Honda City Hatchback 2021 Setia Pakai Rem Tromol Belakang, Kinerja Pengereman Bukan Jadi Keunggulan? 

Indonesia menjadi negara kedua yang jadi tempat peluncuran Honda City Hatchback 2021.  Walaupun keren, Honda City Hatchback masih pakai rem tromol di roda belakang. Apa sih keunggulan rem tromol yang dianggap model lawas ini? 

Sosok hatchback ini begitu fenomenal karena dipersiapkan jadi penerus Honda Jazz yang pensiun. Namun publik dibuat skeptis karena tidak ada improvisasi pengereman untuk mobil yang estimasi harganya di atas Rp300 jutaan ini.

Rem jelas merupakan salah satu dari sekian komponen yang vital. Karena fungsi utama rem untuk mengurangi laju kendaraan, dan secara langsung membantu pengendalian. 

Meski sudah tergolong kuno, tapi rem tromol itu bandel alias jarang rewel. Memang sih secara penampilan jadi kurang sporty karena tidak ada piringan besar dan kaliper di balik velgnya seperti pada mobil balap. 

Baca juga:

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback?

Absen di Honda City Hatchback, Apa Hebatnya Rem Cakram Roda Belakang Pada Toyota Yaris 2021?

Fitur Pintar Ultra Seat Pada Honda City Hatchback RS 2021, Warisan Berharga Honda Jazz

Rem tromol biasa digunakan untuk kendaraan lawas sekitar tahun 1990-an atau yang lebih tua. Mobil keluaran terbaru umumnya memakai rem cakram, termasuk juga Toyota Yaris sebagai rival Honda City Hatchback. 

Memang, rem cakram jadi andalan terutama di mobil yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar sehingga membutuhkan daya rem yang lebih kuat. 

Namun demikian, rem tromol ini terkenal akan ketangguhannya karena jadi andalan di kendaraan berat. Bisa saja, Honda ingin supaya City Hatchback ini punya performa pengereman yang tetap oke namun konstruksi yang sederhana sehingga mudah dirawat. 

Keunggulan Rem Tromol, Kuat dan Durabilitas Tinggi 

Salah satu keuntungan utama dari rem tromol adalah jenis rem ini menyediakan kontak lebih besar antara kampas rem dan bidang gesek di tromol. Karena kontak kampas rem dan tromol lebih besar, memungkinkan daya pengereman tersebar lebih luas. 

Cara kerja rem tromol yaitu dengan cara mengembang, dimana saat kita melakukan pengereman maka kampas rem menempel pada brake pads ini mekar. Saat mengembang, maka permukaan kampas rem akan saling bergesekan dengan tromol (drum brake) yang berputar. Hasil gesekan pada tromol tersebut yang membuat laju mobil semakin berkurang.

Keunggulan Rem Tromol, Minim Terpapar Kotoran

Rem tromol punya desain perangkat yang tertutup, dimana brake pad tertutup oleh tromol. Implikasi tersebut adalah kotoran dari jalanan tak mudah menempel di rem tromol. 

Untuk roda belakang memang paling riskan soal kotoran ini karena ada akumulasi cipratan dari roda depan juga. Waktu di musim hujan, brake pad tidak kotor karena cipratan lumpur dari ban sehingga performa pengereman tetap terjaga. 

Performa Pengereman Rem Tromol Lebih Lembut, Tapi Tetap Pakem

Soal kemampuan pengereman, rem cakram dinilai lebih pakem. Namun untuk mobil keluarga atau pemakaian sehari-hari, kombinasi rem cakram di depan dan tromol di belakang cukup ideal. Rem tromol mampu menahan beban lebih berat saat kondisi penumpang penuh berikut barang bawaan, dan kinerjanya juga lembut. 

Ini karena permukaan kampas  yang bergesekan dengan tromol cukup lebar. Ini membuat daya pengereman yang cukup kuat tapi prosesnya lembut. Jadi dari sisi kenyamanan, rem tromol ini tidak ngagetin.

Sementara itu, Honda City Hatchback 2021 tetap memakai cakram sebagai rem depan ada di depan karena saat mengerem semua bobot pindah ke depan. Unruk itu, mobil tetap butuh rem cakram karena perlu kemampuan yang lebih hebat sebagai efek menahan bobot. 

Kesimpulan

Memakai rem tromol untuk mobil jenis hatchback mungkin dianggap ketinggalan zaman. Namun, dalam teknologi otomotif kita juga perlu melihat fungsi dan kenyamanan daripada sekedar estetika teknologi. Honda City Hatchback ini masuk kategori mobil untuk keluarga, maka kemampuan pengereman harus mumpuni tapi juga tidak menghentak seperti pada rem cakram di keempat roda.

Sebagai hatchback kaya fitur, maka Honda City Hatchback 2021 peruntukannya pasti digunakan sebagai kendaraan harian. Untuk itu, faktor kenyamanan perlu diutamakan tanpa mengorbankan performa pengereman. Jadi, jangan anggap enteng rem tromol yang gayanya jadul ini. 
 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City Hatchback

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2017 Honda CIVIC TURBO E 1.5

Rp 359,00 Juta
Rp 7,31 Juta/bln

63.859 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda City Hatchback
Lihat