Harga Bekas Suzuki Grand Escudo Cukup Menarik, Ketahui Fakta Pentingnya Sebelum Membeli

Pasaran harga bekas Suzuki Grand Escudo kini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan.

Sebagai salah satu SUV legendaris pabrikan jenama asal Jepang berlogokan ‘S’, Grand Escudo diperkenalkan di Tanah Air pertama kali pada tahun 2001.

Kehadirnya mobil ini sejatinya merupakan Suzuki Vitara generasi kedua di global yang hadir dalam bentuk mid-size SUV 4x2.

Dijual hingga 2006, kehadiran Grand Escudo melawan kedigdayaan Honda CR-V gen 1.  

Namun sayang, nasib Grand Escudo saat itu tak seberuntung CR-V gen-1 yang lebih dapat diterima pasar dengan baik.

Sebagai alternative CR-V gen 1 dengan pasaran harga bekas lebih terjangkau, ketahui fakta penting Suzuki Grand Escudo berikut ini apabila kalian tertarik membelinya.

Baca juga: Harga Bekas Bersaing, Pilih Suzuki Grand Escudo atau Honda CR-V Gen-1?

1. Build Quality Suzuki Grand Escudo Jempolan  

Interior Suzuki Grand Escudo

Suzuki Grand Escudo diciptakan bukan cuma tangguh digunakan off-road namun juga cocok dipakai sehari-hari.

Untuk kualitas material interior yang digunakan, mobil ini memiliki build quality baik sehingga memberikan kesan nyaman untuk setiap penggunanya.

Secara konfigurasi tempat duduk Grand Escudo menganut 2+3 dengan daya tampung lima orang.

Untuk ruang bagasinya mobil ini juga cukup luas sehingga penggunanya dapat membawa barang dengan jumlah banyak saat berpergian ke luar kota.

2. Punya Dua Pilihan Mesin dengan Penggerak Roda Belakang

Mesin J20

Pasar Tanah Air Suzuki Grand Escudo ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1.6L dan 2.0L.

Varian 1.6L gunakan mesin G16A multi-point injection 1.590 cc 4 silinder segaris SOHC dengan menghasilkan tenaga sebesar 109 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 144 Nm di 4.500 rpm.

Pada varian 2.0L, mobil ini dibenamkan jantung pacu J20 DOHC 1.995 cc 4 silinder segaris berkombusi injeksi, dengan perolehan tenaga sebesar 130 PS pada 5.900 rpm serta torsi 174 Nm di 2.900 rpm.

3. Andalkan Penggerak Roda Belakang, Varian 1.6 Hanya Gunakan Transmisi Manual

Tampilan belakang Grand Escudo

Sebagai informasi, Grand Escudo 1.6 hadir hanya dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan varian 2.0L nya ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.

Untuk membuatnya berjalan, putaran yang diatur transmisinya tersebut selanjutnya diarahkan ke roda belakang (RWD), tidak seperti CR-V gen-1 yang mengandalkan penggerak roda depan.

Mengandalkan penggerak roda belakang, tentunya Grand Escudo lebih tangguh saat melewati jalan melanjak dan menurun.

Selain itu juga mobil ini memiliki kaki-kaki yang tangguh, minim akan terjadinya kerusakan.

4. Fitur Lengkap, Perawatan Grand Escudo Mudah

Tampilan dashboard Grand Escudo

Tak kalah dengan CR-V gen-1, Grand Escudo punya fitur yang terbilang lengkap di zamannya.

Didalamnya mobil ini telah dilengkapi optitron meter cluster, AC dan ventilasi yang diatur secara elektrik serta adanya sensor kualitas udara.

Dan menariknya, untuk lampu kabin mobil ini sudah dilengkapi dengan dimmer yang memberikan kesan mewah.

Canggihnya, Grand Escudo pun berhasil disematkan immobilizer key, wiper dengan intermittent interval waktu yang dapat diatur dan wiper belakang dengan intermittent.

Khusus varial 2.0L, untuk interior khususnya pada bagian jok dibungkus menggunakan bahan kulit dengan kualitas premium yang terasa nyaman, serta adanya fitur keselamatan berupa Anti-Lock Braking System (ABS) di bagian sistem pengereman yang berfungsi mencegah tergelincirnya roda saat menginjak rem secara mendadak.

Dari segi perawatan, Grand Escudo terbilang mudah. Mengusung teknologi injeksi, untuk perawatannya pemilik hanya cukup mengecek busi, melakukan tune up serta mengganti oli secara rutin.

Selain perawatan yang mudah, untuk spare part mobil ini masih dapat kalian jumpai di pasaran dengan mudah.

Seperti Komponen mesin, kaki-kaki, dan body part bisa dicari melalui dealer resmi, bengkel resmi, dan penyedia suku cadang resmi yang juga tersedia melalui distributornya yang menjual secara online.

Namun untuk diketahui harga spare partnya mobil ini cukup mahal di pasaran.

5. Varian 1.6L Cenderung Lemot, Konsumsi BBM Grand Escudo Cukup Boros

Mesin G16A

Grand Escudo 1.6 memiliki karakter mesin yang terasa lemot khususnya pada putaran bawah.

Salah satu faktor yang membuat varian 1.6L terasa lemot yakni bobot kendaaraan yang terbilang cukup berat.

Selain tarikan awal terasa berat, mengenai konsumsi BBM-nya mobil ini berada di angka 7-9 km/liter untuk penggunaan dalam kota.

Kemudian untuk pemakaian luar kotanya rata-rata konsumsi penggunaan bahan bakarnya di angka 10-12 km/liter.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan!

Suksesor Grand Vitara, Suzuki Grand Vitara Dijual Mulai dari 70 Jutaan

Grand Vitara

Penerus Grand Escudo, Suzuki Grand Vitara pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2006 atau selang beberapa bulan generasi sebelumnya berhenti dijual.

Berbeda dengan Grand Escudo, Grand Vitara memiliki bentuk lebih kaku dengan banyak menyematkan garis tegas untuk tampilan luarnya.

Memakai kode bodi JT, awal kemunculan Grand Vitara di Tanah Air gunakan jantung pacu 2.0L dengan kode mesin berbeda dengan Grand Escudo, yakni J20A yang mampu melecutkan tenaga 144 Hp pada 6.800 rpm dan torsi sebesar 183 Nm di 4.000 rpm. 

Untuk gearboxnya, mesin J20A yang digunakan dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan dan otomatis 4-percepatan.

Lebih canggih dan modern dibandingkan Grand Escudo, mobil ini tetap terlihat tangguh dengan penggunaan ban cadangan yang tergantung di belakang serta ground clearance tinggi.

Pada 2009, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Grand Vitara dengan mesin berkapasitas 2.4L berkode J24B.

Di atas kertas tenaga yang dihasilkan jantung pacu ini sebesar 166 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 225 Nm di 4.000 rpm, yang dikawinkan menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan torque converter.

Mesin J20A

Seperti Grand Escudo, Grand Vitara mengandalkan sistem penggerak roda belakang (RWD) yang tangguh ketika digunakan melewati jalan semi off-road dengan kontur jalan menanjak dan menurun.

Punya kapasitas mesin besar, untuk konsumsi BBM-nya mobil ini terbilang sangat boros.

Menurut penuturan pemilik Grand Vitara, untuk penggunaan dalam kota rata-rata konsumsi bahan bakarnya di angka 6-7 km/liter dan 10-11 km/liter ketika mobil dibawa berpergian ke luar kota.

Bicara mengenai fitur unggulan yang dimiliki, mobil ini berhasil dibekali spion dengan pengaturan elektrik dan pelipatan otomatis, AC auto, heater, dan keyless.

Untuk menghadirkan Grand Vitara dengan tampilan lebih modern dan atraktif, pada tahun 2012 PT SIS meluncurkan versi facelift mobil ini.

Ubahan paling kentara terlihat di bagian depan, dimana fascianya memperoleh grill dengan bentuk lebih dinamis serta lampu yang disematkan teknologi projector serta adanya aksen hitam pada bezel.

Menurut sejarahnya Grand Vitara di Indonesia dijual hingga 2018.

Versi penyegaran yang diluncurkan pada 2012, mobil ini memiliki grill dengan bentuk lebih dinamis serta lampu utama projector dengan aksenkan hitam pada bazel.

Interior Grand Vitara

Untuk fitur keselamatan, versi facelift sudah didukung dengan dual SRS Airbags, Total Effective Control Technology (TECT), ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution) dan BA (Brake System). 

Selai itu pula, mobil ini telah didukung fitur lainnya seperti; Traction Control dan Hill Start Assist.

Baca juga: 3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Grand Vitara

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

Honda Brio merupakan salah satu produk terlaris PT. Honda Prospect Motor (HPM) pada setiap bulannya. Kalau melihat kilas balik kehadiran Brio di Indonesia, mobil mungil belogo H tegak itu pertama kali diperkenalkan HPM pada Agustsu 2012. Ketika pertama kali hadir, Brio didatangkan secara utuh dari Thailand dan menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.300 cc. Namun tepat setahun berikutnya, Brio mulai dirakit lokal di pabrik HPM yang berada di Karawang, Jawa Barat, tetapi mesinnya berubah jadi 1.2
Biaya pembuatan SIM A sebenarnya tidak semahal yang dipikirkan apalagi seperti ditawarkan para calo. Ya, saat ini memang masih ada yang beranggapan biaya membuat SIM atau Surat Izin Mengemudi untuk mobil, motor atau truk dan bus sangat mahal. Namun sebelum mengetahui berapa budget untuk biaya pembuatan SIM A, B, C, atau D, maka Autofun akan mengulas terlebih dahulu seluk beluk soal SIM. Baca juga: Asyik.. Polisi Izinkan Latihan Terlebih Dahulu Sebelum Ujian Praktik Bikin SIM Baru Dasar Hukum SIM
Mobil irit BBM tidak melulu LCGC dan city car, jenis LMPV juga hemat bahan bakar berkat teknologi yang diusungnya. Meski irit BBM, mobil jenis ini umumnya memiliki performa tinggi serta nyaman digunakan. Tak heran jika mobil LMPV masih menjadi andalan bagi sebagian besar keluarga Indonesia, yang memiliki penghasilan atau budget pas-pasan. Selain digunakan sebagai kendaraan keluarga, mobil jenis LMPV yang irit BBM ini kerap dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan bisnis. Mulai dari kendaraan operas
Toyota Kijang Kapsul diesel dihadirkan sebagai pesaing Isuzu Panther, menemani varian Toyota Kijang yang bermesin bensin. Mobil ini pertama kali dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 1997 sebagai Toyota Kijang generasi keempat. Dinamai Kijang Kapsul, lantaran bentuk bodi eksterior Kijang gen 4 tersebut hadir serba membulat seperti kapsul. Rancang bangunnya benar-benar berbeda dibanding Toyota Kijang Gen 3 yang dikenal dengan nama Kijang Super atau Kijang Grand. Selain ubahan bod
Memahami kelemahan sebuah mobiladalah hal yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya, terlebih untuk mobil bekas. Mengingat usia pakai, kendaraan-kendaraan ini tentu mulai muncul berbagai "penyakit", apalagi kita tidak mengetahui bagaimana karakter berkendara dan perawatan yang dilakuakn pemilik sebelumnya. Mungkin mobil tersebut masih punya sosok yang menarik, seperti Suzuki Grand Escudo yang tetap terlihat gagah hingga kini. Atau mobil bekas ini harganya sudha jauh lebih terjangkau dibanding s

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Grand Vitara
Lihat