Beda Cuma Rp200 Ribu, Buat Anak Muda Honda Brio S MT Lebih Cocok Ketimbang Toyota Agya G MT

Enda · 26 Apr, 2022 12:00

Beda Cuma Rp200 Ribu, Buat Anak Muda Honda Brio S MT Lebih Cocok Ketimbang Toyota Agya G MT 01

Honda Brio dan Toyota Agya merupakan dua hatchback kompak perkotaan yang saling berebut tahta di segmen mobil murah dan ramah lingkungan. Sebagai kendaraan LCGC (Low Cost Green Car), keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang kerap kali membuat calon konsumennya merasa galau ketika diharuskan memilih.

Mengenai harga bandrolnya, per April 2022 untuk varian terendah Brio, yakni S MT diniagakan Rp155,7 juta. Sedangkan Agya G MT yang diketahui sebagai trim terbawah LCGC Toyota tersebut, saat ini ditawarkan Rp155,5 juta.

Hanya beda Rp200 ribu, antara Honda Brio S MT dengan Toyota Agya G MT mana yang lebih unggul dari segi spesifikasi?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Jadi yang Paling Mahal, Apa Saja Perbedaan Honda Brio RS Urbanite Edition 2022 dari Versi Lamanya?

Dimensi Honda Brio S MT Lebih Besar dari Toyota Agya G MT

Honda Brio vs Toyota Agya

Dimensi Honda Brio lebih besar dari Toyota Agya

Sebagai mobil perkotaan yang sangat bisa diandalkan dalam menembus kemacetan, untuk dimensinya Honda Brio lebih besar dibandingkan pesaing terdekatnya. Hal ini dibuktikan dari panjangnya yang berada di angka 3.800 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Sementara Toyota Agya mempunyai panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, serta tinggi 1.520 mm.

Punya dimensi yang lebih besar, dari segi berkendara Brio terasa nyaman karena penggunanya bisa lebih leluasa melakukan aktifitas ketika sedang melakukan perjalanan. Bagi keluarga muda yang senang pelesiran juga tidak perlu khawatir ketika membawa barang dengan jumlah cukup banyak. Pasalnya Brio memiliki kapasitas bagasi yang lebih besar dibandingkan pesaingnya tersebut.

Dimensi Honda Brio Vs Toyota Agya
Keterangan Honda Brio Toyota Agya
Panjang 3.800 mm 3.660 mm
Lebar 1.680 mm 1.600 mm
Tinggi 1.485 mm 1.520 mm

Fitur Honda Brio S MT VS Toyota Agya G MT

Eksterior

Toyota Agya

Sistem pencahayaan Toyota Agya dilengkapi dengan LED projector

Pada bagian eksterior, fitur yang diterima Toyota Agya G MT terbilang cukup lengkap. Seperti yang bisa dilihat, mobil ini telah tersematkan lampu utama LED yang diselimuti projector guide, DRL LED, serta foglamp dibawahnya. Selain itu, spionnya sudah menganut teknologi electric mirror retractable dengan tambahan lampu sein pada covernya.

Untuk lingkar rodanya sendiri Agya menggunakan velg alloy model kipas berkukuran 14 inci berkelir two-tone dengan tampilan atraktif. Di bagian belakang, stoplampnya membawa desain “reverse L-shape” dengan tampilan modern sekaligus stylish yang telah menganut teknologi LED, serta wiper dan spoiler.

Honda Brio

Honda Brio S masih menggunakan bohlamp halogen dan tidak dilengkapi foglamp

Bicara Honda Brio S MT, pada sistem pencahayannya pesaing Agya ini masih mengandalkan bohlamp halogen dan belum dilengkapi dengan foglamp. Di bagian samping, lingkar rodanya juga masih menggunakan velg kaleng R14 yang ditutupi dop.

Namun untuk spionnya sudah mengaplikasikan pengaturan electric mirror meskipun tidak dilengkapi retractable serta lampu sein pada covernya. Pada buritannya, Brio S MT tidak dilengkapi dengan rear wiper, namun pada spoilernya telah disematkan LED high mount stoplamp.

Baca juga: Bedanya Lebih Dari Rp50 Jutaan, Brio Satya E CVT Lebih Baik Daripada Brio RS Urbanite?

Interior

Toyota Agya

Toyota Agya G MT berhasil tersematkan head unit layar sentuh yang terintegarasi dengan audio steering switch

Sisi dalam Toyota Agya G MT, untuk fiturnya kalian bisa menjumpai adanya head unit layar sentuh yang dilengkapi dengan sistem audio seperti, radio AM/FM, pemutar CD serta bluetooth. Guna memudahkan penggunanya melakukan pengaturan pada sistem hiburannya, varian termurah Agya kini telah dilengkapi audio steering switch yang diletakan pada lingkar kemudinya.

Selain itu didalamnya kalian juga bisa menjumpai adanya power window, AC digital, serta beberapa tempat penyimpanan barang serta cup holder yang terasa begitu ergonomis.

Honda Brio

Sistem hiburan Honda Brio S belum menggunakan layar sentuh

Selanjutnya mengetahui fitur yang ada pada Honda Brio S MT, mobil ini telah dibekali dengan head unit yang mendukung konektifitas seperti; USB, AM/FM radio, CD player, AUX-in, dan Bluetooth. Lainnya, kalian juga bisa menjumpai fitur berupa ECO indicator, AC digital, power window serta electric trunk opener.

Fitur Keselamatan Honda Brio S MT Paling Lengkap?

Honda Brio

Fitur keselamatan Honda Brio S lebih lengkap

Untuk fitur keselamatannya, Toyota Agya G MT telah dilengkapi dengan dual SRS airbags serta side impact beam yang berguna untuk mengurangi resiko cedera terhadap penggunannya ketika mengalami benturan dari samping. Selain itu, kalian juga bisa menemukan adanya ABS dan EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, APAR, ISOFIX, child safety locks, dan alarm.

Mengetahui fitur keselamatan apa saja yang ada di Brio S MT, Honda sendiri telah membekalinya dengan front i-SRS airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether serta APAR. Untuk keamanan, pada Brio S telah diaplikasikan immobilizer dan keyless entry.

Performa Honda Brio Terbesar di Kelasnya

Honda Brio

Mesin L12B Honda Brio yang menghasilkan tenaga dan torsi terbesar di kelasnya

Sama-sama 1.200 cc, Honda Brio memiliki angka performa yang lebih besar dari Toyota Agya. Dibekali mesin L12B 1.199 cc SOHC 4-silinder segaris, 16 valve i-VTEC + DBW, secara data mesin tersebut dapat meraih tenaga 90 PS @6.000 rpm di angka torsi maksimal 110 Nm @4.800 rpm yang selanjutnya dikawinkan transmisi manual 5-percepatan.

Mengenai Toyota Agya G MT, mobil ini dibenamkan mesin 3NR-VE 1.197 cc DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris berkubikasi yang mana menurut data mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm. Sama seperti Brio tipe termurahnya, varian paling bawah Agya juga disandingkan transmisi manual 5-percepatan.

Mesin Honda Brio Vs Toyota Agya
Keterangan Honda Brio Toyota Agya
Jenis L12B SOHC 4-silinder segaris, 16 valve i-VTEC + DBW 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris
Kapasitas 1.199 cc 1.197 cc
Tenaga 90 PS @6.000 rpm 88 PS @6.000
Torsi 110 Nm @4.800 rpm 107 Nm @4.200 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan

Kesimpulan

Lebih mahal Rp200 ribu, Honda Brio S MT sangat cocok dipilih untuk yang lebih mementingkan dimensi, performa, serta fitur keselamatan. Namun apabila kalian mengutamakan fitur unggulan serta keamanan, menjatuhkan hati pada Toyota Agya MT adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Selisih Harga Hampir Rp30 juta, Ini Perbedaan Honda Brio S dan E

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru