window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Keistimewaan Suzuki Jimny 5 Pintu, SUV Legendaris yang Banyak Menyita Perhatian Pecinta Otomotif Indonesia

Enda · 19 Feb, 2024 19:01

Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 pintu meluncur secara resmi di Indonesia pada 15 Februari 2024 bertepatan pada pembukaan IIMS 2024.

Generasi terbaru dari SUV legendaris Suzuki ini untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya lebih panjang 340 mm dari model 3 pintu, serta adanya tambahan jendela belakang di setiap sisinya.

Hal itu dilakukan supaya Jimny 5 pintu dapat memenuhi aktivitas off-road dengan menyuguhkan ruang yang lapang guna meningkatkan pengalaman berpetualang bersama keluarga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 pintu di IIMS 2024

Sebagai informasi, Jimny 5 pintu dibandrol oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai dari Rp462 juta sampai dengan Rp478,6 juta.

Harga Suzuki Jimny 5 pintu OTR Jakarta

  • Jimny 5-door (MT) : Rp462.000.000
  • Jimny 5-door (MT Dual Tone) : Rp465.000.000
  • Jimny 5-door (AT) : Rp475.600.000
  • Jimny 5-door (AT Dual Tone) : Rp478.600.000

Harga baru di bawah Rp500 juta, berikut adalah keistimewaan Jimny 5 pintu yang memiliki daya tarik tersendiri.

1. Membawa DNA SUV Legendaris Suzuki Jimny

Suzuki Jimny 5 pintu

Tampilan depan Jimny 5 pintu

Kehadiran Jimny 5 pintu di kancah otomotif Tanah Air melengkapi model SUV legendaris off-road Suzuki yang sudah ada sejak era 70-an, yakni Jimny LJ80 atau yang biasa disebut dengan Jimny jangkrik.

Sebagai generasi keempatnya dengan memiliki sasis panjang, Jimny 5 pintu membawa DNA Jimny yang terkenal tangguh di segala medan, hal ini terlihat dari tampilan luarnya.

Seperti yang terlihat pada tampilan eksterior, mobil ini menonjolkan desain tangguh dan maskulin yang bersiap untuk menaklukan berbagai karakter medan di seluruh penjuru Tanah Air.

Yang mana untuk fascianya Jimny 5 pintu menggunakan lampu utama model bulat yang mengusung teknologi LED projector dengan fitur levelling headlamp, sera lampu sein di bagian kanan atas.

Untuk bumpernya terlihat sangat kekar berkat bentuk yang diterima, serta adanya foglamp yang mampu memberikan visibilitas mengemudi ketika berkendara di malam hari atau sedang menakhlukan medan off-road.

Tak ketinggalan pada bumpernya pun disematkan washer headlamp yang dapat membersihkan lampu ketika sedang digunakan off-rad untuk mempertahankan percahayaan.

Suzuki Jimny 5 pintu

Tampilan samping Jimny 5 pintu

Terlihat tangguh dan juga stylish, pada bagian samping mobil ini dibekali over fender berukuran tebal yang dapat melindungi body bagian luar serta menahan cipratan lumpur agar tidak terlempar ke kaca dan body.

Kehadiran pintu di baris keduanya pun memberikan kemudahan penumpang tengah ketika ingin masuk maupun keluar mobil.

Selain itu kesan tangguh ditampilkan dari ground clearance atau jarak antara permukaan tanah dengan kabinnya yang mencapai 210 mm, dengan memberikan kemudahan ketika menakhlukan medan ekstrim.

Suzuki Jimny 5 pintu

Tampilan belakang Jimny 5 pintu

Beranjak ke bagian belakang, lagi-lagi DNA SUV legendaris tetap dipertahankan pada mobil ini yang mana ban cadangannya diletakan menggantung pada pintu bagasi dengan diposisikan di tengah.

Baca juga: Daftar Mobil Baru di IIMS 2024, Mulai dari Suzuki Jimny 5 Pintu sampai Wuling Cloud EV

2. Kapasitas Bagasi Besar Menambah Keseruan Berpetualang

Suzuki Jimny 5 pintu

Bagasi Jimny 5 pintu

Jimny 5 pintu menambah catatan sejarah penting kehadiran Jimny di Indonesia dari generasi ke generasi.

SUV yang bisa memenuhi para off-roader ini dihadirkan bukan cuma dapat dinikmati secara individual, namun juga bersama keluarga maupun kerabat.

Memiliki konfigurasi 2+3 dengan total daya tampung 5 orang, untuk bagasinya mobil ini mempunyai kapasitas hingga 211 liter yang sanggup membawa berbagai kebutuhan saat melakukan petualangan.

Suzuki Jimny 5 pintu

Interior Jimny 5 pintu

Ikonik Jimny lama pun diterapkan pada baris pertama, yang kini ditampilkan dalam wujud lebih modern, nyaman sekaligus ergonomis.

Suzuki Jimny 5 pintu

Jok baris kedua

Seperti halnya hand grip pada dashboard penumpang depan yang dapat digenggam ketika melewati jalan berkontur, serta meter cluster yang dibagi secara terpisah antara odometer dengan tachometer yang di tangahnya terdapat layar MID.

Terasa ergonomis, pada center clusternya terdapat tombol pengaturan AC lengkap termasuk heater, arah semburan dan juga defogger dengan penyetelan secara diputar.

Tepat dibawahnya terdapat beberapa tombol pengaturan termasuk juga tombol power window.    

Sebagai kendaraan keluarga yang gemar melakukan petualangan, baris keduanya terasa nyaman dengan head rest yang dilengkapi pengaturan adjustable serta cup holder di belakang console tengah.

3. Fitur Modern Jimny 5 Pintu Tawarkan Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Suzuki Jimny 5 pintu

Head unit 9 inci Jimny 5 pintu

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Jimny 5 pintu dilengkapi LED projector dengan pengaturan tinggi-rendahnya lampu serta headlamp washer.

Pada sisi sampingya untuk spion lengkap dengan pengaturan elektrik.

Di belakang, terdapat high mount stoplamp, sensor parkir, kamera belakang serta defogger yang dapat memberikan kemudahan pandangan bagi pengemudi ketika ingin melihat kendaraan lain melalui spion tengah terlebih saat adanya embun pada kaca.

Di dalam mobil ini dibekali head unit layar sentuh 9 inci dengan Android Auto nirkabel dan Apple CarPlay yang diletakan pada center cluster.

Guna memudahkan pengemudi ketika ingin menjalankan atau mengatur beragam fitur pada sistem hiburannya, maka pada stir dilengkapi tombol pengaturan yang terhubung langsung dengan head unitnya tersebut.

Lainnya mobil ini berhasil tersematkan powet window di semua pintu.

Dan untuk keselamatan berkendaranya dibekali Hill Descent Control dan Hill Hold Assist.

Suzuki Jimny 5 pintu

Airbags depan

Seperti diketahui fitur ini dapat memberikan kemudahan penggunanya ketika sedang menahklukan medan off-road supaya mobil tidak mundur saat ingin kembali melanjutkan perjalanan, dan tidak perlu menginjak rem secara maksimal ketika jalan menurun karena secara otomatis mobil dapat melakukan daya deselerasi.

Guna memberikan perlindungan secara lebih terhadap penggunanya, mobil ini pun mendapatkan 6 airbags, brake assist, ISOFIX, brake limited slip differential,  ESP (Electronic Stability Program) dan ABS serta EBD untuk pengeremannya.

Dari segi keamananya mobil ini memperoleh alarm dan immobilizer pada kunci.

Baca juga: 3 Tema Modifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu, Bisa Buat Camping atau City Cruiser

4. Berbekal Mesin 1.500 Cc dengan Durabilitas Tinggi yang Hemat Bahan Bakar

Suzuki Jimny 5 pintu

Mesin K15B

Jimny 5 pintu diciptakan mempunyai kemampuan untuk menghadapi medan terberat seperti off-road yang menjadi bagian dari DNA-nya.

Bicara mengenai jantung pacu yang digunakan, mobil ini dibekali mesin bensin 1.462 cc berkodekan K15B yang dapat menghasilkan tenaga 104,8 PS di 6.000 rpm serta torsi 134,2 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Mesin dengan durabilitas tinggi sekaligus hemat bahan bakar ini menjadi andalan Suzuki Indonesia.

Hal ini membuat mesin K15B bukan cuma digunakan pada Jimny 5 pintu, namun juga pada Jimny 3 pintu, Ertiga, XL7, Baleno Hatchback dan Carry pick up.

Suzuki Jimny 5 pintu

Jimny 5 pintu melewati rintangan obstacle

Diadatangkan dari Negeri Vrindavan, Maruti Suzuki India selaku produsen yang memproduksi Jimny 5 pintu mengkalim bahwa konsumsi BBM yang dihasilkan untuk varian manual diklaim dapat menempuh jarak 16,94 km/liter.

Sedangkan tipe maticnya berada di kisaran angka 16,39 km/liter.

Baca juga: Belum Genap Sebulan, Inden Suzuki Jimny 5 Pintu di Indonesia Sudah Ratusan Unit!

5. Andalkan sistem penggerak empat roda All Grip Pro

Suzuki Jimny 5 pintu

Penggerak 4x4 Jimny

Mesin K15B yang digunakan pada Jimny 5 pintu dipadukan menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.

Seperti varian manual, transmisi matic konvensional yang digunakan mempunyai durabilitas tinggi sehingga aman, cocok dan nyaman ketika dipakai berpetualang.

Suzuki Jimny 5 pintu

Tuas transmisi Jimny 5 pintu

Kedua transmisi yang digunakan selanjutnya diarahkan ke keempat roda melalui sistem penggerak empat roda All Grip Pro.

Sebagai kendaraan off-road Jimny 5 pintu dibekali dengan sistem penggerak pada keempat roda baik untuk varian manual maupun matic yang dinamakan All Grip Pro dengan pilihan '2WD-high', '4WD-high' dan '4WD-low'.

Sekedar informasi tambahan, Jimny 5 pintu untuk pasar Tanah Air hadir dalam enam pilihan warna, yakni; Red, Grey, Jungle Green, Yellow, Ivory dan Black.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil