itu seringkali digunakan. Hal ini juga menjadi pertimbangan produsen dalam menyediakan sistem penggerak roda di sebuah model. 

Pasalnya, All New Honda Vezel atau HR-V 2022 ini habitatnya seringkali hanya digunakan di jalan aspal. Dengan demikian, penggerak roda depan dianggap sudah cukup untuk mengakomodasinya. 

Alasan pabrikan mobil kini lebih condong merilis mobil FWD tak lain karena biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah. 

Bisa dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) di kategori mobil yang sama. Maka, mobil RWD lebih mahal karena komponennya yang cukup banyak karena adanya gardan dan beberapa komponen pendukung. 

Baca juga: Perbandingan New Honda HR-V 2021 Vs Honda HR-V Lama, Lebih Mirip SUV Terbaru Mazda?

Keunggulan Penggerak Roda Depan Pada Crossover, Handling Mantap di Segala Kondisi

Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin pada saat hujan. Traksi ban lebih bagus pada jalan licin, karena roda depan yang menarik roda belakang. Peluang mobil selip atau melintir ini relatif minim sehingga menjanjikan handling yang mantap. 

Keunggulan lainnya dari penggerak roda depan dari sisi bobot kendaraan. Mobil FWD bisa lebih ringan karena tidak adanya roda gila atau flywheel dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. 

Dengan mobil yang relatif ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar dan lebih cepat berakselerasi untuk medan aspal. Terlebih, Honda Vezel atau HR-V senantiasa memakai transmisi CVT. 

Transmisi CVT Honda Suguhkan Efisiensi BBM Sekaligus Performa Menjanjikan 

CVT atau Continuously Variable Transmission adalah transmisi yang tidak memiliki gigi perseneling seperti pada mobil bertransmisi manual ataupun mobil bertransmisi otomatis konvensional.

Transmisi dengan sabuk baja ini jadi andalan di hampir seluruh model Honda yang ada di Indonesia. Teknologi Earth Dream yang digaungkan Honda pada CVT bertujuan menghasilkan performa berkendara yang halus dan efisien.

Kinerja transmisi CVT ini membuat mobil berakselerasi secara halus dan meluncur secara gradual. Hal inilah yang membuat mobil bertransmisi CVT terasa nyaman untuk berkendara sehari-hari di dalam kota.

Jadi ketika mobil dikendarai, kita cukup masuk posisi D. Pengemudi tidak perlu mengoper tuas perseneling setelah pindah ke posisi Drive. 

Rasio pulley penggerak belt sangat bervariasi. Rentangnya bisa melebihi transmisi manual atau otomatis konvensional 5 atau 6 percepatan. 

Perbandingan pulley dan panjang belt ini menjaga putaran mesin supaya dapat berada pada tingkat efisiensi yang tinggi setiap saat.  Ini juga memiliki desain yang cukup sederhana, karena perangkat transmisi yang tidak rumit inilah membuat biaya produksi lebih murah.

Baca juga: Sebelum Berganti Model, Yuk Simak Lagi Keunggulan Fitur Honda HR-V 2021

FWD Berikan Optimalisasi Ruang Kabin, Sejalan dengan Filosofi Honda

Honda dalam merancang mobil ini terkenal piawai dengan optimalisasi ruang. Walaupun dari luar mobilnya terlihat kecil, namun interiornya bisa tetap terasa lega. Hal ini salah satunya didukung oleh penggerak FWD. 

Posisi mesin pada penggerak roda depan umumnya melintang (tranverse) dan tidak ada gardan yang membuat deknya menonjol. Hasilnya, kabin mobil pun bisa dibuat lebih optimal dan lega karena lantai kabin dapat dibuat lebih rata. 

Kelemahan FWD + CVT , Bisa Muncul di Honda HR-V 2022

Namun demikian, konsekuensi dari sistem FWD memiliki konstruksi yang membuat roda depan bekerja lebih berat. Selain untuk mengatur arah kendaraan, roda juga berfungsi sebagai penggerak. 

Mobil Cenderung Susah Nanjak di Kemiringan yang Agak Ekstrim

Kondisi medan yang naik turun bukit di sebagian wilayah di Indonesia, kerap membuat mobil berpenggerak depan lebih lemah ketimbang penggerak belakang. Kemampuannya seolah kurang greget saat menghadapi daerah perbukitan, dengan kondisi jalan kasar. 

Sebab secara teknis, roda depan menarik mobil, bukan mendorong. hal seperti ini membuat mesin lebih sulit dapat momentum untuk menanjak. 

Kondisi ini kadang diperparah karena roda belakang kehilangan traksi. Saat mobil menanjak, beban mobil jadi berpindah ke bagian belakang.

Sementara itu, bagian depan mobil akan kehilangan berat beban, ini yang memicu mobil penggerak roda depan selip. Untuk itu, kita butuh ancang-ancang yang tepat supaya mobil tidak melorot di tanjakan.

Kesimpulan 

Melihat karakter penggerak dan jenis transmisi yang digunakan, Honda memang merancang Honda HR-V 2022 generasi ketiga ini lebih sebagai crossover perkotaan. Mobil ini memang bisa diajak lewat jalan kasar berbatu tapi bukan dalam kondisi yang ekstrim. 

Jadi memang wajar apabila HR-V ini lebih ditujukan pada konsumen pengguna di kota besar. Utilitas mobil ini akan sangat sering di jalanan aspal. Kalaupun ketemu medan yang sedikit sulit biasanya saat berlibur ke lokasi di pedesaan. 

Kombinasi CVT dan FWD pada Honda HR-V 2022 yang kemungkinan akan masuk ke Indonesia ini sudah ideal. Kita disuguhi mobil yang penampilannya elegan, maskulin, kaya fitur, dan pastinya irit bahan bakar tanpa mengorbankan performa mesin. 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4

Rp 381,00 Juta
Rp 7,76 Juta/bln

94.919 km

7 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 406,00 Juta
Rp 8,27 Juta/bln

84.641 km

5,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CR-V TURBO 1.5

Rp 358,00 Juta
Rp 7,29 Juta/bln

64.558 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 401,00 Juta
Rp 8,17 Juta/bln

76.014 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

2021 Honda HR-V Refresh: ONE of the world's best-selling small SUVs

ALL NEW Honda HR V 2020 Restyle

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda HR-V
Lihat