First Impression Honda Civic RS 2022: Semakin Menarik dengan Sederet Penyempurnaan, Tapi...

Cukup jelas kalau Honda Indonesia semakin serius menggarap pasar SUV. Lihat saja, sekarang eksis model regional seperti BR-V yang telah memasuki generasi kedua. Belum lagi mereka tengah mempersiapkan calon petarung baru di segmen 5 seater kompak

Kendati begitu, bukan berarti jajaran sedan terlupakan. Nama legendaris yang berperan besar membangun merek ini di Tanah Air masih dipertahankan sampai sekarang. Contoh nyatanya yakni Honda Civic, seakan duduk manis di tengah gemuruh badai model SUV.

Generasi pun terus bergulir, kini versi teranyar turunan ke-11 (FE) resmi dipasarkan. Inikah yang kalian tunggu-tunggu? Atau, mungkin tidak juga? Yang jelas, Civic datang dengan sederet penyempurnaan menyeluruh. Ubahannya membuat ia tampak jauh lebih dewasa, matang, dan kian menarik.

Rancangan Bersahaja dan Bersih

Tersiar nuansa nostalgia begitu melihat secara langsung. Ketika generasi sembilan boleh dibilang mulai nyeleneh dan versi setelahnya seakan membangkang, model berkode FE ini justru tampak menemukan jalan kembali ke tradisi. Ibarat bertaubat dari model lama yang boleh dikatakan lebih liar. Itu, kalau kita bicara soal segala hal rancangan. 

Begitu kurang lebih dapat digambarkan mengenai rancangan Honda Civic. Garis-garis bodi lempeng, tegas, dan bersih mengisyaratkan gaya di era “Civic Wonder” dan “Grand Civic”. Membuatnya terlihat cenderung kalem dan tidak banyak basa-basi. Terutama di moncong, perhatikan pahatan hidung serta bagaimana kap mesin dibuat berjarak dengan lampu – tidak kah itu mencirikan perpaduan Wonder dan Grand? Atau apa itu hanya perasaan saya saja?

Kalem bukan berarti membosankan atau langsung bisa dianggap gamblang mencirikan kesan elegan sedan ‘babeh-babeh’. Setidaknya di sini ia bersolek untuk memikat jiwa muda. Dapat dikatakan porsinya pas dan masih dalam batas aman lewat ducktail spoiler, twin tailpipe, dan aksen-aksen kontras di bodi. Meski begitu, tetap tidak dapat dipungkiri ada sepercik bumbu kedewasaan Sang Kakak, Honda Accord. 

Sama halnya dalam kabin. Tidak banyak pahatan diagonal nan eksentrik di dasbor melainkan didominasi oleh garis horizontal tegas. Tata letak tombol disederhanakan sedemikian rupa sehingga muncul aura premium dan elegan. Diperkuat pula oleh ornamen honeycomb perak yang menyembunyikan kisi AC. Begitu manis di mata. 

Satu hal untuk dikeluhkan yakni kaki terlihat kekecilan. Pelek 17 inci dibalut ban berukuran 215/50R17 agak kurang proporsional terhadap bodi memanjang. Tapi itu jelas bukan masalah besar dan berkaitan dengan selera. Well, suka atau tidak, itu kembali lagi ke preferensi masing-masing.

Baca juga: Bikin Tambah Keren Honda Civic 2022 Pakai Aksesoris Modulo, Gak Perlu Khawatir Garansi Hangus

Posisi Duduk Rendah Namun Terasa Begitu Lapang

Terlepas dari rancangan, dimensi Civic FE ini semakin mengembang. Terutama lebih panjang dan dibarengi penambahan jarak antarsumbu. Sebagai informasi berikut perbandingan lebih detail:

Dimensi

 

Honda Civic RS (Gen-11/FE) Honda Civic (Gen-10/FC)
Panjang 4.678 mm 4.648 mm
Lebar 1.802 mm 2.076 mm
Tinggi 1.415 mm 1.416 mm
Wheelbase 2.735 mm 2.700 mm

Tentu, hal ini memberikan dampak positif kepada nilai jual ruang kabin lapang. Ruang kaki berlimpah ketika mencoba duduk di depan. Bahkan ada sensasi sporty dari posisi agak selonjoran. Belum lagi simplisitas rancangan dasbor serta konsol tengah mendukung rasa lapang.

Kenyamanan duduk depan sendiri disokong oleh fleksibilitas pengaturan posisi. Mulai dari setir tilt & telescopic dengan jarak leluasa sampai kontrol bangku elektrik (8 arah pengemudi dan 4 arah di penumpang depan). Juga ada peran dari konsol boks tengah dwifungsi sebagai tempat penyimpanan dan sandaran tangan.

Di samping itu, visibilitas ke luar tergolong baik lantaran memiliki jendela-jendela besar. Jauh dari kata klaustrofobia. Ubahan aransemen eksterior juga berdampak pada komponen visibilitas ini. Kini spion bertengger langsung dari bodi, bukan ujung pilar A, sehingga memberikan celah penglihatan tambahan.

Hal impresif dalam kabin Honda Civic FE ini sebetulnya boleh dibilang ada di baris kedua. Benar-benar leluasa sebagai sebuah sedan. Banyak menyisakan ruang kaki dan kepala untuk tinggi saya setinggi 172 cm. Hampir terasa seperti duduk dalam sebuah sedan eksekutif. 

Besar kemungkinan semua hadir berkat posisi duduk rendah. Hanya saja, kondisi ini bikin pandangan sedikit tenggelam di belakang bangku depan walau visibilitas ke samping tidak menjadi masalah sama sekali.

Ruangnya lantas diisi oleh kisi AC belakang, armrest tebal lengkap dua cupholder, dan kantong penyimpanan di balik jok depan serta door trim. Bisa dipastikan mendukung kenyamanan perjalanan dalam maupun luar kota. Tapi bukan itu saja, ia turut menyanggupi bila kalian perlu mengangkut barang dengan dimensi melampaui kapasitas bagasi. Tinggal lipat bangku tengah, ruang untuk barang pun langsung berlimpah.

Fitur dan Material Memperkuat Image Canggih Sekaligus Mewah

Tampak sudah jadi kewajiban Honda untuk royal dalam membekali persenjataan fitur mengingat harganya yang tidak dapat disebut murah. Dibanderol Rp 567 juta OTR Jakarta, ini masih lebih tinggi dari rival seperti Toyota Corolla Altis. Sebagai gambaran saja, varian Altis paling tinggi bermesin hybrid dipasarkan ‘hanya’ Rp 506,3 juta. Selisih sudah Rp 50 juta sendiri.

Untuk itu, kehadiran fitur mutakhir tidak perlu dikhawatirkan lagi. Termasuk di dalamnya instrumentasi full digital berikut sarana hiburan lengkap fungsi integrasi smartphone Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu, tersemat pula sederet fitur otomatis. Sebut saja pengatur suhu otomatis dua zona di depan, sakelar wiper dan lampu, pelipatan spion, rem parkir elektrik, hingga kunci otomatis saat pengguna menjauh (Walk Away Auto Lock).

Unik di Civic, pemilik akan kebagian dua jenis remote kunci pintar. Satu merupakan model remote konvensional dengan tombol sementara satu disebut Smart Key Card. Tinggal pilih mau bawa yang mana sebab mereka sama-sama berperan sebagai smart key pada umumnya – untuk mengakses kunci sampai menyalakan mesin lewat start/stop button.

Smart Key Card akan lebih praktis untuk disimpan sebab berbentuk kartu tipis dan tidak memakan tempat. Hanya saja, tidak ada akses ke gimik Civic dan beberapa Honda terbaru yakni menyalakan mesin dari jauh alias Remote Engine Start. 

Menyoal material, aman untuk dikatakan pengorbanan harga dan apa yang akan diterima setimpal. Bungkusan leather di setir, shift knob, sampai perpaduan leather dan suede lembut banyak berperan. Mereka dihiasi aksen jahitan merah sehingga tetap memancarkan kesan sporty. Tapi bukan itu saja, sentuhan panel-panel plastik empuk juga jadi jawaban.

Peranti Keselamatan Paket Lengkap

Jadi sorotan utama di Civic kali ini adalah kedatangan Honda Sensing. Yep, sebagaimana sedang digandrungi banyak pabrikan, fitur Advanced Driving Assist System (ADAS) ini ikutan mejeng. Komprehensif, sistem kamera dan sensor mampu memberikan perlindungan ekstra dalam perjalanan. Meminimalisir risiko terjadinya celaka.

Kemampuan paling utama adalah Collision Mitigation Braking System (CMBS). Bertugas memberikan peringatan dan intervensi pengereman secara otomatis. Beroperasi bila mobil mendeteksi potensi benturan dengan kendaraan lain hingga pejalan kaki di depan.

Ada pula bantuan menjaga posisi mobil untuk selalu berada di dalam jalur. Diperankan oleh Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). LKAS sendiri dapat membuat setir mengikuti satu jalur dalam trek lurus atau sedikit berbelok. Sementara itu RDM siapkan Tindakan korektif bila pengemudi dinilai berpindah jalur tanpa intensi.

Di lain sisi, ada Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) untuk memberikan kenyamanan ekstra. Sebagaimana sebuah cruise control yang otomatis dapat menjaga laju konstan hanya saja ia mampu menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan. Eksistensi LSF memungkinkan mobil untuk mengekor sampai kecepatan rendah.

Tambahan lain Honda Sensing termasuk Auto High Beam untuk lampu jauh otomatis. Lanjut dari situ ditutup oleh Lead Car Departure Notification (LCDN). Berfungsi memberikan peringatan pada pengemudi bila mobil depan sudah bergerak.

Ketika mobil sudah memiliki peranti keselamatan secanggih ini, tampak sudah tidak perlu ditanya lagi soal standar lainnya. Mulai dari 6 airbags, ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), sampai Hill Start Assist (HSA), ia siapkan. Pun masih ada lagi yakni Honda Lane Watch. Tersisip kamera tambahan di spion kiri sebagai pemantau area blind spot. 

Baca juga: All New Honda Civic 2022 Dapat Rating Terbaik Uji Tabrakan ASEAN NCAP, Terbukti Lindungi Penumpang Dewasa dan Anak-anak

Janji dari Ruang Pemacu

Bukan sekadar ubahan gaya, ada penyempurnaan lain di sektor dapur pacu. Konfigurasi tidak berubah, memang. Tetap mengandalkan mesin empat silinder 1.500 cc DOHC 16 katup VTEC Turbo. Namun bila melirik data spesifikasi, ia menjanjikan performa lebih baik.

Setidaknya, terbaca bahwa total output tenaga dan torsi meningkat. Kini ia sanggup gelontorkan 178 PS di 6.000 rpm dari sebelumnya 173 PS di 5.500 rpm. Sementara itu, torsi menjadi 240 Nm di 1.700 - 4.500 rpm. Meningkat 20 Nm, bisa diekspektasikan punya tonjokan akselerasi lebih baik. Yang jelas ia tetap memiliki output terbesar di antara rival.

Perbandingan Tenaga
  Honda Civic RS (Gen-11/FE) Honda Civic (Gen-10/FC)
Mesin 4 silinder DOHC 16 Katup VTEC Turbo + DBW (Drive By Wire) 4 silinder DOHC 16 Katup VTEC Turbo + DBW (Drive By Wire)
Kapasitas 1.498 cc 1.498 cc
Tenaga 178 PS @6.000 rpm 173 PS @ 5.500 rpm
Torsi 240 Nm @ 1.700-4.500 rpm 220 Nm @ 1.700-5.500 rpm

Seluruh dorongan lantas tersalur ke roda depan via transmisi CVT lengkap simulasi perpindahan gigi dari paddle shifter. Untuk menambah pengalaman berkendara sesuai hasrat, disediakan tiga mode berkendara yakni Sport, Econ, dan Normal. Seperti apa rasanya? Boleh kalian tunggu pengujian kami lebih lanjut.

Kesimpulan

Berdasarkan pandangan pertama, Honda Civic FE terlihat cukup menjanjikan. Dimensi lebih besar, mesin semakin bertenaga, dan fitur kian melimpah. Namun, satu hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan ialah harga Rp 567 juta OTR Jakarta. Paling mahal di kelasnya. Gempuran rival pun tak kalah menarik dan sama kompetitif terutama Toyota Corolla Altis Hybrid yang dibanderol lebih rendah. 

Baca juga: Perbandingan Harga Honda Civic 2022 vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Oke?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Civic

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda ACCORD TC EL 1.5

Rp 494,00 Juta
Rp 10,07 Juta/bln

30.464 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nge-Gas Honda Civic Seharga Rp 1,4 Miliar di Sirkuit Mandalika

Harga Rp 567 juta, Ini Keistimewaan Honda Civic 2021 | First Impression

ALL NEW 2021 HONDA CIVIC REDESIGN - ADS

THE 2020 HONDA CIVIC TYPE R

I Review the 2020 Honda Civic 1.8L E Sedan!!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Civic
Lihat