Komparasi Mobil LCGC 2023 Termurah, Pilih Daihatsu Ayla M, Honda Brio Satya S atau Toyota Agya E?

Segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) harganya semakin meroket. Meski disebut mobil murah, namun jika melihat nominal harganya tentu saja tidak bisa lagi dianggap terjangkau bagi kalangan tertentu.

Brio Satya 2023

Namun setelah 10 tahun berlalu, LCGC yang merupakan bagian dari proyek pemerintah dan diberikan keistimewaan karena mendapatkan insentif atas Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kini kebijakan tersebut telah dihapus yang membuat harganya semakin mahal.

Khusus untuk LCGC 5 penumpang, harga paling murah saat ini adalah Daihatsu Ayla tipe 1.0 M Transmisi Manual (M/T) dengan banderol Rp134 jutaan, disusul Toyota Agya 1.2 E M/T senilai Rp159,7 juta. Adapun Honda Brio Satya S yang dilengkapi transmisi M/T dilego Rp165,9 juta. 

Nah, untuk varian termurah, biasanya yang membedakan hanya sekedar kosmetik dan fitur yang dibenamkan. Jika Anda ingin mencari mobil LCGC dengan harga paling murah, yuk kita simak apa saja keunggulannya.

Baca juga: Brio Satya 2023 vs Toyota All New Agya, Honda Cuma Menang Mesin?

Daihatsu Ayla 1.0 M M/T

Daihatsu Ayla 1.0 M M/T

Dari sekian banyak tipe Ayla yang ditawarkan, ada Ayla tipe paling rendah yaitu 1.0 M M/T yang dibanderol Rp134 juta on the road Jakarta. Beberapa hal yang membuat Ayla 1.0 M M/T jadi termurah karena tampilannya lebih sederhana. 

Beberapa bagian yang membuat Ayla jadi terasa biasa yaitu pada bagian lampu utama dan sein masih menggunakan bohlam halogen. Desain bumper juga terasa polos minim lekukan, dan grilnya juga hanya sekadar garis hitam ditambah logo Ayla. Oia, mobil ini juga tidak dilengkapi foglamp. 

Pada bagian samping, spion sewarna body yang tidak dilengkapi sein. Untuk menekuk spion masih secara manual. Kemudian pilar kedua dicat hitam, dan kaki-kaki masih menggunakan velg kaleng berukuran 13 inci ditutup trims wheels atau penutup cover.

Kendati demikian pada bagian samping sudah dilengkapi talang air. Pada bagian belakang sangat terkesan simple, karena tidak lengkapi spoiler, dan wiper. Desain bumpernya juga terkesan polos, dan semua lampu belakang menggunakan bohlam. 

Kabin Ayla tipe termurah

Saat akan membuka pintu, mobil ini masih membutuhkan anak kunci, dan belum dilengkapi remot. Setelah masuk, memang terkesan mirip Daihatsu Rocky, namun karena tipe paling rendah, tentunya ada beberapa hal yang kurang, seperti lingkar kemudi terasa simple tak ada tombol-tombol, lalu speedometer masih analog dan tidak ada tachometer.

Untuk sistem hiburan masih menggunakan audio single DIN, lalu AC masih analog karena masih diputar mirip kompor gas. Mobil ini juga jok dan headrest masih menyatu atau disebut jok model pocong, sedangkan untuk baris kedua tidak ada. 

Tampilan belakang Ayla termurah

Meski varian termurah, Ayla 1.0 M MT sudah dilengkapi AC dan power window, seatbelt lengkap sampai penumpang baris kedua. Selain itu, mobil ini juga sudah ada dual airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.

Oia, pilihan warna Ayla 1.0 M M/T juga terbatas, yaitu hanya ada putih (Icy White), hitam (Ultra Black Solid), dan perak (Glittering Silver Metallic)

Honda Brio Satya S M/T

Honda Brio Satya

Honda Brio Satya S M/T disebut merupakan tipe terendah karena beberapa bagiannya bisa disebut kurang istimewa dan tidak kekinian. Nah, bagian tersebut diantaranya pada bagian lampu utamanya tidak menggunakan LED atau DRL, melainkan masih halogen. Selain itu tipe ini masih menggunakan velg kaleng berukuran 14 inci yang ditutup cover kelir dop, kemudian pada bagian belakang tidak dibekali rear wiper dan spoiler. 

Kendati demikian, Brio Satya S M/T pada bagian grill sudah dilengkapi kelir chrome, kemudian pengaturan spion sudah dibekali fitur electric mirror, sehingga pengemudi cukup menekan tombol untuk menggerakan kacanya, termasuk Auto UP/Down Windows with Anti Pinch. Selain itu, tipe ini juga dilengkapi high mount stop lamp dan sensor parkir di bumper.

Baca juga: Honda Brio Facelift 2023 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Sporty Harganya Naik Mulai Rp1,5 Juta

Honda Brio Satya tipe E

Untuk interior, Brio Satya S M/T sudah dibekali head unit 2-din yang mendukung format seperti USB Port, AM/FM Radio, AUX-IN, Bluetooth, Hands-free Telephone. Di bawahnya pengaturan AC dengan tampilan digital yang terlihat modern, kemudian ada joknya ada Black & Gray Interior Color with New Fabric Seat Pattern

Meski jadi tipe Brio paling rendah, mobil ini sudah dilengkapi Electronic Power Steering (EPS), sistem kemudi ada fitur tilt steering yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi berkendara. Untuk fitur keselamatan juga sudah disematkan sabuk pengaman, Dual SRS airbag di depan, dan juga pengereman menggunakan ABS dan EBD. Untuk keamanan, kuncinya didukung dengan teknologi immobilizer.

Toyota Agya 1.2 E M/T

Mobil LCGC Toyota Agya 

Untuk Toyota Agya 1.2 E M/T termurah, mobil ini sudah dilengkapi lampu utama LED termasuk LED Illumination lamp vertikal di kanan dan kiri. Pada bagian atas gril ada list chrome memanjang. 

Bagian samping mobil pada kaki-kakinya masih menggunakan desain kaleng berkelir doff solver dengan ukuran 14 inch. Selain itu, Agya tipe terendah ini belum dilengkapi smart entry system serta berbagai aksesoris part Aero Package. 

Untuk Agya 1.2 E MT ini menggunakan material plastik, hanya saja untuk head unit nya berukuran 7 inci yang sudah dijejali fitur koneksi via Bluetooth, AUX-IN dan USB. Karena tipe termurah jadi jangan harap ada black kamera atau kamera belakang dimana kondisi luar bagian belakang bisa dilihat dari layar.

Agya tipe G

Agya termurah ini juga belum dilengkapi dengan lingkar kemudi yang memiliki banyak tombol, seperti untuk mengatur audio atau lainnya layaknya versi teratas. Sebab, untuk mengatur AC masih seperti kompor gas yang putar. Oia, untuk menyalakan mobil Agya 1.2  E MT tidak menggunakan tombol start stop, serta belum dilengkapi dengan power mode untuk berkendara seperti tipe G atau GR.

Meski berstatus Agya termurah, namun mobil ini dibenamkan fitur keamanan dan keselamatan. Berikut beberapa fitur yang ada pada Agya 1.2 E MT, ABS, EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm, Immobilizer, Rear Parking Sensor, ISOFIX, Dual Airbag, Seat Belt Warning, dan Speed Sensor Lock.

Spesifikasi Mesin Mobil LCGC City Car

Performa Mesin
Jenis Daihatsu Ayla 2023 Honda Brio Satya Toyota Agya
Tipe  Mesin 1KR-VE, DOHC, VVT-i i-VTEC + DBW WA-VE, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Mesin 1.0 Liter 1.2 Liter 1.2 Liter
Jumlah Silinder 3 Silinder 4 Silinder 3 Silinder
Jumlah Katup 12 16 12
Tenaga 67 PS / 6.000 Rpm 90 PS/ 6.000 Rpm 88 PS / 6.000 Rpm
Torsi 89 Nm/ 4.400 Rpm 110 NM/ 4.800 Rpm 113 Nm/ 4.500 Rpm
Transmisi 5 Percepatan 5 Percepatan 5 Percepatan

Daftar Harga Mobil LCGC City Car

Mobil LCGC City Car Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 

Honda Brio Satya

  • Brio Satya S M/T: Rp 165.900.000
  • Brio Satya E M/T: Rp 180.600.000
  • Brio Satya E CVT: Rp 191.900.000

Toyota Agya

  • Agya 1.2 E M/T STD: Rp159.700.000
  • Agya 1.2 G M/T: Rp175.400.000
  • Agya 1.2 G CVT: Rp191.400.000

Daihatsu Ayla

  • Ayla 1.0 M MT: Rp134.000.000 
  • Ayla 1.0 X MT: Rp146.900.000
  • Ayla 1.0 X CVT: Rp166.900.000
  • Ayla 1.0 X MT ADS: Rp152.800.000 
  • Ayla 1.0 X CVT ADS: Rp172.800.000 
  • Ayla 1.2 R MT: Rp164.000.000
  • Ayla 1.2 R CVT: Rp184.000.000
  • Ayla 1.2 R MT ADS: Rp169.900.000 
  • Ayla 1.2 R CVT ADS: Rp189.900.000

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

Nyoba Dua Varian Agya Baru, Apa Saja Bedanya? | All New Toyota Agya G & GR Sport

NEW 2021 TOYOTA AGYA

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Toyota Hilux Rangga 2024, itulah nama yang akhirnya diumumkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk versi produksi dari Rangga Concept. Bahkan pick up Toyota terbaru ini sudah dijadwalkan untuk resmi meluncur di Indonesia pada awal 2024. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM saat menghadiri acara Toyota Year End Media Gathering 2023 di Jakarta, Selasa (12/12/2023). "Kira-kira awal tahun depan, pastinya kapan belum bisa kita umumkan karena semuanya masih ta
Cara aman berkendara di jalan tol adalah sesuatu yang kini mutlak dilakoni setiap pengemudi mobil. Terlebih lagi jumlah akses jalan tol di Indonesia terus bertambah demi memudahkan mobilitas masyarakat dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kita bisa lihat, sejak Tol Trans Jawa yang menghubungkan beberapa wilayah di Pulau Jawa hingga ke Bali resmi beroperasi penuh, maka mobilisasi kendaraan yang melintas di jalan tol sepanjang 1.167 kilometer itu tak pernah sepi. Alhasil perpindahan ma
Ajang Indonesia Wheels Day 2023 telah berlangsung 9-10 Desember lalu di QBig BSD City, Tangerang, Banten. Kesuksesan acara perdana yang khusus menampilkan seputar velg, ban, dan komponen pendukung kaki-kaki kendaraan ini memunculkan ide untuk digelar setiap tahun. "Gelaran Indonesia Wheels Day 2023 ini melebihi ekspetasi kami. Terlihat antusiasme yang cukup tinggi dari berbagai pihak mulai dari para tenant, peserta showcase modifikasi, komunitas dan tentunya pengunjung yang hadir menikmati semua
PT Blue Bird Tbk kembali mengumumkan armada terbarunya berupa Toyota Avanza generasi ketiga untuk mengangkut penumpang. Hanya saja, karena ini untuk digunakan armada taksi, maka unitnya tidak disebut sebagai Avanza, melainkan sama seperti pendahulunya, yaitu Transmover, namun tetap mengusung basis Avanza tipe E transmisi manual. Selain itu, Toyota Avanza memang sebenarnya sudah jadi mobil taksi Bluebird. Akan tetapi, model terkini desainnya tentu saja berbeda karena generasi baru, serta sudah me
Banyak pengguna mobil listrik belum mengetahui faktor apa saja penyebab baterai mobil listrik cepat rusak. Baterai sendiri merupakan komponen yang sangat vital pada mobil listrik, untuk dapat meneruskan daya kepada motor listrik guna membuatnya bergerak. Saat baterai mobil listrik ini mulai kehabisan daya, maka dibutuhkan charging listrik sesuai kapasitas dari baterai tersebut. Metode pengecasan untuk mobil listrik umumnya bisa dilakukan dengan dua cara, yakni AC home charging dan DC fast chargi

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Datsun GO
    Belum Tersedia
    Ayla vs GO
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
Honda Brio
Lihat