9 Alasan Suzuki Jimny 5 Pintu Banyak Diburu Walau Harganya Digoreng Terus

Suzuki Jimny 5 pintu bisa jadi bintang di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang di gelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 15-25 Februari 2024.

Bagaimana tidak, mobil legendaris ini muncul versi lima pintu yang tentu saja jarang dilakukan Suzuki menampilkannya untuk sekelas Jimny.

Bahkan, di awal pameran IIMS 2024 berlangsung, keberadaan Jimny 5 pintu bikin heboh, lantaran ada oknum sales yang melakukan markup harga hingga Rp520 juta sampai Rp530 juta, meski baru meluncur beberapa hari. 

Usut punya usut, harga yang jadi lebih tinggi dijual sang sales, karena permintaan Suzuki Jimny 5 door sangat tinggi, namun berbanding terbalik dengan supply yang masuk ke Indonesia yaitu hanya 100 unit per bulan. 

Baca jugaViral Harga Jimny 5 Pintu Digoreng Sales, Ini Klarifikasi Suzuki Indonesia

Penghunjung yang ingin menjajal langsung Jimny 5 door juga banyak

Hal ini pun diakui 4W Marketing Director PT (Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel saat ditemui di sela acara IIMS 2024

"Untuk saat ini saja sudah lebih dari 1.200 pemesanan, indennya saat ini bisa setahun," ujar Harold.

Dia juga menyebutkan tingginya peminat Suzuki Jimny 5 pintu karena mobil tersebut sudah mengedepankan ketangguhan untuk menghadapi medan ekstrem dan juga memenuhi kebutuhan para penggunanya. 

“Jimny punya sejarah panjang yang membekas bagi para penggunanya. Sampai saat ini, eksistensi Jimny masih bertahan karena keunggulan yang dimiliki mulai dari desain hingga fitur-fitur pada Jimny yang menjadi nilai tambah khususnya bagi pecinta offroad," jelas Harold. 

Baca juga5 Keistimewaan Suzuki Jimny 5 Pintu, SUV Legendaris yang Banyak Menyita Perhatian Pecinta Otomotif Indonesia

Alasan Suzuki Jimny 5 Pintu Banyak Diburu

Kali ini Autofun akan membahas beberapa alasan mengapa Suzuki Jimny 5 pintu banyak diburu.

1. Nama Besar yang Legendaris

Generasi ke generasi Suzuki Jimny (Autocar)

Jauh sebelum generasi Jimny saat ini muncul, pamor mobil tersebut sudah dikenal pada tahun 80-90'an. 

Nah, kemunculan saat ini tak lepas dari sorotan karena memang banyak yang masih menyukai sosok Suzuki Jimny, terlebih modelnya punya versi 5 pintu. 

Selain nama besar Suzuki Jimny yang bergengsi dan melegenda, sejumlah hal menarik turut memiliki andil dalam meningkatkan keinginan publik untuk memilikinya. 

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Suzuki Jimny 5-door Jadi Bintang di IIMS 2024

2. Design Ikonik

Area test drive spesial untuk Jimny di IIMS 2024

Secara tampilan, Suzuki Jimny bisa disebut tak jauh berbeda dengan tampilannya saat dulu, yang terkesan kaku dan cenderung mengkotak.

Disebutkan bahwa desain Suzuki Jimny saat ini meneruskan karakter kuat yang sudah dikenal oleh publik, sehingga mirip dengan yang ada sebelumnya. 

Beberapa point yang dianggap menjadi identitas Jimny 5 pintu yaitu tersematkan chrome grill pada wajah depan.

Namun begitu, ada beberapa hal yang dipertahankan, seperti garis pada eksterior untuk mempertahankan kesan maskulin berkat rangka Ladder Frame Chassis yang kokoh. 

Konstruksi tersebut diakui lebih mumpuni dan dibutuhkan oleh para petualang andal maupun pelaku hobi offroad untuk menaklukan tantangan berat.

3. Aksesibilitas Penumpang Mudah 

Jok baris kedua

Kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu pada generasi keempat ini tentu saja memberikan tampilannya jadi lebih panjang. 

Hal ini pula yang membuat Jimny 5 pintu memberikan akses kemudahan bagi penumpang belakang dengan adanya pintu pada bagian tengah dan ruang jok penumpang baris kedua yang nyaman. 

Varian ini memiliki panjang 3.965 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm. Jarak poros roda sebesar 2.590 mm turut memberikan kenyamanan saat dikendarai di kondisi jalan tak menentu. 

Selain bertambahnya jumlah pintu dan ruang kabin penumpang, pada area bagasi memiliki kapasitas ruang 211 liter yang dapat mencukupi barang bawaan ketika berpetualangan.

4. Sistem Penggerak 4 Roda yang Tangguh 

Bisa di coba juga dengan trek tanjakan ekstrim

Hal yang cukup menarik lainnya dari Suzuki Jimny 5 pintu karena penggunaan sistem penggerak 4 roda bernama AllGrip Pro. 

Disebutkan penggerak empat roda ini berorientasi pada kemampuan melahap berbagai medan dan lintasan. 

Sistem ini dibutuhkan para pengemudi profesional karena pada bagian transmisinya terhubung dengan transfer case yang bertugas untuk membagi daya ke roda depan maupun belakang sesuai dengan kebutuhan. 

Saat melaju di lintasan perkotaan atau jalan mulus, pengemudi cukup memposisikan tuas transfer case ke 2H. 

Namun ketika menghadapi kondisi jalan rusak, licin maupun yang masuk kategori offroad ringan, pengemudi bisa memindahkan tuas ke posisi 4H sehingga keempat roda Jimny dapat bergerak untuk memberikan traksi yang lebih baik. 

Penggerak 4x4 Jimny

Pemindahan tuas ke posisi 4L diperlukan ketika berhadapan dengan medan yang lebih berat seperti lumpur, bebatuan, atau kondisi lainnya yang benar-benar membutuhkan traksi sehingga bisa lolos dari tantangan dengan lebih mudah.

Kerja dari AllGrip Pro kian optimal dengan adanya perpaduan teknologi canggih seperti Brake Limited Slip Differential Traction Control, Electronic Stability Programme, Hill Descent Control dan Hill Hold Assist yang turut memudahkan sekaligus membuat pengemudi semakin betah menjelajah bersama Suzuki Jimny 5 pintu. 

Ditambah jarak terendah dari tanah sebesar 210 mm, approach angle 36 derajat dan departure angle 47 derajat memberikan kepercayaan diri ketika menghadapi situasi yang berat.

5. Punya Perangkat Hiburan Lengkap

Interior Jimny 5 pintu

Meski terkesan mobil untuk lapangan atau jenis offroad, namun jika bepergian perangkat hiburan harus tetap ada.

Ya inilah yang ditawarkan pada Suzuki Jimny 5 pintu, dimana mobil ini sudah dilengkapi perangkat hiburan mulai dari head unit 9 touch screen with smartphone connection untuk memberikan kemudahan dalam menampilkan layanan seperti pemutar musik, video, navigasi dan lainnya. 

6. Punya Fitur Keselamatan yang Dapat Diandalkan

Tak merasa khawatir saat penumpang diajak ke medan offroad

Suzuki Jimny 5 pintu pada dasarnya sudah dilengkapi sejumlah perangkat keselamatan yang tentunya dapat bermanfaat jika terjadi hal tidak diinginkan, seperti ketika kecelakaan.

Nah, beberapa fitur keselamatan tersebut ada pada Suzuki Jimny seperti 6 Airbags dan juga sabuk pengaman yang ada pada setiap posisi pengemudi dan penumpang.

Selain itu, fitur pendukung lainnya adalah rear view camera dan 4 spots parking sensor yang memberikan kemudahan saat memarkirkan.

7. Pilihan Warna Menarik

Ada enam pilihan warna eksterior

Hal lain yang membuat Suzuki Jimny tampak jadi bahan perbincangan yaitu karena pilihan warna yang ditawarkan tergolong mencolok namun menarik.

Ya, Jimny 5 pintu yang ditawarkan Suzuki untuk konsumen di Indonesia ada enam pilihan warna, dan dua diantaranya merupakan warna baru di keluarga Jimny yaitu Metallic Sizzling Red dan Granite Gray Metallic. 

Selebihnya ada juga pilihan lain seperti Kinetic Yellow + Pearl Bluish Black, Metallic Chiffon Ivory + Pearl Bluish Black, Pearl Bluish Black, dan Jungle Green.

8. Performa Mesin Cukup

Mesin K15B

Ketangguhan Suzuki Jimny 5 pintu ini tak lepas dari jeroan dapur pacu, dimana mesin yang dibenamkan menggunakan kode K15B berkapasitas 1.462 cc yang menghasilkan tenaga 104,8 PS pada 6.000 rpm serta torsi 134,2 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin K15B sejatinya sudah sangat familiar, karena digunakan pada beberapa line up Suzuki lainnya seperti Jimny 3 pintu, Ertiga, XL7, Baleno Hatchback dan Carry pick up.

Adapun mesin K15B memang dikenal memiliki durabilitas tinggi sekaligus hemat bahan bakar. 

9. Harga Stabil

Hal menarik lainnya mengenai Suzuki Jimny 5 pintu adalah menyoal harga. 

Ya, untuk mobil offroad dengan sistem penggerak 4 roda, AllGrip Pro mobil ini tergolong menggiurkan jika bicara harganya yang tak sampai Rp500 juta. 

Suzuki Jimny 5 pintu OTR Jakarta:

  • Jimny 5-door (MT) : Rp462.000.000
  • Jimny 5-door (MT Dual Tone) : Rp465.000.000
  • Jimny 5-door (AT) : Rp475.600.000
  • Jimny 5-door (AT Dual Tone) : Rp478.600.000

Perlu dicatat, harga yang tertera ini merupakan suggestion retail price khususnya untuk wilayah Jakarta. 

Gimana tertarik dengan Suzuki Jimny 5 pintu, tapi sabar ya karena indennya lama. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Jimny

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Suzuki Jimny di Test Untuk Off-Road Oleh Para Jurnalis Otomotif Indonesia

Melalui ajang IIMS 2024 kami berkesempatan untuk melakukan first drive Chery Tiggo 5X secara singkat. Sebagai produk terbaru PT Chery Sales Indonesia (CSI) dengan menempati segmen SUV sub kompak, Tiggo 5X diniagakan Rp249 juta varian Classic dan Rp279 juta untuk tipe teratasnya Champion. Datang melawan Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Honda WR-V, tak sedikit orang termasuk kami penasaran ingin mengetahui bagaimana impresi berkendara mobil asal Negeri Tirai Bambu yang memposisikan dirinya di segm
Cek mobil bekas secara teliti adalah langkah yang harus dilakukan sebelum kalian benar-benar melakukan transaksi pembelian untuk kendaraan tersebut. Disaat kalian menemukan mobil bekas yang kondisinya nyaris sempurna alias minim masalah tentu menjadi suatu investasi dari sisi perawatan. Karena kalian hanya perlu meneruskan perawatan rutin yang telah dilakukan pemilik sebelumnya, karena mobil yang jarang minta jajan. Sayangnya saat beli mobil bekas, kita sebagai pembeli biasanya hanya fokus pada
Kalian mungkin pernah mendengar nama Toyota Kijang Rover, Toyota Kijang Jantan, atau Toyota Kijang Kencana, yang semuanya merujuk pada Toyota Kijang generasi ketiga. Nama Kijang memang semakin meroket di era 1990-an saat masuk generasi ketiga atau masanya Kijang Super dan Kijang Grand Extra. Perlu kalian ketahui, tidak cuma diproduksi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek, Toyota juga menunjuk beberapa karoseri untuk merakit Kijang dengan varian sesuai garapan mereka. Pada
Sebelum tertarik untuk membeli mobilnya, mungkin kalian harus mengenal dahulu teknologi E-Platform 3.0 BYD yang digunakan untuk semua mobil listrik BYD yang kini mulai dijual di Indonesia. Seperti kita ketahui, BYD mulai menjajaki pasar domestik dengan tiga produk sekaligus, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal. Dan ketiga mobil listrik asal Tiongkok itu semuanya menggunakan teknologi E-Platform 2.0 yang juga diaplikasikan pada mobil-mobil BYD lainnya. Lantas apa keunggulan teknologi E-Pl
Toyota dan Daihatsu masih menjadi merek mobil terlaris di Indonesia pada periode Januari 2024, dengan perolehan penjualan paling tinggi. Berdasarkan data penjualan otomotif Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales (penjualan mobil dari pabrik ke dealer) secara keseluruhan tembus 69.619 unit dan retail sales 78.214 unit. Jumlah penjualan Januari 2024 bisa dikatakan tak cukup menggairahkan, karena jumlahnya lebih kecil dari Desember 2023 yang mencapai 85.284 unit (Whole

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Milyar

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Jimny
Lihat