Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan

Yongki Sanjaya · 20 Sep, 2021 15:00

Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan 01

Setelah beredar hingga sekitar enam tahun, PT Honda Prospect Motor kabarnya akan merilis Honda BR-V generasi kedua. Langkah ini jelas sangat penting karena BR-V yang kian terlupakan di antara deretan low SUV lain. Harga bekas Honda BR-V keluaran 2020 bahkan mengalami depresiasi sekitar Rp70 jutaan.

Berdasarkan penelusuran kami, Honda BR-V Prestige bekas lansiran 2020 kini dijual seharga Rp215-230 jutaan. Sementara itu di tahun lalu, mobil tersebut dijual dengan harga baru Rp291,3 juta. Ada penurunan harga paling tinggi sekitar Rp76,3 juta setelah digunakan selama setahun.

Lantas, beli bekas keluaran 2020 apakah menguntungkan? Bila membahas hal itu, kita perlu tahu seberapa besar persentase penurunannya. Dengan penurunan sekitar Rp61,3-76,3 juta Honda BR-V bekas ini mengalami depresiasi 21 persen sampai 33 persen dari harga baru 2020. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga:

Sejarah Honda BR-V, Lahir Dari Basis Honda Mobilio hingga Munculnya Sosok N7X Concept

Tambah Honda Sensing, Harga Honda BR-V 2022 yang Meluncur Besok Tembus Rp350 Jutaan?

Bocoran Honda BR-V 2022 Berbasis Honda N7X Concept: Daftar Varian dan Prediksi Harga!

Angka tersebut termasuk standar karena banyak model lain yang mengalami persentase penurunan harga di atas 30%. Artinya, Honda BR-V meskipun tak selaris Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander Cross, namun harga jual kembalinya tak buruk.

Generasi Kedua Hadir, Honda BR-V Bekas 2020 Tetap Menarik Dimiliki?

Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan 01

Honda BR-V tahun ini berkesempatan mendapatkan relaksasi PPnBM dari pemerintah. Hal tersebut membuat harganya lebih terjangkau daripada tahun lalu, belum lagi kalau kita mendapat diskon tambahan dari sales yang jumlahnya juga lumayan.

Berdasarkan penelusuran kami, harga pasaran Honda BR-V bekas 2020 mulai dari Rp215 juta sampai Rp230 juta untul tipe Prestige. Dengan penurunan harga mencapai Rp76,3 jutaan, sebenarnya kami rasa beli bekas pun cukup oke. 

Apalagi cara ini lebih pas untuk kamu yang memang hobi gonta ganti mobil, tipe PPJ alias pakai-pakai jual. Karena depresiasinya lebih kecil, beli bekas malah tidak terlalu rugi ketimbang beli baru kemudian dijual kembali.

kalau kita beli unit bekasnya yang berusia kurang lebih setahun pemakaian, biasanya harga yang ditawarkan sudah terdepresiasi. Cara ini bisa kita manfaatkan untuk mencari unit yang masih bergaransi dan kondisinya cukup mulus seperti baru. 

Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan 02

Pertimbangannya, karena mobil dengan masa pakai sekitar setahun masih tergolong baru. Modelnya belum ketinggalan zaman. Cara ini kami rasa cukup ekonomis untuk mendapatkan mobil bekas rasa baru.

Bila melihat yang sudah-sudah, depresiasi harga mobil bekas di tahun pertama lumayan besar. Bila kondisinya masih setahun pemakaian, biasanya garansi kendaraan tentu masih berlaku. Hal ini mengurangi sedikit beban pemeliharaan rutin kita untuk biaya jasa bengkel.

Cara ini kami anggap alternatif jitu untuk memiliki mobil yang tergolong muda dan masih tercover garansi resmi. Terlebih, harga mobil baru makin mahal. Ini karena setiap awal tahun tiap agen pemegang merek menaikkan harga mobil sebagai dampak inflasi dan pajak.

Spesifikasi Honda BR-V Prestige Generasi Pertama, Cukup Mewah?

Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan 03

Honda BRV tipe Prestige memiliki fitur terlengkap dan dijual dengan harga tertinggi untuk unit terbaru. Bila membandingkan dengan kompetitornya sesama low SUV, maka Honda BR-V ini unggul dari sisi performa mesin dan utilitas kabin yang lega khas Honda. 

Mesin berkapasitas 1.5 liter 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Daya maksimum yang dihasilkan sebesar 120PS/6.600rpm dengan torsi 145Nm/4.600rpm. Karena menjadi tipe termahal, Honda berupaya supaya BR-V Prestige ini tampil 'mewah'. 

Grill solid wing dengan aksen black chrome berukuran tebal menghiasi sisi fascia. Sementara itu pada sisi bawahnya terdapat garnish krom berupa garis tipis. Mobil ini telah dibekali daytime running light (DRL) LED.

Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan 04

Suasana SUV makin diperkuat berkat roofrail perak di atap. Supaya terkesan modern dan kekinian, Honda memasangi 16 inci two-tone, bermotif tegas dengan aksen silver yang lebih dominan. Bagaimana dengan fiturnya? 

Fitur Keren di Honda BR-V, Tapi Harga Barunya Overprice

Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan 05

Varian Prestige cukup lengkap dan canggih fiturnya karena menggunakan Smart Entry System dipadu fitur One Push Ignition System berupa tombol untuk menyalakan-mematikan mesin. Jok sisi pengemudi sudah ada pengatur ketinggian, selain fitur sliding dan reclining. 

Kesan sporty coba dihadirkan dari setir berbentuk palang tiga yang diadopsi dari CIVIC FD1 dan dibalut kulit. Nah, agak disayangkan kalau desain dashboard ini jadi titik kelemahan pada BR-V karena 'mencomot milik Brio dan Mobilio. 

Pada sisi tengah, terpampang head unit layar sentuh 8 inci yang Dapat dihubungkan ke smartphone, melalui bluetooth atau kabel USB dan bisa dikontrol pula lewat tombol di kemudi. Cukup menarik karena BR-V memiliki pengontrol AC berupa tombol dan layar digital. Fitur ini sudah termasuk fungsi auto dan double blower.

Bicara soal fitur keselamatan juga sudah cukup oke dikelasnya. Terdapat fitur Vehicle Stability Assist (VSA) yang membuat Risiko understeer dan oversteer lebih terkendali. Fitur lainnya yang ada di BR-V yaitu Hill Start Assist (HSA). Sistem pengereman juga mantap, karena dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Terakhir kamera belakang menjaga keamanan dan keselamatan saat kita parkir mundur. 

Tradisi Honda, Launching Dulu Penjualan Menyusul Beberapa Bulan Setelahnya

Kian Terlupakan, Harga Honda BR-V Bekas 2020 Umur Setahun Anjlok Hingga Rp70 Jutaan 06

Tak kalah penting, karena Honda akan merilis produk terbaru maka kita juga perlu tahu kapan open order unit BR-V generasi kedua dilakukan. Dari event launching terakhir yaitu City Hatchback, Honda Prospect Motor baru mengumumkan harganya sebulan setelah peluncuran. 

Semoga saja untuk peluncuran Honda BR-V 2022 besok, tak mengulangi kisah BR-V generasi pertama yang penjualannya baru dilakukan awal tahun berikutnya. Jadi, momentum kebangkitan BR-V bisa memberikan kejutan bagi para Hondaisme dan kompetitor. 

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru