Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback?

Yongki Sanjaya · 8 Mar, 2021 17:00

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 01

Banyak kalangan yang cukup sedih karena Honda Jazz tahun ini akhirnya stop produksi. Untuk rentang harga Rp300 jutaan pilihannya ada Honda HR-V dan City Hatchback 2021 yang secara resmi menggantikan Jazz.  Kalau diminta memilih, apakah kamu akan memilih HR-V daripada City Hatchback?

Keduanya walaupun satu merek akan saling sikut dalam memikat konsumen dari kalangan muda. Baik Honda HR-V atau City Hatchback 2021 punya keunggulan masing-masing yang saling melengkapi. Misalnya saja, HR-V punya postur tinggi sebagai sebuah crossover dan untuk City Hatchback hadir sebagai model mutakhir dengan mesin baru.

Di kelas harga Rp300 jutaan, tersedia dua tipe Honda HR-V yaitu tipe E CVT seharga Rp316,9 juta dan E CVT Special Edition seharga Rp333,6 juta. Sementara untuk City Hatchback hadir hanya dalam tipe RS varian manual 5-percepatan dan metik CVT. Kemungkinan besar, Honda City Hatchback akan dijual pada rentang harga yang serupa.

Baca juga:

Harga Kemahalan, Toyota C-HR Kalah Beken Dari Honda HR-V 2021

Pertimbangkan Biaya Perawatan Honda HR-V 2021 Sebelum Meminangnya

Fitur Pintar Ultra Seat Pada Honda City Hatchback RS 2021, Warisan Berharga Honda Jazz

Walaupun HR-V generasi terbaru sudah meluncur di Jepang namun unitnya belum dijual secara global. Jadi, kita hanya akan membandingkan HR-V versi terkini saja. 

Kamu yang mungkin memilih HR-V punya pertimbangan karena mobil ini memberikan posisi pengemudi yang lebih tinggi dibandingkan dengan City Hatchback. Banyak kalangan mengakui HR-V sebagai SUV subkompak yang praktis dan efisien. 

Namun demikian sebagai sebuah crossover, HR-V mungkin tidak punya kemampuan seperti yang diberikan City Hatchback untuk kenikmatan berkendara secara keseluruhan. Posturnya yang tinggi biasanya membuat handling sedikit limbung di kecepatan tinggi. 

Honda HR-V 2021, Crossover Andalan Honda di Indonesia

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 01

Honda HR-V adalah salah satu model yang menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor di Indonesia. Kontribusi Honda HR-V 1.5L juga cukup besar, mencapai 15 persen dari total penjualan Honda di 2020 yakni sebanyak 11.936 unit.

Honda HR-V atau Hi-rider Revolutionary Vehicle dirilis untuk kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil kecil, tapi memiliki segala kelebihan yang dimiliki oleh kendaraan berjenis SUV. HR-V diminati masyarakat karena harganya yang masuk akal dan desainnya maskulin. Pilihan tipe yang ditawarkan juga lengkap. 

Honda HR-V memiliki desain yang maskulin dan sporty. Kesan gagah ini berkat penggunaan panel front grille Solid Wing dengan desain lebih lebar dan tebal, sebagai latar dari logo Honda. 

Garis-garis bodinya sendiri semakin mempertegas kesan SUV yang aerodinamis dan modern. Sayangnya, untuk kisaran harga Rp300 jutaan tidak memiliki panoramic sunroof dan chrome exhaust finisher seperti varian Honda HR-V 1.8L Prestige.

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 02

Bicara soal desain, HR-V 2021 yang kini dijual masih memakai style interior model lama. Jadi, agak ketinggalan zaman kalau membandingkan dengan interior Honda City Hatchback sebagai model terbaru.

Apabila membandingkan segi desain, maka ada kesamaan pada interior HR-V generasi terbaru yang sangat mirip dengan Honda City dan Honda Fit versi Jepang. Jadi, kita harus bersabar paling cepat hingga tahun depan bila ingin merasakan suasana interior dengan bahasa desain terbaru di Honda HR-V generasi ketiga di Indonesia.

Interior Lega Kaya Fitur di Honda HR-V 2021

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 03

Layout interior Honda HR-V ini rancangannya driver oriented. Ini bisa kita lihat pada desain center cluster dashboard yang mengarah ke pengemudi. 

Floating audio touchscreen berukuran 8 inci ini kompatibel dengan berbagai format media seperti AM/FM radio, MP3/WMA, iPod/iPhone, Android via port USB, AUX, Bluetooth dan Smartphone Connection.

Untuk bagian setirnya, dipenuhi dengan tombol kontrol untuk memudahkan pengaturan beberapa fitur. Di sebelah kiri setirnya terdapat tombol pengaturan audio, sedangkan pada bagian kanan ada pengaturan Cruise Control. Paddle Shift juga tersedia pada Honda HR-V tipe E CVT, sehingga ada sedikit sentuhan racing pada mobil ini.

Poin lebih yang membuat HR-V unggul yaitu pada kabin yang lega. Saat kita duduk di bagian depan dan belakang, HR-V tetap menyuguhkan posisi duduk yang nyaman.  

Tak kalah penting, ukuran jendela di pintu baris kedua juga cukup besar. Ini tentunya tidak membuat kesan claustrophobia karena pandangan yang luas. 

Fitur Khas Honda Jazz Hadir di HR-V 

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 04

Walaupun Honda Jazz telah berhenti diproduksi, namun HR-V punya keunggulan fitur Ultra Seat yang diwariskan dari hatchback legendaris Honda itu. Ultra Seat pada HR-V terbagi menjadi refresh mode (menyambung kursi depan dengan kursi belakang), tall mode (menegakan dudukan kursi belakang) dan utility mode yang dapat membuat kursi belakang terlipat rata lantai. 

Wajar saja karena HR-V juga memakai sharing platform dengan Honda Jazz. Platform tersebut juga memposisikan tangki bbm dibawah kursi depan. Kabin Honda HR-V pun menjadi yang paling praktis dalam urusan penyimpanan dan pengaturan fitur. 

Honda City Hatchback 2021, Suksesor Honda Jazz yang Fenomenal 

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 05

PT Honda Prospect Motor telah mengonfirmasikan kalau Honda Jazz akhirnya berhenti diproduksi dan dijual. Sebagai pengganti, Honda City Hatchback hadir dengan spesifikasi yang konon lebih menarik. 

Bicara soal dimensi kendaraan, Honda City Hatchback RS 2021 ini memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.488 mm. Dibandingkan dengan Jazz, City Hatchback RS memiliki dimensi yang lebih proporsional.

Menurut data di atas kertas, Honda Jazz mempunyai panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm dan tinggi 1.524 mm. Atap yang rendah dengan ukuran mobil yang panjang dan lebar membuat City Hatchback ini lebih streamline, dan punya hambatan angin rendah. 

Rancangan seperti ini juga membuat handling mobil kian minim limbung. Untuk kalian yang punya karakter berkendara agresif, akan menyukai desain City Hatchback yang 'ceper' ini. 

Fitur Unggulan Honda City Hatchback 2021, Makin Canggih

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 06

Sebagai suksesor, City Hatchback juga tetap memiliki keunggulan dari Jazz, salah satunya ialah fitur Ultra Seat. Ultra Seat yang ada pada Honda City Hatchback RS 2021 dapat diatur dengan 4 mode pengaturan yang terdiri dari: Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode. 

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 07

Pada bagian interior, panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang juga terintegrasi dengan 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Smartphone juga dapat dengan mudah ditautkan pada bagian audio dengan fitur Smartphone Connection. 

Tidak hanya itu, mobil ini juga telah disematkan fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan secara Normal View, Wide View dan Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

Mesin Honda HR-V, Lebih Perkasa dari City Hatchback? 

 

New Honda HR-V 1.5L E CVT dibekali mesin 1.5L 4 silinder segaris, 16 Katup + DBW. Tenaga yang dihasilkan sebesar 120 PS/6.600rpm dan torsi 145 Nm/4.600rpm. Mesin ini ternyata serupa dengan mesin yang digunakan oleh Honda Jazz sekarang. 

Sesuai dengan namanya, maka tipe ini hanya memakai pilihan transmisi CVT dengan paddle shift untuk sensasi perpindahan gigi ala mobil balap. 

Lantas apakah mesin HR-V ini lebih baik? Sebagaimana yang diinformasikan ketika peluncurannya, City Hatchback RS 2021 dibenamkan mesin yang berbeda dengan Jazz.

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback? 08

Hatchback terbaru Honda ini menggendong mesin 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Tenaga yang dihasilkan mesin ini lebih besar dan mampu merilis angka 121 PS/6.600 Rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 Rpm.

Bicara soal performa, jelas City Hatchback terbukti sedikit lebih unggul. Memang beda tenaganya tidak besar, namun karakter DOHC ini cukup responsif di putaran atas, sehingga memberikan karakter yang agresif saat kita pacu dalam kecepatan tinggi.

Kesimpulan

Membandingkan sosok HR-V dengan City Hatchback maka masing-masing model ini hadir untuk segmen konsumen yang sedikit berbeda. Untuk pengguna HR-V ini biasanya dari latar belakang konsumen yang mencari mobil dengan utilitas serba bisa. 

Postur yang gagah dan ground clearance tinggi membuat HR-V siap dikendarai di kondisi jalan yang tidak mulus. Apabila mencari aspek fun to drive yang memuaskan, maka City Hatchback adalah jawaban yang tepat. 

Mesin baru dan desain atap rendah membuat karakternya responsif serta minim limbung. Untuk anak muda atau keluarga muda di perkotaan, City Hatchback jadi suksesor yang pas dari Jazz yang pensiun. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda HRV 1.5L S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru