Pabrikan Honda terkenal dengan mesin bensin berteknologi i-VTEC yang mamp membuat mesin lebih responsif tapi tetap bisa efisien dalam pemakaian bahan bakar. Namun sebenarnya untuk beberapa negara lain Honda juga menyediakan mesin diesel. Misalnya yang dipakai di India.
Satu tipe mesin diesel Honda 1.5-liter i-DTEC yang dipakai pada Honda BR-V di India. Mobil ini hadir sejak Desember 2015. Dan hingga 2018 hampir 50% penjualan Honda BR-V di India berasal dari model mesin diesel.
Sayangnya BR-V diesel harus dihentikan penjualannya sejak April 2020 karena terkendala emisi baru BS6 yang setara dengan EURO6. Belum lagi penjualannya yang turun sampai 60% pada 2019 dibandin tahun sebelumnya.
Sebenarnya dari segi teknik, mesin diesel milik Honda ini memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh saudaranya mesin bensin VTEC.
Baca juga : Tambah Honda Sensing, Harga Honda BR-V 2022 yang Meluncur Besok Tembus Rp350 Jutaan?
Saat berada di kondisi menanjak dan kemacetan, torsi menjadi lebih dibutuhkan karena untuk menggerakkan bodi mobil. Itu berakibat mesin tidak perlu bekerja terlalu keras.
Mesin diesel memiliki karakteristik yang identik dengan torsi besar, begitu pula dengan mesin N15A1 1.5-liter turbo diesel i-DTEC berteknologi Earth Dreams milik Honda BR-V.
Menghasilkan tenaga 100 PS pada 3.600 rpm dan torsi maksimum 200 Nm di 1.750 rpm rasanya akan lebih baik untuk menghela bodi BR-V dan mengatasi berbagai rintangan yang lebih membutuhkan torsi berlimpah.
Menurut klaim Honda India, dengan menggunakan mesin diesel maka konsumsi BBM Honda BR-V tercatat satu liter untuk berkendara sejauh 21,9 kilometer dirute dalam kota. Angka yang hampir sama seperti LCGC di Tanah Air, tetapi dengan bodi LSUV.
Efisien dalam pengunaan bahan bakar juga ditambah harga solar yang tidak terlalu mahal, membuat biaya transportasi akan semakin rendah.
Baca juga : Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan
Honda mengerti betul potensi dari mesin diesel hanya bisa keluar jika menggunakan transmisi manual, sehingga BR-V khusus diesel hanya hadir dengan transmisi manual 6 percepatan.
Memang kombinasi mesin diesel-transmisi manual kurang cocok pada penggunaan kota besar, tetapi bagi keluarga yang sering bepergian keluar kota akan sangat terbantu.
PT Honda Prospect Motor (HPM) akan merilis Honda BR-V 2022 hari ini. Tetapi sepertinya tetap hanya datang dalam pilihan meisn bensin 1.5-liter.
Mungkin kedepannya bisa menjadi opsi bagi Honda guna menjajal pula potensi pasar mesin diesel pada BR-V. Mengingat belum ada kompetitor di kelas diesel LSUV, dan pastinya ada ruang bagi calon konsumen yang menyukai mesin diesel tetapi budget mereka terbatas.
Baca juga : Bocoran Honda BR-V 2022 Berbasis Honda N7X Concept: Daftar Varian dan Prediksi Harga!
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5
15.640 km
1,5 tahun
Banten
2021 Toyota VELOZ Q 1.5
16.755 km
2 tahun
Banten
2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5
17.350 km
3,5 tahun
Banten
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0
105.533 km
5,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat