First Drive New Honda HR-V RS Turbo 2022: Membuktikan Nilai Banderol Setengah Miliar di Sirkuit Mandalika

Mendengar angka Rp513,9 juta untuk sebuah Honda HR-V, wajar ketika banyak ekspektasi muncul. Bagaimana tidak, nominal itu bahkan seratus juta lebih mahal daripada HR-V versi non turbo tertinggi (SE). Maka dari itu kami diberi kesempatan untuk mengujinya langsung di Sirkuit Mandalika, untuk mengetahui performa terbaiknya ketika dipacu. Yang mestinya menjadi nilai jual utama dari medium crossover setengah miliar satu ini.

  • Handling sangat menyenangkan untuk ukuran SUV 
  • Performa mesin terbilang di atas rata-rata kelasnya
  • Sayang, nuansa dan kelengkapan di dalam kabin kurang pas untuk harganya

Video First Drive Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika:

Membandingkan Langsung dengan Varian 1.8 Prestige Lama

Sebelum memacu HR-V RS Turbo, kami dipersilakan mengingat kembali rasa dari HR-V varian 1.8 Prestige lama. Sebab memang keduanya memiliki persepsi sama dalam positioning dagang mereka. Sama-sama berbeda jantung pacu dari varian lain dan menjadi line up tertinggi.

Bukan untuk digunakan keliling sirkuit memang. Namun sekadar melakukan drag race sepanjang 402 meter. Jalan keluar pit, menunggu aba-aba dan langsung kami menginjak gas dalam. Satu hal kami sadari bahwa memang mesin benar-benar berteriak di putaran tinggi namun performa yang didistribusi terasa biasa saja berbanding teriakannya. 

Tak lama, giliran kami mencoba HR-V RS anyar. Dan memang, sejak duduk dan berjalan pelan keluar pit saja sudah terasa signifikan perbedaannya. Kabin jauh lebih kedap. Dan saat diajak memutar balik menuju titik start dengan kecepatan sekitar 25 km/jam, mobil terasa lebih nurut. Body roll sangat berkurang.

Dari titik start, kami injak lagi pedal gas hingga menempel lantai. Tentu, ada jeda dulu beberapa saat untuk menunggu turbonya spooling. Namun begitu menyentuh 3.000 rpm tiba-tiba seluruh tenaga terasa optimal memutarkan roda depan. Mobil melesat cepat, jauh kalau mau dibandingkan veri 1.8 Prestige. Pada akhir lintasan pun menggapai 150 km/jam tak butuh waktu terlalu lama.

Untuk sesi ini, data akselerasi dicatat oleh penyelenggara. Rata-rata, HR-V 1.8 Prestige lama membutuhkan waktu 19 detikan untuk menuntaskan track lurus 402 meter. Sementara nilai tengah yang didapat HR-V RS Turbo, ada di sekitar 16 detik. Yang artinya memang signifikansi performa cukup terasa. Sayang tak dibocorkan berapa data akselerasi 0-100 km/jam, namun kami kira akan berada di kisaran 10 detik. 

Memacu Satu Lap Penuh di Mandalika

Kami benar-benar penasaran dengan handling mobil ini. Sebab saat sebelumnya mencoba, karakter suspensi cukup rigid dan body roll terbilang minim. Dan akhirnya tiba giliran untuk mengemudi langsung, memacu performa maksimal dari HR-V RS Turbo meski tetap dikawal oleh safety car. 

Sengaja kami beri jarak agak jauh dengan peserta di depan agar bisa bermanuver lebih leluasa. Usai menyentuh 140 km/jam di lintasan lurus, tibalah waktu deselerasi untuk masuk tikungan pertama. Kami berbelok cukup tajam di sekitar 80-90 km/jam, yang kami rasa cukup kencang. Decitan ban hasil understeer jelas ada. Begitu juga body roll. Namun hal ini sangat-sangat wajar karena ia spesies SUV dengan ground clearance tinggi. Bukan mobil balap.

Malah, buat ukuran SUV kami cukup terkesan dengan akurasi kemudi. Serta racikan suspensi stiff dan body roll yang terbilang minim. Tidak ada masalah untuk menyelesaikan tikungan pertama, mobil nurut dan kembali melaju. 

Walaupun ada turbo lag, tapi bukan sesuatu yang terlalu lama untuk ditunggu. Mengembalikan putaran mesin ke titik optimal cukup mudah dengan bejekan gas. Ya, ada mode sport di varian RS ini yang akan membuat sistem stand by di rpm menengah ke atas. Sehingga distribusi tenaga bisa tetap agresif.

Satu per satu tikungan kami lalui, dari mulai yang bersudut lebar. Hingga kelokan tajam beralur “S” yang membutuhkan manuver agresif, juga dapat dilalui dengan baik di kecepatan tinggi. Boleh dibilang kami terkesan dengan handling mobil ini. Yang sesungguhnya memiliki rangkaian suspensi sama persis dengan varian di bawahnya. 

Yang berbeda, mesin turbo 1.500 cc ini valid jika dikatakan lebih menyenangkan. Apalagi dengan kehadiran paddle shift untuk membuat efek virtual seperti pindah gigi. Perubahan rasio CVT cukup terasa nyata dan dapat menahan putaran mesin layaknya transmisi otomatis konvensional. Meski bagaimanapun, tetap artificial. 

Pada intinya, data kertas yang menujukkan output mesin sebesar 177 PS dan torsi 240 Nm memang terasa nyata kencangnya. Tenaga yang identik dengan Civic ini bahkan lebih dari cukup untuk sekadar membopong bodi HR-V. Rasanya, rival paling dekat yang mampu mengejar perolehan output hanya KIA Seltos GT Line. Itupun secara tenaga kuda masih berada jauh di bawah HR-V RS, walau torsinya serupa. Jadi wajarkah harganya tembus Rp500 juta? Tunggu dulu. 

Baca Juga: Adu Kenyamanan Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander Facelift, Siapa yang Unggul?

Kabin Kurang Menggambarkan Mobil Setengah Miliar

Jika orientasi Anda memang fokus menginginkan performa menyenangkan dengan balutan bodi SUV, Rp500 juta mungkin sah-sah saja ditukar dengan HR-V RS. Namun menurut kami, nominal itu kurang menggambarkan fasilitas yang tersedia di dalam kabin. Bukan soal tak lengkap, tapi kurang terasa signifikan dari kawan-kawan non turbo. 

Perbedaan dengan varian di bawahnya tidak sebanyak itu. Perihal keamanan, sama saja. Sudah lengkap dengan Honda Sensing dan Hill Descent Control. Paling di versi ini ketambahan dua airbag lagi. Perangkat hiburan juga tidak ada signifikansi. RS hanya ketambahan speaker dengan head unit serupa. Serta tampilan kokpit yang memiliki layar digital lebih besar, mekanisme bagasi elektrik dan mode berkendara serta pernak-pernik interior-eksterior sebagai pembeda.

Memang bukan fundamental yang absen. Tapi rasanya wajar jika di harga ini mereka seharusnya sudah dapat menyediakan electric seat. Apalagi jika ditanam fitur masa kini semacam ventilated seat, yang mana sudah bisa diakomodir oleh mobil-mobil berbaderol Rp400 jutaan. Belum lagi mekanisme buka tutup glassroof yang serba manual – tak seperti versi lama, sedikit mengganggu meski memang atap kaca ini jadi lebih besar. Andaikan ada, mungkin dengan lugas kami bisa mengatakan selisih Rp100 juta dengan varian SE bukan suatu yang terbuang sia-sia. Walaupun, ketika bicara performa memang belum ada yang bisa melawan.

Baca Juga: Jadi LSUV Paling Mahal, Ternyata Banyak Hal Yang Tanggung di All-New Honda BR-V. Apa Saja?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4

Rp 381,00 Juta
Rp 7,76 Juta/bln

94.919 km

7 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 406,00 Juta
Rp 8,27 Juta/bln

84.641 km

5,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CR-V TURBO 1.5

Rp 358,00 Juta
Rp 7,29 Juta/bln

64.558 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 401,00 Juta
Rp 8,17 Juta/bln

76.014 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

2021 Honda HR-V Refresh: ONE of the world's best-selling small SUVs

ALL NEW Honda HR V 2020 Restyle

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda HR-V
Lihat